MENGENAL SEJARAH DAN ASAL MUASAL IKAN CUPANG NEMO (clown fish)

Aneka-Peliharaan-Hias----Ikan cupang Nemo (clown fish)  bermotif nemo adalah jenis baru yang beredar di kalangan hobiis (penghobi) cupang hias belakangan ini. Corak dan warna tubuhnya yang unik dan menarik, serta masih jarang diketemukan, tengah diburu-buru para hobiis di tanah air.

Di awal 2017, ikan ini mulai masuk ke Indonesia melalui para hobiis pada negeri. Kemudian mulai dibudidayakan & disebar ke pasaran lokal mulai pertengahan 2017. Cupang nemo yang awalnya masih langka, sebetulnya bukan berasal menurut pada negeri. Cupang nemo adalah asli berdasarkan negara tetangga, yakni Thailand. Nemo merupakan hasil riset perkawinan silang antara warna dasar atau warna primer yg dilakukan oleh para pembudidaya di Thailand. Riset yang dilakukan bekerja sama menggunakan pemerintah Thailand.

Bersarkan sejarahnya, corak unik ini, ternyata juga punya sejarah cerita. Awalnya hal ini karena cupang seringkali kali dilakukan kawin silang buat menerima motif & warna baru. ?Kawin silang cupang kerap dilakukan, & kini mulai berkembang pada kalangan hobiis pada negeri yakni cupang dengan branding nemo (clown fish). Nama branding nemo diambil menurut corak & rona ikan cupang yg menyerupai nemo, terdapat rona kuning, merah, hitam & lainnya,? Jelasnya.

Harganya pun bisa fantastis, mencapai jutaan rupiah untuk per ekornya, yg salah satu faktornya lantaran ikan ini masih tergolong rare (langka) & unik. Harga jual cupang nemo ini mampu berkisar antara Rp 750 ribu sampai dengan Rp tiga juta. Bahkan bisa lebih tergantung menurut keindahan, keunikan motif yg dimiliki oleh ikan itu sendiri.

Macam-macam dan Ragam Jenis Cupang nemo

Keunikan yg dimiliki ikan cupang Nemo ini, berwarna jelas terbagi pada aneka macam golongan. Yakni dari motif & corak ikan cupang nemo.

Dikalangan hobbis & penggemar ikan cupang kita temukan beberapa jenis nama ikan cupang Nemo ini antara lain:

Cupang-Nemo-Emerald

Cupang Nemo Emerald adalah nemo menggunakan motif blok vertikal rona merah, hitam, kuning. Atau, terdapat juga yg hanya merah & kuning. Maka golongan ini masuk pada golongan yang harganya paling mahal lantaran masih sangat sporadis.

Cupang-Nemo-candy

Kemudian, yg kedua, ada nemo candy dengan motif merah dan kuningnya bercampur menggunakan warna lain; seperti terdapat corak warna ungu, biru & pink sehingga terlihat seperti permen. Corak ini maka dijuluki golongan candy.

Cupang-nemo leopard.

Cupang-nemo leopard merupakan cupang nemo yg terbaru dan terakhir, Yakni dengan tampilan, dasar tubuh ikan bisa berwarna kuning bercampur jingga & terdapat motif titik-titik merah & bayangan di sekujur tubuh cupang, sebagai akibatnya terlihat misalnya motif macan tutul atau leopard. Sebenarnya nama-nama tersebut hanya menjadi branding supaya gampang dikenal pada kalangan hobiis ataupun orang awam.

Demikian artikel & ulasan singkat tentang sejarah dan asal muasal ikan cupang Nemo, semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments