8 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

DhanyInfo™ - Buah mengkudu atau buah pace memiliki nama latin Morinda Citrifolia . Buah mengkudu tumbuh di dataran rendah, sehingga buah mengkudu ini tumbuh subur di Indonesia. Tinggi pohon buah mengkudu ini biasanya mencapai 3 - 8 meter. Meskipun buah mengkudu baunya tidak sedap, tetapi buah mengkudu yang sudah masak di pohon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

8 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Buah mengkudu memiliki banyak kandungan zat, sehingga buah mengkudu banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Beberapa kandungan zat yang ada pada buah mengkudu antara lain: zat nutrisi, terpenoid, scolopetin, zat anti kanker, zat anti bakteri, morinda diol, moridone, damnacanthal, metil asetil, asam kapril, sorandiyiol, xeronine dan proxeronine, morindin, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, sulfur, kalium, fosfor, dan asam amino.

8 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Dengan begitu banyaknya kandungan zat yang ada di buah mengkudu ini, banyak jua manfaat yang mampu kita ambil berdasarkan butir mengkudu ini, antara lain:

1. Membantu menjaga kesehatan tulang

Kandungan asam kapril, metil asetil, morinda diol, moridone, morindin, dan sorandiyiol yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang

dua. Mengatasi hipertensi

Cara membuat buah mengkudu untuk mengatasi hipertensi ini dengan memeras buah mengkudu  yang telah masak di pohonnya sehingga keluar airnya, setelah itu disaring, kemudian dicampur dengan madu.

3. Obat anti kanker

Zat anti kanker yg terkandung dalam buah mengkudu dapat mengobati maupun mencegah terjadinya kanker dapat dengan meminum juz butir mengkudu.

4. Mengobati sakit kuning

Cara menciptakan buah mengkudu buat mengobati sakit kuning merupakan menggunakan cara mengambil 2 butir mengkudu yang sudah masak di pohonnya dan 1 bungkul gula batu. Kemudian diblender & tambahkan madu, aduk rata hingga homogen kemudian disaring.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah mengkudu dapat menaikkan daya tahan tubuh karena kandungan zat yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar tiroid & kelenjar timus.

6. Obat sakit perut

Manfaat butir mengkudu yg lainnya merupakan mengobati sakit perut. Caranya dengan menumbuk dua - 3 helai daun mengkudu, sehabis itu beri garam secukupnya, kemudian seduh dengan air panas. Setelah dingin, disaring, lalu diminum.

7. Anti inflamasi

Sari butir mangkudu memiliki sifat anti inflamasi yg mampu mencegah terjadinya peradangan. Serta bisa menurunkan terkena agresi jantung.

8. Mengobati demam, masuk angin, & influenza

Cara membuat obat buat demam, masuk angin, dan influenza yaitu dengan mengungkep 1 butir mengkudu dan 1 rimpang kencur, lalu direbus dengan dua gelas air & didihkan sehingga sebagai 1 gelas. Setelah dingin disaring & diminum dua kali sehari.

8 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Post a comment

0 Comments