Pesut Mahakam Fauna Identitas Provinsi Kalimantan Timur

DhanyInfo™ - Pesut atau lumba-lumba air tawar adalah spesies mamalia air yang menghuni wilayah perairan tawar di India, Indocina, Filipina dan Kalimantan. Tidak ada catatan fosil. Pesut pertama kali dideskripsikan oleh Sir Richard Owen tahun 1866 berdasarkan satu spesiemen yang ditemukan tahun 1852, di pelabuhan Vishakhapatnum di pantai timur India. Pesut adalah salah satu spesies dari genus Orcaella. Kadang-kadang pesut terdaftar dalam beragam famili yang terdiri dari ia sendiri dan pada Monodontidae dan dalam Delphinapteridae. Sekarang ada persetujuan bahwa pesut termasuk famili Delphinidae.

Secara genetis, pesut berafiliasi dekat dengan paus pembunuh. Nama spesies brevirostris dari berdasarkan bahasa Latin yg berarti berparuh pendek. Tahun 2005, analisis genetik memperlihatkan bahwa lumba-lumba sirip pendek Australia merupakan spesies kedua berdasarkan genus Orcaella.

Seluruh tubuh berwarna kelabu hingga biru tua, bagian bawahnya berwarna lebih pucat. Tidak ada pola yang spesial . Sirip punggung mini & membulat di tengah punggung. Dahinya tinggi dan membulat; tidak bermoncong. Sirip tangan lebar membulat. Spesies di Kalimantan yang seperti merupakan Porpoise tidak bersirip, Neophocaena phocaenoides, mirip tapi nir punya sirip punggung: lumba-lumba bungkuk, Sausa chinensis, lebih besar , moncong lebih panjang dan sirip punggung lebih akbar.

Dalam berbagai bahasa Orcaella brevirostris (nama Latin) merupakan: Inggris: Irrawaddy dolphin, Dialek lokal Chilika: Baslnyya Magaratau Bhuasuni Magar (lumba-lumba penghasil minyak), Oriya: Khem & Khera, Perancis: Orcelle, Spanyol: Delf?N del Irrawaddy, Jerman: Irrawadi Delphin, Burma: Labai, Indonesia: Pesut, Melayu: Lumbalumba, Khmer: Ph?Sout, Lao: Pha?Ka and Filipino: Lampasut. Dalam bahasa Thai, salah satu namanya adalah p?A loma hooa baht, karena kepalanya yang membundar dipercaya menyerupai mangkuk rahib Budhha, hooa baht.

Penampilan pesut seperti menggunakan beluga, meski lebih berkerabat dengan orka. Spesies ini memiliki melon (jaringan berlemak & berminyak pada kepala). Moncongnya nir khas. Sirip punggung yg terletak dua pertiga posterior di punggung, pendek, tumpul, dan segitiga. Sirip tangan panjang dan lebar. Secara keseluruhan dia berwarna cerah, tetapi lebih putih di bawah tubuh daripada di punggung. Pesut dewasa beratnya lebih dari 130 kg dan panjangnya 2,3 m psaat dewasa. Panjang maksimum yang tercatat adalah jantan dua,75 m menurut Thailand.

Lumba-lumba ini dianggap mencapai kedewasaan seksual dalam 7 sampai 9 tahun. Di belahan bumi utara, perkawinan dilaporkan berlangsung pada bulan Desember sampai Juni. Masa hamilnya 14 bulan, melahirkan seekor anak setiap 2 hingga tiga tahun. Saat lahir panjangnya 1 m & beratnya 10 kg. Anak itu disapih sehabis berumur dua tahun. Umur pesut dapat mencapai 30 tahun.

Post a Comment

0 Comments