CARA MEMELIHARA IKAN BADUT (CLOWNFISH)

Aneka-Peliharaanhias----Banyak orang-orang yang tertarik untuk memelihara Ikan Badut atau yang disebut Clownfish, ini karena terinspirasi juga oleh film animasi Disney, yang berjudul Finding Nemo? yang banyak di sukai anak-anak hingga orang dewasa sekitar tahun 2017 yang lalu, dimana ikan badut atau ikan giru (clownfish) yang lucu dan menggemaskan yang menjadi tokoh utama dalam film tersebut.

Mengenal latar Belakang dan Hidup Ikan Badut

Hal yang paling utama pada pahami & wajib diperhatikan para hobbis yang ingin memelihara ikm badut ini adalah latar belakang dan kehidupan berdasarkan si Ikan yg adalah jenis ikan laur, jadi memeliharanya tentu saja harus di kolam atau aquarium air bahari. Ikan badut ukuran sekitar 7,lima sampai 10 cm. Suhu air optimum buat spesies ini berkisar antara 24 ? 27 derajat Celcius. Ikan ini sanggup hayati selama 3 hingga 6 tahun. Ikan badut hidup dalam tanaman samudra terutama anemon. Ikan badut memiliki daerah asal pada Samudera Pasifik dan Hindia. Ikan badut sudah berhasil dibudidayakan. Itu sebab, seseorang yg berminat mampu memeliharanya sebagai fauna peliharaan pada aquarium air laut. Ikan badut liar terkenal sangat sulit buat beradaptasi dengan lingkungan baru sebagai akibatnya direkomendasikan untuk memelihara ikan badut hasil penangkaran. Meskipun pada alam liar ikan ini bersimbiosis dengan anemon beracun, Anda nir wajib meletakkan anemon dalam akuarium.

Ikan yang jua dikenal menggunakan nama ikan giru ini adalah ikan menurut anak suku Amphiprioninae pada suku Pomacentridae. Sekitar dua puluh delapan spesies dikenali, keliru satunya adalah genus Premnas, sementara sisanya dalam genus Amphiprion. Di alam bebas mereka bersimbiosis dengan anemon bahari. Ikan giru berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Spesies terbesar mencapai panjang 18 centimeter, sementara yang terkecil hanya mencapai 10 cm.

Ciri spesial yang paling menarik dari ikan ini, yang badannya dihiasi menggunakan rona-rona brilian, adalah tempat hidupnya yg sudah Allah pilihkan. Ikan badut hidup di cabang-cabang karang yang seperti pohon yg dianggap sebagai ?Anemon bahari?. Ada kapsul-kapsul beracun pada cabang-cabang anemon bahari yg akan membuat ikan yang menyentuhnya terluka atau mati. Tetapi Ikan badut tidak pernah terluka sang anemon bahari ini. Bahkan mereka bersembunyi pada kembali cabang-cabang tersebut yang membuatnya aman menurut pemangsa. Ada cairan yg spesifik di badan ikan badut ini yang melindunginya berdasarkan ?Gigitan? Kapsul anemon bahari.Idakkah ini menakjubkan? Tidak misalnya ikan-ikan lainnya, ikan ini mengeluarkan cairan yang melindunginya berdasarkan racun pada kurang lebih tempat hidupnya.

Cara Memelihara & Merawat Ikan Badut

Menurut para hobbis dan para ahli yang telah berpengalaman dalam memelihara ikan laut ini, ikan badut memerlukan perawatan sedikit ekstra dibandingkan dengan ikan lainnya, terutama yang biasa memelihara jenis ikan air tawar  seperti ikan Louhan, Cupang, koki, dan lainnya.

Secara fundamental pada pemeilihataan Ikan berjenis ikan laut ini, tentunya membutuhkan air asin hangat menggunakan kadar garam eksklusif yg seperti menggunakan air asin dari samudera .

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat Anda ingin memelihara ikan badut (clownfish):

1. Aquarium tempat pemelihataan

Akuarium idealnya harus berukuran setidaknya 90cm x 30cm x 38 cm. Perlu diperhatikan pula bahwa ikan badut marun bisa tumbuh hingga 15 cm sehingga pemilihan akuarium perlu diperhatikan, ukuran akuarium harus bisa menampung ukuran tubuh mereka. Ikan badut pada umumnya membutuhkan ruang lebih luas dibandingkan ikan air tawar.

2. Kualitas kesadahan Air

Dalam pemeliharaan ikan badut, Selain diperlukan ruang hidup yang cukup memadai, ikan badut juga membutuhkan kualitas air yang baik yang sesuai dengan habitat dimana ikan biasanya tinggal. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan air dan memelihara kebersihan aquarium, membersihkan akuarium lebih sering untuk menjaga lingkungan tetap sesuai untuk ikan Badut ini.

3. Volume Air

Jumlah kebutuhan air di akuarium adalah 10 liter per 3 cm ukuran ikan. Anda juga perlu berbicara dengan pemilik toko hewan peliharaan tentang filtrasi air yang tepat untuk akuarium. Penting untuk dicatat, Anda tidak boleh memasukkan ikan ke dalam akuarium pada hari yang sama saat membelinya. Air dalam akurium perlu dibiarkan beberapa waktu sebelum ikan badut dimasukkan kedalamnya.

4. Populasi jumlah ikan

Ikan badut adalah ikan sosial seperti terlihat dari perilakunya di alam liar serta simbiosisnya dengan anemon. Itu sebab, dianjurkan untuk memelihara sepasang ikan badut. Namun, jangan pula membeli terlalu banyak agar akuarium tidak terlalu padat. Usahakan pula membeli ikan badut dari spesies yang sama agar tidak terjadi perkelahian memperebutkan wilayah.

Lima. Kondisi lingkungan

Ikan badut pula dikenal rentan terhadap stres. Usahakan mereka tetap nyaman dan selalu jaga kebersihan akurium karena stres mampu menyebabkan kematian ikan.

6. Penambahan Tanaman Hias

Anda dapat pula menambahkan anemon laut karena kedua spesies ini saling bersimbiosis. Namun, tidak semua anemon cocok untuk peliharaan Anda. Spesies anemon yang salah justru bisa menyengat ikan badut hingga mati. Anemon juga termasuk spesies yang sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan akuarium sehingga diperlukan kehati-hatian dalam perawatannya.

7. Penambahan Aksesoris & ornamen lanskap

Akuarium perlu diberikan perlengkapan dan hiasan perlu juga memiliki batu atau koral tempat ikan badut bersembunyi dan bermain. Batu juga akan membuat akuarium lebih mirip dengan habitat asli di dalam laut dimana ikan badut tinggal.

8. Pemberian Pakan

Ikan badut merupakan omnivora. Anda bisa memberi makan mereka dengan makanan hidup, makanan beku, serta serpihan makanan. yang harus diperhatikan jika memberikan makan dengan pakan beku, jangan lupa untuk mencairkan makanan tersebut terlebih dahulu. Ikan ini tidak rewel soal makanan sehingga tidak akan merepotkan pemiliknya. Ikan badut perlu diberi makan dua sampai tiga kali sehari. Tanda untuk mengetahui apakah Anda memberi makan terlalu banyak adalah dengan memeriksa bagian bawah akuriaum. Sisa makanan di dasar menjadi tanda Anda memberi makan terlalu banyak.

9. Pengelompokan bersama ikan lain

Meskipun ikan badut jenis Ocellaris sanggup hayati bersama dengan jenis ikan lain, jangan pelihara mereka bersamaan menggunakan sesama ikan badut dari spesies lain. Karena terdapat kecendrungan ikan badut nir cocok terkait dalam hal dominasi wilayah tinggalnya.

Demikina cara memelihara ikan badut atau clownfish yang cantik dan lucu dalam aqurium air laut, semoga bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.

Post a comment

0 Comments