CARA MERAWAT IKAN ARWANA YANG BAIK

Merawat Ikan Hias Arwana,  gampang-gampang susah. Gampangnya karena pada dasarnya ikan arwana itu adalah ikan yang termasuk jenis ikan yang awet, panjang umur dan tahan banting, hingga perlakuan yang minimalis perawatan pun sudah mampu membuat ikan Arwana mampu bertahan hidup seperti dihabitatnya yang keras, susahnya sedikit perlakuan yang salah dalam perawatan Arwana dapat berakibat fatal yang membuat ikan siluk ini akan cepat kehilangan  keindahannya. Berikut ini cara merawat ikan Arwana yang baik menurut penulis sesuai dengan standar penulis yang pas-pasan hehe.. :

1. Aquarium

Yang pertama merupakan sebuah akuarium dan perlengkapan akuarium buat menunjang kehidupan arwana. Nyaman tidaknya ikan arwana di pada akuarium bisa ditentukan sang perlengkapan aquarium itu sendiri,

Adapun  perlengkapan aquarium yang standar diantaranya adalah:

a. Aerator, adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai penyuplai udara ke dalam air, untuk menambah kandungan oksigen di dalam air. Untuk aerator yang memiliki kualitas yang bagus adalah aerator yang menggunakan daya listrik yang kecil tapi untuk udara yang dikeluarkannya cukup banyak.

b. Heater dan thermometer, heater adalah adalah alat pemanas yang berguna untuk menormalkan suhu air akuarium ketika suhu udara turun drastis, tapi untuk heater sendiri tidak diperlukan jika suhu udara di lingkungan Anda tidak mengalami penurunan suhu yang drastis.

c. Filter, berfungsi untk menyaring kotoran yang berada di dalam air akuarium seperti sisa makanan ikan arwana atau dapat berupa kotoran ikan arwana. Hal ini bertujuan agar air di dalam akuarium selalu dalam keadaan bersih.

d. Lampu TL, selain berfungsi untuk menerangi akuarium dapat juga untuk memperindah tampilan dari akuarium tersebut. Agar lampu tidak menyebabkan panas yang berlebihan silahkan pastikan ukuran lampunya disesuaikan dengan ukuran akuarium tersebut. Misalnya untuk akuarium dengan ukuran 80x40 cm dapat menggunakan lampu tl dengan daya 20 watt.

Agar ikan arwana tampil prima, diusahakan kita selalu melakukan perawatan akuarium secara rutin.

2. Memberikan makanan yg baik buat ikan arwana.

Untuk kuliner ikan arwana yg baik buat kesehatannya, kita bisa memberikan makanan berupa fauna yg masih hayati misalnya kelabang, jangkrik, & sebagainya, (Baca pula cara memberimakan & Pakan buat Arwana disini !!).

3. Selalu melakukan pengontrolan air aquarium

Untuk melakukan pengontrolan air kita wajib melakukannya setiap hari, misalnya suhu & ph. Untuk suhu yg baik kurang lebih 25-27 derajat celcius. Agar suhu air akuarium permanen berada pada suhu yg normal selalu gunakan heater bila suhu mengalami penurunan yang drastis, sampai suhu pulang normal kemudian matikan heaternya balik . Untuk ph yg normal kurang lebih sekitar 6-8, jika ph rendah kita bisa menambahkan kapur untuk dilarutkan ke pada akuarium. Selain itu juga kita wajib memperhatikan santitasi air.

Untuk air berdasarkan akuarium tadi jua perlu dilakukan penggantian dengan air yg baru, Untuk mengubah air akuarium arwana terdapat 2 tahapan. Yaitu dengan cara mengganti air setiap dua hari sekali sebesar 10% dari total air akuarium. Kemudian penggantian semua air akuarium setiap 3 bulan sekali. Jika kita menggunakan air pam harus didiamkan terlebih dahulu pada pada sebuah wadah selama kurang lebih 24 jam, hal ini bertujuan supaya khlor yg terkandung pada dalam air mengendap.

4. Menata flora aquarium

Untuk yang mengaplikasikan flora hias dalam aquarium Arwana, bisa menerapkan konsep estetika Aquascaping seperti kehidupan tempat asli arwana pada perairan air tawar. Hal ini bertujuan supaya ikan arwana tidak mengalami stres selama tinggal pada dalam aquarium. Kita bisa menata tumbuhan dan bebatuan menggunakan flora yang cocok buat kehidupan arwana..

Demikian mohon jika kurang lengkap & kurang berkenan agar diberikan masukan, terimakasih.

Sumber: dirangkum Dari banyak sekali sumber !!

PERAWATAN ARWANA GOLDEN RED

Post a comment

0 Comments