Informasi Seputar Bunga Anggrek (Orchidaceae)

DhanyInfo.net - Anggrek memiliki nama latin Orchidaceae , yaitu merupakan satu suku tumbuhan berbunga yang memliiki anggota atau jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika. Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan "berdaging" (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air. Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembap. Anggrek menyukai cahaya matahari tetapi tidak langsung sehingga ia biasa ditemukan di alam sebagai tumbuhan lantai hutan atau di bawah naungan. Sebagai tanaman hias, anggrek tahan di dalam ruangan. Daun anggrek biasanya oval memanjang dengan tulang daun yang memanjang pula, khas daun monokotil. Daun dapat pula menebal dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan air. Air pada anggrek diperoleh dari hujan, tetesan, embun, atau uap air di udara. Anggrek bisa hidup pada situasi ketersediaan air yang rendah. Meski demikian, anggrek tidak ditemukan di tempat gurun dikarenakan perakarannya tidak intensif.

Ciri-karakteristik Botani Anggrek

Seperti halnya bunga-bunga lainya, Anggrek juga mempunyai karakteristik khas tersendiri sebagai akibatnya menjadikanya tidak selaras serta gampang dikenali.

- Bagian suku ini cenderung mempunyai organ-organ yang sukulen atau berdaging, nir tipis menggunakan kandungan air yg tinggi.

- Memiliki akar serabut, tetapi tidak dalam.

- Batang anggrek beruas-ruas.

- Daun anggrek umumnya oval memanjang dengan tulang daun memanjang pula, khas daun monokotil. - - Daun mampu jua menebal dan berperan menjadi penyimpan air.

- Bunga anggrek bentuknya khas dan menjadikanya karakteristik yg membedakannya dari bagian suku lain.

- Buah anggrek berupa kapsul yang berwarna hijau dan apabila masak jadi kemarau serta terbuka menurut samping. Bijinya amat kecil dan gampang, hingga gampang terbawa angin.

AnggrekBerdasarkan Tipe Pertumbuhan

1. Monopodial

Anggrek Monopodial ini cuma mempunyai satu batang dan satu titik tumbuh saja. Bunganya mulai tumbuh menurut ujung batang. Anggrek ini bisa diperbanyak dengan stek btg serta biji. Contoh: Vanda Sp., dan Phalaenopsis Sp. Atau anggrek bulan.

Dua. Simpodial

Anggek Simpodial ini memiliki kian lebih satu titik tumbuh. Tunas baru nampak dari lebih kurang btg utama. Bunga bisa nampak pada pucuk atau segi btg, namun ada jua yg nampak menurut akar tinggal. Batangnya sanggup menyimpan air cadangan makanan atau umbi semu. Anggrek ini mampu diperbanyak dengan langkah split, pembelahan keiki, biji. Contoh: Dendrobium Sp. & pula Cattleya Sp.

Anggrek Berdasarkan Tempat Tumbuh

1. Anggrek Epifit

Anggrek epifit adalah anggrek yg tumbuh menumpang dalam pohon lain, akan namun tanpa merugikan tanaman inangnya serta memerlukan naungan menurut sinar mentari . Akar anggrek menyerap kuliner yg dari dari air hujan, kabut serta udara yg ada pada sekitarnya. Misalnya : Cattleya Sp., Dendrobium Sp., Vanda Sp. Dan Juga Phalaenopsis Sp.

Dua. Anggrek Terestial

Anggrek terestial adalah anggrek yang tumbuh di tanah serta memerlukan sinar matahari segera. Akarnya merogoh makanan berdasarkan tanah. Contoh: Phaius Sp.

3. Anggrek Saprofit.

Anggrek saprofit merupakan anggrek yg tumbuh pada media yang mempunyai kandungan humus atau daun-daun kemarau, & menbutuhkan sedikit sinar mentari . Type ini nir mempunyai daun dan klorofil. Contoh: Goodyera Sp.

4. Anggrek Litofit.

Anggrek litofit merupakan anggrek yang tumbuh pada batu-batuan atau tanah berbatu, serta tahan pada sinar surya penuh. Anggek litofit ini merogoh kuliner menurut hujan, udara, humus. Contoh: Paphiopedilum Sp.

Manfaat Bunga Anggrek

Anggrekdikenal memiliki banyak manfaat dalam dunia dekorasi, & sebagai flora hias popular yang dipakai bunganya. Bunga anggrek amat latif dan variasinya nyaris tidak terbatas. Anggrek umumnya dijual sebagai tanaman pot ataupun sebagai bunga pangkas. Indonesia mempunyai kekayaan type anggrek yang amat tinggi, terlebih anggrek epifit yang hayati di pohon-pohon rimba, dari sumatera sampai papua. Anggrek bulan yaitu bunga pesona bangsa indonesia. Anggrek juga jadi bunga nasional singapura serta thailand.

Anggrek kerap digunakan sebagai lambang dari rasa cinta, kemewahan, serta estetika sepanjang berabad-abad. Bangsa Yunani memakai anggrek menjadi lambang kejantanan, sesaat bangsa Tiongkok pada zaman dahulu waktu meyakini bahwa anggrek sebagai flora yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh kaisar Tiongkok.

Pada pertengahan zaman, anggrek memiliki kiprah mutlak didalam pengembangan teknik penyembuhan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Pemakaiannya kemudian meluas hingga jadi bahan ramu-ramuan serta apalagi pernah diakui sebagai bahan baku utama pembuatan ramuan ramuan cinta dalam ketika spesifik. Saat anggrek nampak didalam mimpi seseorang, ihwal ini diakui sebagai lambang representasi menurut keperluan yg mendalam dapat kelembuatan, romantisme, serta kesetiaan didalam satu jalinan. Selanjutnya, dalam permulaan abad ke-18, aktivitas mengkoleksi anggrek mulai jadi aktivitas yg banyak dikerjakan di seluruh penjuru dunia, terlebih dikarenakan estetika tumbuhan ini.

Vanili (vanilla planifolia) juga merupakan bagian suku anggrek-anggrekan. Tumbuhan ini dipakai buahnya. Untuk membuahkan butir, vanili mesti dikawinkan sang insan, dikarenakan serangga penyerbuknya nir bisa hidup pada luar loka asalnya, walau saat ini usaha-bisnis ke arah pemakaian serangga mulai dikerjakan.

Jenis-jenis Anggrek Hias

Penyebutan type anggrek hias biasa dijelaskan menggunakan nama genusnya saja dikarenakan sangat poly hibrida antar spesies dan antargenus yg telah dibuat. Mengakibatkan, penamaan anggrek memiliki sejenis anggaran spesial yg agak menyimpang dari aturan penamaan nabati biasa. Tersebut disini nama-nama genus anggrek hias yg banyak pada kenal pada kalangan warga :

  • Cattleya, Bunganya Besar Serta Spektakuler, Tetapi Sukar Dipelihara
  • Dendrobium, Tanaman Hias Sangat Popular Dari Pada Beberapa Jenis Anggrek
  • Grammatophylum, Anggotanya Terhitung Grammatophyllum Scriptum Yang Dikenal Juga Dengan Nama Lokal Anggrek Papua Raksasa
  • Oncidium, Terhitung Didalamnya Anggrek Golden Shower
  • Phalaenopsis, Kepopulerannya Mendekati Dendrobium. Anggrek Bln. Yaitu Di Antara Jenisnya
  • Spathyphyllum, Anggrek Tanah
  • Vanda, Umumnya Sebagai Bunga Potong

CARA MENANAM BUNGA ANGGREK DI PEKARANGAN

Bila anda menyukai bunga anggrek tetapi nir mempunyai huma yang luas buat membudidayakannya maka nir usah bingung, anda bisa menanamnya menggunakan media pot. Dengan demikian anda sanggup secara mudah merawatnya lantaran anggrek terkenal menjadi tanaman yg sedikit rumit dalam hal perawatan. Untuk bibit atau benih anda sanggup mendapatkannya di pasar flora atau mencari di daerah yg masih terjaga kealamiannya seperti hutan, kebun dan persawahan. Dari segi irit anggrek merupakan produk holtikultura yang menjanjikan karena harganya yg tinggi. Cara menanam anggrek dibagi sebagai dua termin yaitu penanam serta pemeliharaan :

1. Penanaman :

  • Dalam masa pertumbuhan anggrek sanggup ditanam pada pada pot, pada media ini ada beberapa bahan spesifik yg telah dirancang buat menunjang pertumbuhan bunga anggrek. Seperti ; arang / kayu bakar, pecahan batu bata, pecahan genting, kulit kelapa, & sabut kelapa.

2. Pemeliharaan :

  • Pemupukan = dalam pemupukan bunga anggrek dapat menggunakan pupuk kimia / pupuk kandang bisa juga kompos. Untuk pemupukan dari pupuk kimia dilakukan perbandingan cara sedlings / mid size, dalam hal ini perbandingannya berbeda-beda. Untuk sistem sedlings gunakan perbandingan K, P, K sebesar 60 : 30 : 10. Dalam pemupukan ini unsur nitrogen lebih banyak karena bertujuan untuk membentuk senyawa protein yang banyak juga, karena hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan dari bunga anggrek tersebut. Lalu untuk mid size perbandingannya sebagai berikut 30 : 30 : 30, untuk pupuknya menggunakan pupuk kandang, bisa dari kotoran sapi, kambing, kerbau, kuda, dan ayam. Selain mengandung semua unsur yang dibutuhkan tanaman, pupuk kandang juga mampu menyimpan air untuk kebutuhan tanaman apalagi pada musim kemarau.
  • Penyiraman = penyiraman merupakan salah satu faktor yang penting dari cara menanam anggrek. Pemberian air yang cukup serta teratur dapat menunjang pertumbuhan dari bunga anggrek. Karena air mengandung unsur H dan O dan berfungsi sebagai pengisi serta pengatur tekanan sel. Jadi jangan sampai lupa untuk menyiram.

CARA MENANAM BUNGA ANGGREK DI POT

Anggrek merupakan tumbuhan yang membutuhkan perawatan yang sedikit rumit namun tidak sulit untuk dilakukan. Secara umum cara menanam bunga anggrek terdiri dari dua tahap utama, yaitu proses penanaman dan pemupukan. Berikut adalah kedua tahap tersebut:

1.    Penanaman

Tanaman anggrek umumnya ditanam pada dalam pot yg merupakan media pertumbuhan. Dalam media pertumbuhan ini masih ada berbagai bahan yang berupa materi khusus yg sudah dibuat buat flora anggrek. Di antaranya, yaitu:arang atau kayu bakar, kulit kelapa, pecahan batu bata atau genting, dan sabut kelapa.

2.    Pemeliharaan

Pada termin pemeliharaan berdasarkan cara menanam bunga anggrek terdiri dari pemupukan, penyiraman,dan pengendalian hama dan penyakit.

a.    Pemupukan

Proses pemupukan tumbuhan anggrek bisa dilakukan menggunakan menggunakan pupuk kimia atau pupuk kandang. Pemupukan dengan pupuk kimia dilakukan menggunakan perbandingan cara seedlings atau mid-size dengan perbandingan tidak selaras. Untuk seedlings perbandingannya perbandingan K, P, K, merupakan 60:30:10. Disini unsur nitrogen lebih poly diberikan supaya membangun senyawa protein lebih banyak yg bermanfaat bagi pertumbuhan danperkembangan anggrek. Sedangkan secara mid-size perbandingan K, P, K, adalah 30:30:30.Untuk pemupukan memakai pupuk sangkar bisa dilakukan menggunakan hadiah kotoran kambing, kuda, kerbau, & sapi. Selain mengandung aneka macam macam unsur yg diharapkan tanaman , pupuk sangkar pula membantu sekali buat penyimpanan air, khususnya pada isu terkini kemarau.

Secara signifikan hadiah pupuk kimia memang sedikit dapat mempercepat pertumbuhan tanaman anggrek. Hal ini lantaran dalam pupuk kimia sudah disubtitusi aneka macam unsur yg diharapkan. Unsur-unsur yg dibutuhkan buat pertumbuhan flora anggrek tadi meliputi:

1.Nitrogen :Nitrogen sangat dibutuhkan untuk keperluan sintesis protein, asam nukleat, asam amino, koenzim dan sebagai konsistuen penyusun zat hijau daun (klorofil).

2.Fosfor : Fosfor berguna untuk pertumbuhan akar dan pendewasaan tanaman.

3.Potasium dan Kalium : Dalam jaringan tanaman, potasium dan kalium berfungsi mempelancar reaksi fotosintesis, respirasi, dan translokasi karbohidrat.

4. Kalsium : Kalsium dibutuhkan sebagai bahan pengisi untuk dinding sel tanaman. Selain itu, kalsium juga digunakan untuk meningkatkan hormon tanaman tertentu yang berperan untukdetosifikasi berbagai racun yang masuk.Magnesium

5.Magnesium diperlukan tanaman untuk membantu kerja enzim atau sebagai aktivator enzim, juga terlibat dalam proses metabolisme sintesis protein.

6.Sulfur : Sulfur merupakan bagian dari komponen penyusun asam amino, vitamin, dan berperan sebagai koenzim.

b.    Penyiraman

Penyiraman adalah salah satu faktor penting dalam bagian cara menanam bunga anggrek. Ketersediaan air yang cukup akan menunjang pertumbuhan tanaman dengan baik. Hal ini karena air berfungsi, antara lain sebagai sumber unsur Hdan 0,bahan pengisi seI, pengatur tekanan sel, pengangkut berbagai senyawa ke dalam tanaman, pengatur temperatur tanaman, dan sebagai pelarut untuk senyawa-senyawa.

Semoga Bermanfaat.... Terimakasih telah berkunjung  di blog ini.

Post a Comment

0 Comments