7 TIPS CARA SEDERHANA MEMELIHARA IKAN MAS KOKI YANG BAIK

Memelihara ikan mas koki pula termasuk yg mudah-gampang susah, dari pengalaman penulis, ikan mas koki sebenarnya termasuk ikan hias yang manja "jenis tertentu" dengan syarat lingkungan tinggalnya (Aquarium). Kita wajib benar-sahih memperhatikan syarat air, kebersihan dan temperatur air untuk ikan ini bisa hayati & tumbuh dengan aporisma. Bisa sih dilakukan dengan pemeliharaan minimalis-seadanya tapi ikan nir berkembang baik, dan keindahannya akan berkurang sedikit demi sedikit. Berikut beberapa tips atau cara sederhana buat memelihara ikan manis ini.

1. Pasokan Oksigen atau Udara

Ikan mas koki mutiara memerlukan gelembung udara sehingga dalam pemeliharaannya pada dalam aquarium, anda seharusnya melengkapinya menggunakan air pump. Di sini dimaksudkan untuk menaruh kestabilan oksigen dan jua menjaga kejernihan airnya.

2. Kebersihan Perlengkapan dan aksesories

Cucilah berbagai hiasan aquarium yang akan anda gunakan buat memperindah tempat ikan. Usahakan cuci higienis kemudian tambahkan supaya air pada aquarium tidk mudah keruh karena apabila air begitu keruh berarti anda harus extra waspada buat selalu mengubah airnya, bila nir akan berdampak negatif pada ikan anda.

Tiga. Pemberian Makanan atau Pakan

Beri makan secukupnya. Dan usahakan dalam satu hari, anda memberi makan ikan hias anda dua kali, pagi & sore hari. Berikan makan secukupnya tanpa meninggalkan residu, bila residu maka ambil saja dengan jaring agar air tidak keruh.

4. Penggatian Air

Gantilah air aquarium paling nir dua minggu sekali. Ini sangat krusial buat menjaga kesehatan ikan yang pada dasarnya bergantung dalam kejernihan & sterilnya air yg didiaminya, usahakan air yg dipakai merupakan air yang mengandung PH yg sinkron menggunakan ikan, bila memakai air PDAM sebaiknya diendapkan atau pada erase selama dua malam buat mengurangi kadar kaporit & zat keras yg terkandung di dalamnya. Jadi, lakukanlah langkah ini minimal setiap 2 minggu.

Lima. Perlakuan Ikan

Saat anda ingin mengganti air aquarium, pindahkan dulu ikannya. Caranya merupakan dengan mengambil satu ciduk air dari aquarium tersebut, isikan pada ember & taruhlah ikan disitu. Sebaiknya ambil ikan dengan ember pribadi dengan airnya, atau jika menggunakan jala gunakan jala yang lebut agar nir Mengganggu sirip & sisik ikan. Setelah itu, silahkan bersihkan aquarium menggunakan spon & lain-lain.

6. Pengisian Air

Isilah aquarium dengan air yang baru. Setelah itu masukkan Ikan mas koki mutiara ini beserta air yang ada di ember tersebut. Hal ini dimaksudkan buat menaruh cara paling gampang buat ikan lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan yg baru.

7. Pengobatan Ikan Sakit

Untuk pengobatan ikan yang sakit hendaknya hati-hati sekali. Ada beberapa penyakit ikan mas koki yang jika dibiarkan bisa membuahkan fatal. Langkah penanganan pertama merupakan mewaspadi keadaan syarat ikan yg terlihat tidak sama dan tidak selincah umumnya. Kalo ikan mas telah berenang terbalik menggunakan perut ke atas bagian atas, indikasi bahwa ikan mas sudah sakit parah, itu bisa dipastikan ikan mas telah mendekati kematian. Untuk pencegahan & pengobatan ikan mas Koki yg sakit akan kita bahas dalam artikel berikutnya,, pada sini !!

Demikian tips dan cara sederhana memelihara ikan mas koki yg baik agar ikan mas koki kita bisa tumbuh sehat & keindahannya bisa selalu terjaga. Inti utama berdasarkan pemeliharaan ikan mas koki ini merupakan ketelatenan & kesabaran. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Post a comment

0 Comments