Jelajah Nusantara : Air terjun kereta atau curup kereta, destinasi wisata populer di way kanan

Wai kanan merupakan salah satu kabupaten di lampung yang memiliki wilayah yang masih alami dan asri dan juga menyimpan banyak sekali wisata alam yang sangat menakjubkan, seperti contoh air terjun kereta yang akan saya ulas di bawah ini.

Wisata air terjun way kanan
Image by:@geolampung

Air terjun kereta atau Curup kereta merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat setempat.

Tempat ini berada di desa Rambang Jaya Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung.

Lokasi di tempat ini memiliki suasana yang hijau dan masih Asri. Selain itu tempat ini juga mudah untuk dijangkau wisatawan.

Hal ini di dikarenakan lokasinya yang berada tidak jauh dari Jalan Lintas Sumatera dan terbilang cukup dekat jika di jangkau dari ibukota Kabupaten Way Kanan yaitu Kecamatan Blambangan Umpu.

Air terjun ini hanya berjarak kurang lebih 7 km dari jalur lintas Sumatera serta memiliki akses jalan yang lumayan bagus.

Karena alasan alasan itu lah yang membuat banyaknya wisatawan yang datang ke tempat ini.

Wisata air terjun way kanan
Image by:@curupkereta

Bila kalian ingin pergi lokasi tersebut, kalian arahkan kendaraan dari Simpang 4 Kampung Negeri Baru, Blambangan Umpu, ke arah Kecamatan Kasui.

Setelah sampai di Kampung Gistang, kemudian kalian belok ke gang sebelah kanan, untuk menuju ke Kampung Rambang Jaya di mana curup ini berada.

Air terjun ini memiliki ciri khas pada bentuknya yang memanjang dan juga tidak terlalu tinggi. Karna alasan inilah tempat ini di beri nama Curup kereta atau air terjun kereta.

Selain itu di curup ini juga memiliki kolam yang cukup luas dan tidak terlalu dalam. Dan apabila dilihat dari atas tempat ini terlihat seperti sebuah bendungan.

Bagi kamu yang datang bisa menikmati pemandangan yang hijau Asri dan sangat indah serta eloknnya air terjun ini.

Selain itu pengunjung juga di perbolehkan untuk berenang di area ini. Dan bagi kalian yang berani dan memiliki adrenalin kalian bisa melompat dari atas air terjun.

Namun saya sarankan untuk yang tidak mempunyai nyali, untuk tidak mencoba hal tersebut. Di dikarenakan untuk menghindari dan meminimalisir resiko kecelakaan yang tidak inginkan.

Wisata air terjun way kanan
Image by:@mytrip_myadvntr

Selain di perbolehkan berenang, di tempat ini juga tersedia fasilitas fasilitas yang cukup memadai dan terbilang lengkap.

Salah satu fasilitas yang tersedia tersebut adalah terdapatnya Sebuah taman bermain anak dan flying fox.

selain kedua hal itu di tempat ini juga tersedia fasilitas umum lainya, seperti mushola, toilet, dan warung-warung kecil.

Bagi kalian yang mempunyai hobi berfoto, disini juga disediakan tempat tempat foto atau Spot foto buatan yang sangat iconik dan menjadi ciri khas wisata di sini.

Wisata air terjun way kanan
Image by:@curupkereta

Spot spot tersebut bisa kalian jadikan sebagai latar belakang jepretan kalian. atau Kalian juga bisa berfoto dengan berlatar belakang air terjun yang sangat indah ini.

Hampir setiap pekan ratusan wisatawan selalu memadati area ini. Baik wisatawan yang berasal dari lampung dan juga luar propinsi lampung.

menurut pengelola tempat ini, mayoritas wisatawan yang datang bukan berasal dari provinsi Lampung. Justru mayoritas wisatawan yang datang berasal dari provinsi Sumatera Selatan.

Tak heran jika hal itu terjadi, karena Kabupaten Way Kanan sendiri berada di paling utara provinsi Lampung dan berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Selatan.

Dan tempat itu bisa di katakan lebih jauh jika di jangkau dari kota bandar lampung di bandingkan di jangkau dari propinsi sumatra selatan.

Wisata di tempat ini tentu sangat cocok untuk kalian kunjungi saat libur tiba bersama teman teman atau pun keluarga.

Dan bagi kalian yang databg keair terjun kerata atau curup kereta tentu tidak akan pernah kecewa akan keindahannya.

Post a comment

0 Comments