Jelajah Nusantara : Bendungan Warna-Warni Muui, Objek Wisata Baru di HST

Bendungan Warna-Warni Muui, Haruyan – Bendungan Muui yang dulunya biasa-biasa saja, kini nampak cantik dengan warna-warninya yang cerah dan lukisan dinding yang bikin kagum. Dari keindahannya tersebutlah banyak wisatawan dari berbagai daerah untuk mengunjunginya.

Bendungan-Muui-Bendungan-Warna-warni-desa-Muui-Haruyan-HST

Mengenal Bendungan Muui

Bernama ?Bendungan Haruyan Dayak?, bendungan satu ini ternyata dibangun semenjak jaman Belanda dan masih permanen berdiri kokoh sampai saat ini. Manfaat menurut bendungan ini pun masih sangat terasa, lebih kurang 1.859 hektar persawahaan pada kecamatan Haruyan diairinya, pula menjadi produsen air bersih bagi PDAM.

Berlokasi di kampung Muui, kecamatan Haruyan, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Keindahan Bendungan yg mengalirkan air jernih dari asal pegunungan ini sudah poly yang membuktikannya langsung, lingkungannya tak lagi terlihat kumuh. Mulai pintu air, saluran induk, atap, tangga, serta jembatan gantung pun sekarang dipercantik menggunakan hiasan cat warna-warni. Lokasi wisata baru pada HST ini cocok banget buat berfoto-foto, bermain air, atau hanya sekedar bersantai mencari kesegaran di sore hari.

Menariknya lagi, bendungan keren di kampung Muui ini tidak dipungut biaya. Kalaupun Ada, hanya membayar parkir seikhlasnya untuk keamanan dan kebersihan lingkungan sekitar bendungan.Wisata murah meriah namun bukan murahan!

Rute Menuju Bendungan Muui

Letak Bendungan Muui sangat strategis, yakni berada di kiri jalan sebelum menuju tempat wisata Lok Laga Haruyan, yang Indah Dibalik Cerita Legenda Bahari . Jaraknya kurang lebih 400 meter sebelum Lok Laga.

Rute dari Kota Barabai : Barabai Kota – Pantai Hambawang – Perempatan desa Barikin, belok kiri menuju Haruyan – di Haruyan Anda akan menjumpai perempatan lagi, Anda ambil saja arah lurus untuk menuju Desa Lok Buntar/ Balabau – Pertigaan pasar Muui, ambil arah lurus –Kampung Muui.

Rute dari Kota Kandangan : Kandangan Kota – Desa Bamban – Pengambau – Perempatan desa Barikin, belok kanan menuju Haruyan – di Haruyan Anda akan menjumpai perempatan lagi, Anda ambil saja arah lurus untuk menuju Desa Lok Buntar/ Balabau – Pertigaan pasar Muui, ambil arah lurus –  Kampung Muui.

Tips Berwisata pada Bendungan Warna-Warni Muui

Siapkan kamera terbaik dengan bateraifull, dan siapkan pakaian ganti jika ingin bermain air.

Itulah informasi tentang Bendungan Warna-Warni Muui, Objek Wisata Baru di HST. Yuk ke sini! Happy travelling!

Post a comment

0 Comments