Menelisik Pohon Tabebuya dan Manfaatnya

Hai sobat,,, kali ini kita akan membahas seputar pohon tabebuya serta manfaatnya. Ok... langsung saja ya sobat. Tabebuya ( Handroanthus chrysotrichus ) merupakan tanaman yang berasal dari negara Brazil. Tabebuya dapat tumbuh pada iklim tropis dan subtropis, dan cenderung tahan dengan iklim kering, asalkan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tanaman ini termasuk tanaman dengan pohon yang besar sehingga dapat dijadikan sebagai tanaman peneduh. Bunga tabebuya bentuknya mirip dengan bunga sakura di  Jepang, sehingga banyak orang yang menganggap bunga tabebuya ini sebagai bunga sakura. Tanaman ini memiliki daun yang tidak mudah rontok, di saat bunganya mekar, tanaman tampak seperti tak memiliki daun karena lebatnya bunga.

tabebuya
Tanaman Tabebuya

Tabebuya ini mempunyai aneka macam macam rona bunga, menurut warna pink, kuning, ungu, putih, sampai merah tua.

Di Indonesia sendiri, sekarang ini lagi banyak diperbincangkan rakyat tentang pohon tabebuya. Di kota Pahlawan Surabaya, tabebuya ditanam di sepanjang jalan buat dijadikan menjadi peneduh jalan. Tabebuya dapat kita jumpai pada jalan - jalan protokol juga di taman kota, misalnya taman Ngagel Surabaya. Bunga ini mengembang antara bulan Oktober sampai bulan November pada saat menjelang musim penghujan tiba. Meskipun termasuk pohon akbar, kalian mampu lho sobat menanam flora ini pada rumah, lantaran meskipun pohonnya besar , akarnya tidak akan menghambat pondasi maupun pagar rumah kalian.

Selain sebagai tanaman hias, tabebuya mempunyai berbagai macam manfaat lho sobat...Di antaranya adalah:

1. Sebagai obat

Kaum Amazon pernah menggunakan bunga tabebuya sebagai obat sifilis, demam, malaria, infeksi kulit, serta gangguan perut. Bahkan, mulai tahun 1960, bunga tabebuya ini diklaim dapat mengobati penyakit kanker.

Dua. Sebagai pembersih udara

Tanaman tabebuya ini bisa menyerap karbondioksida dan polusi udara sebagai akibatnya udara pada lebih kurang kita mampu higienis pulang.

3. Dapat dijadikan pupuk

Bunga tabebuya yg sudah gugur, bisa kita kumpulkan, sesudah itu kita pisahkan selama beberapa hari sampai terjadi pembusukan. Setelah membusuk, barulah bisa kita pakai buat memupuk.

4. Sebagai pohon pelindung

Lantaran termasuk tanaman yg mempunyai btg akbar, pohon tabebuya bisa dijadikan sebagai pohon pelindung pada sekitar tumbuhan tadi. Gunanya buat melindungi menurut sengatan sinar matahari pada saat surya sedang terik.

Itulah tadi sedikit tentang flora tabebuya & keuntungannya. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sobat seluruh.

Post a comment

0 Comments