Cara Mengatasi Kacer Mbagong Rangkuman Terlengkap

Artikel kali ini berjudul cara mengatasi kacer mbagong rangkuman terlengkap, dari penyebab kacer mbagong sampai dengan perawatan dan setingan pakan sehari-hari. Kami berusaha menciptakan artikel selengkap mungkin mengenai perawatan & setingan kacer mbagong dari A - Z pokoknya lengkap. Dan kali ini akhir dari semua cerita tentang kacer mbagong, karna kali ini kami berusaha menciptakan kesimpulan langsung mengenai kacer mbagong. Sekali lagi ini "kesimpulan kamidanquot; bila terdapat kritik dan saran pasti kami terima menggunakan bahagia hati, bolehkan bila kami beropini sendiri.

kacer mbagong
Burung Kacer Foto : IBC
Oke kita lanjut...di artikel ini kami tidak akan membahas tentang penyebab kacer mbagong atau mengatasi kacer mbagong, karena dua hal itu sudah kami bahas secara lengkap di artikel sebelumnya. Yang kali ini akan kita bahas adalah hasil akhir dari dua artikel kami terdahulu. Kacer mbagong, bagi kami adalah murni sifat alamiah burung baik di alam bebas maupun burung kacer peliharaan di rumah. Karena masih sama-sama  satu jenis keluarga yaitu Copsychus saularis. Hal itu adalah anugerah dari Sang Pencipta dengan segala macam jenis karakter fisik maupun warna burung serta macam-macam suara kicauanya.

  • Penyebab Kacer Mbagong
Berbagai Tips dan Trik tentu sudah banyak di majalah, buku apalagi internet yang dengan mudah kita bisa baca, dengan cara biasa sampai luar biasa dan ekstrim. sayapun pernah mencoba memberikan kacer dengan kelabang dan undur-undur namun tidak begitu terlihat efek dalam mengatasi kacer mbagong. Mbagong adalah sifat alamiah burung kacer, tentu banyak sebab kacer bisa mbagong. sedikit pendapat mengenai kacer mbagong menurut pengamatan saya :

1. Burung Muda

Kacer pada usia belia sudah tentu mental masih belum stabil. Pertanda burung kacer belia merupakan ketika ditrek waktu latberan ataupun lomba umumnya burung ngotot di awal permainan dan gembos ditengah-tengah ketika. Belum mampu mengontrol emosi dan stamina ketika dilombakan, saran saya jangan menurunkan burung usia muda pada latber atau lomba, kacer adalah burung fighter, dan dalam jenis ini usia burung berpengaruh 70% dalam pematangan mental burung itu sendiri. Latihlah burung anda sedikit demi sedikit menggunakan 2 atau 3 kacer saja, terdapat baiknya dilatih menggunakan dijejerkan menggunakan burung mini seperti kenari,pleci,ciblek & prenjak. Disamping buat melatih mental burung tanpa menciptakan mental burung down sekaligus sebagai masteran untuk kacer.

2. Burung Jinak

Burung terlalu jinak cantik berdasarkan aku , karna gampang buat melatih mental agar semakin kuat & baik. Tetapi anda niscaya tahu, burung kacer nir perlu terlalu jinak bagi anda yang senang ikut latberan & lomba tentu lebih memilih burung kacer yang semi jinak/jinak lalat. Yang terpenting burung nir takut menggunakan keramaian. Burung jinak identik dengan burung manja, jika kacer sudah manja jangankan bertemu kacer lain, bertemu empunya udah ngacir cir cir...Alias mbagong.Hehehe...Burung misalnya ini dari saya telah tidak mampu untuk di lombakan, tetapi anda jangan berkecil hati jika terlanjur memiliki burung misalnya ini karna apa certainly no shortage of excess, ya..Dalam seluruh kekurangan pasti terdapat kelebihan. Burung misalnya ini berdasarkan segi gacor sudah tentu sangat gacor pada keseharianya. Jadi bagi anda yg mempunyai kacer hanya untuk klangenan opsi burung misalnya ini sangatlah cocok bagi anda.

Tiga. Perawatan Yang Salah

Yakin bila perawatan dalam kacer anda sudah sahih dan pas buat kacer anda? Cobalah lebih dalam mengetahui ciri dan mengenal burung anda. Karna menurut semua burung berkicau niscaya memiliki disparitas karakter layaknya mahluk hayati yang lain. Nir ada salahnya coba merubah porsi EF dan jemur, bahkan mandi,dll. Lihat disparitas berdasarkan masing-masing treatmen yang telah dilakukan. Meskipun mungkin nir semudah menciptakan kopi terlalu pahit kemudian kita tambahkan gula, atau menciptakan sayur kurang asin lalu kita tambah garam,bukan semudah itu memang. Tetapi setidaknya kita mempunyai surat keterangan eksklusif tentang burung kacer yang kita miliki. Menggunakan penyebab yg telah diketahui & penanganan yang pas tentu itu poin utamanya.

4. Kondisi Burung

Bukan hanya burung kacer jantan saja yang mampu mbagong, melainkan mbagong lebih acapkali dilakukan sang burung betina. Itu merupakan berbagai bentuk ekspresi suasana kondisi burung itu sendiri. Dalam hal ini menurut pengamatan aku , mbagong dilakukan sang kacer bukan hanya waktu bertemu lawan ataupun dalam situasi terancam, melainkan mampu memberitahuakn kacer pada keadaan bahagia. Pernah saya alami sang salah satu kacer betina milik saya sendiri, waktu melihat kucing didepan kandang si betina mbagong diselingi suara spesial burung kacer, terdapat lagi suatu waktu ketika aku mau memberi makan jangkrik dengan tangan si betina mendekat dengan mbagong. Mungkin itu sedikit pengalaman saya yang mungkin juga pernah anda alami selama merawat burung kacer. Apabila hal misalnya ini terjadi dan anda ingin ikut latber bahkan lomba terdapat baiknya burung dibiasakan dulu menggunakan suasana lomba, hal itu diperuntukkan agar burung kacer tau dan terbiasa saat lomba beliau harus berkicau atau mbagong atau malahan ikut lomba hanya melihat burung makan saja..Mending dirumah aja hahaha...Okelah jikalau mbagong ketika dirumah ingin manja dengan majikanya, tetapi burung diharap tahu ketika lomba tidak melakukan hal itu.

Lalu pertanyaan dasar timbul bisakah kita mengatasi kacer mbagong??? Khususnya kacer kesayangan kita pada tempat tinggal . Jawaban saya "Bisa, mungkin pula Tidakdanquot;. Lantaran jawaban kami tergantung berdasarkan sudut pandang kita masing-masing. Bisa, lantaran memang karakter burung yang kita rawat mampu diubah tergantung perawatan yg pas & setingan pakan yang cocok. DhanyInfo.Com - Mungkin pula Tidak, karena memang karakter burung yg kita pelihara sama sekali nir bisa diubah. Jadi inti berdasarkan semua itu merupakan Karakter burung itu sendiri. Untuk burung kacer peliharaan pada tempat tinggal berasal gacor menurut kami oke lah meskipun sesekali ada sifat mbagongnya, namun kita masih sanggup menikmati kicauanya.

Namun beda cerita buat kalangan Pemain Lomba, kacer yg memiliki karakter mbagong mau kita rawat bagaimanapun akan permanen tidak bisa optimal bila turun pada lapangan. Mau itu mbagong awal main, tengah, ataupun malah ngunci. DhanyInfo.Com - Saran kami daripada anda menghabiskan waktu dan biaya buat perawatan, lebih baik tukar menggunakan burung yang mempunyai karakter minim mbagong jika tujuan primer buat kacer lapangan. Meskipun kami selalu berkata kacer lapangan pun pasti pernah mbagong, hanya mungkin intensitas mbagongnya saja yang sangat minim.

Jika terdapat perkataan orang "ini kacerku awal main mbagong, akan tetapi selebihnya full bongkar isian, speed mantep, volume tembus, dll. Dan akhirnya malah koncer.

Itu mungkin bisa saja, namun kami menggaris bawahi kacer seperti itu ibarat mencari jarum pada tumpukan jerami, mungkin hanya ada satu berdasarkan sekian banyak kacer. Itulah mengapa anda jangan kaget apabila harga kacer lapangan jauh lebih mahal menurut kacer rumahan. DhanyInfo.Com - Karna pada samping minim pada hal mbagong, kacer lapangan sudah terdidik sedemikian rupa buat kompetisi pada aturan lomba disamping karakter mental dan suara yang di atas homogen-rata.

Anda punya kacer pada rumah?Acapkali mbagong?Sampai-hingga anda enggan bahkan memalukan membawanya Latberan apalagi buat melombakan sang jagoan kacer. Jangan risi,mbagong bukan akhir dari segalanya. Pada sini saya akan menaruh banyak sekali tips sederhanya untuk mengatasi hal tadi.Memang banyak artikel yg membahas kacer mbagong, eksklusif saja simak tips berikut.

  • Cara Mengatasi dan Perawatan Kacer Mbagong
1. Jemur

kenapa penjemuran yang menjadi pokok dari tips ini, berikut penjelasanya. Penjemuran dalam burung merupakan hal harus dan wajib dilakukan pada setiap merawat burung, burung apa saja,kicauan ataupun bukan, dengan penjemuran,burung akan merasa lebih fit & sehat,jua membantu metabolisme tubuh burung agar selalu memiliki kekebalan tubuh yg tinggi. Penjemuran yg rutin & bersiklus jua sanggup menaikkan volume kicauan burung karna daat menaikkan birahi si burung (itu hal pokoknya). Dan disini anjuran buat kacer mbagong usahakan dijemur antara 2 s/d 3 jam pada pagi hari.Jam berapapun tergantung saat yang sempurna buat anda,karna pula anda niscaya memiliki kesibukan sendiri-sendri,yang penting jangan melewati jam 10.30 karna akan membuahkan burung anda serak yang lebih fatal sanggup membuat burung stress karna kepanasan,ciri-cirinya burung klabakan ketika dijemur (misalnya syok lah bila insan).

kacer mbagong
Penjemuran: Faktor Utama Mengatasi Kacer Mbagong

2. Ekstra Fooding

ekstra fooding adalah hal vital bagi burung kicauan,kenapa penting?Karna burung kicauan adalah burung yg mempunyai insting,entah naluri bertarung ataupun berkicau. Ektra fooding adalah hal yg dapat memicu burung kicauan buat berkicau dan mengontrol birahi sang burung,jangan hingga burung ngedrop kekurangan ekstrafood & pula jangan hingga kelebihan memberikanya yg mengakibatkan overbirahi. Overbirahi=Mbagong, Burung ngedrop=Mbagong pula,susah kan,hehehe.Lanjut pembahasan,saya akan menjelaskan jenis ekstrafood yang biasa buat burung kacer.

A. Jangkrik : Berguna sebagai stamina,power suara dan naluri berkicau meningkat. sebaiknya berikan jangkrik 3 pagi dan 3 sore,itu standarnya.

B. Ulat Hongkong : Ulat hongkong merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk burung. tapi jangan terlalu banyak dalam pemberianya, karna kabarnya ulat hongkong mengandung lemak yang tinggi yang menjadikan suhu tubuh burung cepat meningkat,jadi dalam pemberinya cukup kalau musim hujan seperti sekarang ini,tapi kalau memang burung kurang birahi,dapat diberikan rutin 3 pagi dan 4 sore,pilih yang berwarna putih/baru nganti kulit.

C.  Ulat Bambu : disini saya menekankan ulat bambu bukan menu harian buat burung kacer,disamping akan membuat burung anda malah kurang birahi,juga ulat bambu susah untuk didapat,kalau adapun harganya relatif tidak murah seperti pakan lainya. jadi kalau burung overbirahi dapat memberikan ulat bambu maksimal 3 dalam sehari.kalau burung sudah stabil kondisinya,hentikan pemakaian ulat bambu.

D.  Kroto : Kroto merupakan pakan burung yang sangat manjur untuk membuat burung rajin berkicau, dalam hal ini pemberian kroto sangat dianjurkan dalam menangani burung kacer yang mbagong. meskipun banyak yang bilang kroto tidak berefek dalam menangani burung kacer mbagong tapi menurut saya kroto adalah penambah stamina dan meningkatkan nafsu untuk berkicau dan tidak membuat burung panas seperti ulat hongkong,jadi jika saran saya untuk memasukkan kroto dalam menu harian kacer mbagong masuk akal,ya silahkan dilakukan, kalau mungkin tidak sependapat mungkin bisa ditinggalkan.

Tiga. Mandi

mandi sangat penting buat burung,di alam sananya pun burung hidup & berkembang biak pasti di dekat perairan,sungai,danau,ataupun asal mata air lainya. Selain buat minum,air pula diperlukan burung buat mandi yang memiliki fungsi buat merefres tubuh burung itu sendiri. Dalam hal ini poly yang bilang kacer mbagong kurangi mandi kuatin jemur, aku sependapat tetapi nir sepenuhnya. Kenapa?Burung itu mahluk hidup dan bukan robot. Kita tidak bisa memaksakan burung buat begini dan begitu sesuka kita sendiri. Kurang bijak memang jikalau kita bertindak begitu,tetapi terdapat cara lain buat treatmen yang lebih halus. Pertama burung tetap dikondisikan dengan cara No.1 yaitu penjemuran. Saya sarankan buat mandi kacer mbagong jangan sekali-kali kacer mbagong dimandikan dengan cara disemprot,setau aku itu nir akan meyembuhkan si kacer tetapi akan menciptakan mbagongnya semakin parah.Usahakan mandikan burung kacer pada karamba mandi/tempatkan wadah minum yg besar di pagi dan sore hari supaya kacer mandi sendiri tanpa adanya paksaan. Kacer adalah burung yg mempunyai naluri tinggi,jadi beliau tau kapan wajib mandi/nir.Point angka 3,mandikan kacer minimal sehari sekali biarkan dia mandi sesuka beliau diwaktu pagi/sore.

4. Jauhkan Dari Burung Lain

point nomor 4 ini merupakan poly efeknya namun susah dilakukan. Saya mungkin berpendapat burung yang gacor keseharianya akan lebih berpotensi buat mbagong apabila bertemu burung lain ataupun waktu pada trek dengan sesama kacer. Karna burung memang sudah terbiasa terkuras staminanya buat berkicau sehari-sehari.Buat treatmen kali ini burung pada isolasi menurut burung lain,jangan sampai bertemu burung lain apapun jenisnya,dan usahakan jauhkan berdasarkan burung kicauan lain agar jika mendengar kicauan burung lain si kacer tidak terlalu naik sifat petarungnya. Letak kesulitanya adalah apabila anda dirumah poly burung kicauan,niscaya kerepotan buat melakukan point ini.

5. Waktu Pemasteran Yang Tepat

pada hal ini merupakan saat burung mabung.Aku sangat sekali menganjurkan pemasteran dilakukan saat burung pada syarat mabung tidak menggunakan kondisi-kondisi yang lain,tidak malam nir juga pagi/siang. Burung dalam kondisi mabung sangat dianjurkan dimaster dikarenakan memang burung selalu diam disangkar,sporadis berkicau bahkan tidak berkicau sama sekali. Itupun usahakan supaya masteran masuk menggunakan maksimal perdengarkan suara burung kicauan baik asli/elektro agar terdengar sayup-sayup.Bila elektronik ya volumenya jangan terlalu keras,pelan tetapi kentara terdengar,untuk burung masteran orisinil tempatkan relatif jauh.Saya pastikan akan maksimal . Perhatikan impak menurut pemasteran yg tidak kenal ketika,alih-alih ingin burung banyak isian,yang ada malah burung tertekan lantaran selalu dihajar dengan suara masteran yang pasti kebanyakan bermaterikan tembakan ataupun suara ngerol panjang. Terdapat jua pasti sobat kicaumania yg mempunyai burung waktu dimaster selalu nglawan tidak mau diam,diperdengarkan kicau masteran eh malah ikut berkicau,lha yg dimaster kacernya atau orangnya?Hehehe.Bercanda.

6. Kandang Umbaran Alami (Tips Rahasia DhanyInfo.Com)

buat anda kicaumania pasti nir asing menggunakan kandang umbaran buat burung, memang ini merupakan alat buat burung lomba agar menambah kekuatan fisik & nafas buat terbang sekaligus berkicau. Buat yg belum tau sangkar umbaran/atau kadang sobat terdapat yg menyebutnya sangkar voiler.Merupakan kandang biasa yg berukuran cukup akbar supaya burung bebas terbang kesana kemari. Dalam pont ini,adalah mengusahakan agar burung serasa berada di alam bebas lebih seperti sangkar penangkaran mungkin.Tapi inilah tips yg paling manjur buat kacer mbagong. Apabila anda memiliki loka di rumah/huma di diluar rumah buatlah sangkar umbaran/seperti sangkar penangkaran,taruh didalamnya flora pada pot,wadah air yang relatif besar buat burung mandi & tangkringan berdasarkan batang tanaman ,letakkan tangkringan di aneka macam sudut,biarkan burung menentukan tangkringan dan terbang sesuka beliau,inti dari point ini adalah mengembalikan naluri burung pada alam,pula menyingkat point jemur & mandi dan anda hanya relatif mengontrol makanan & ekstrafoofnya.

Semua yg saya tulis di sini pasti poly kekurangan,saya jua bukan master yg sudah mengorbitkan kacer sebagai kampiun & pastinya sangat banyak kicaumania yg lebih tau mengatasi kacer mbagong daripada aku ini,yang hanya kicaumania biasa-biasa saja.Jadi kiranya mohon maaf apabila ada hal yg kurang berkenan ataupun nir sependapat. Sayapun masih belajar karna itu rela menulis artikel yg panjangnya cetar membahenol seperti ini.Hehehe...Jadi mari sesama kicaumania saling membuatkan ilmunya. Semoga dapat berguna,hingga ketemu pada postingan lainya.

Perlu dipahami bahwa poly sekali penyebab burung kacer mbagong pada hal ini mengetahui penyebab awal & utama adalah kunci keberhasilan pada mengatasinya. Meskipun tidak sanggup kita pungkiri bahwa kacer mbagong masih tetap sebagai misteri bagi para pecinta kacermania. Sehabis poly membaca artikel mengenai All About Oriental Magpe Robin sayapun mencoba menangkarkan kacer dengan skala mini hanya 1 kandang berisikan 1 pasang kacer, disamping eksperimen mencari memahami tentang rahasia kacer mbagong. Karna jujur berdasarkan seluruh Burung kicau di nusantara saya paling suka kacer, dan aku berusaha fokus buat mencari memahami lebih tentang jenis burung yg 1 ini.

Mungkin seperti itulah sedikit pengalaman saya, mungkin masih banyak kekurangan ataupun ketidak sesuaian mohon dimaklumi. Untuk mengakhiri artikel penutup ini, kami sudah menciptakan rangkuman tanya jawab seputar burung kacer, & semoga mampu menjawab semua pertanyaan anda sekalian.

Questions & Answers (A-Z):

Q : Apa penyebab kacer mbagong ?

A : Banyak hal, bisa anda cek artikel Di sini

Q : Bagaimana mengatasi kacer mbagong ?

A : Mulai dari perawatan dan setingan pakan, cek artikel Di sini

Q : Apakah kacer mbagong bisa sembuh ?

A : Bisa

Q : Bisakah kacer mbagong juara lomba ?

A : Sangat bisa, dengan catatan mempunyai skill materi dan power diatas rata-rata

Q : Apa ada kacer anti mbagong ?

A : Tidak, Setiap kacer dewasa atau mapan pasti pernah mbagong meski itu sekali

Q : Apa perawatan kacer anti mbagong ?

A : Perawatan burung tidak ada yang paten, sesuaikan dengan karakter burung itu sendiri

Q : Apa setingan kacer anti mbagong ?

A : Sesuaikan EF dengan kondisi dan karakter burung, Jemur wajib

Q : Apa ciri-ciri fisik kacer anti mbagong ?

A : Tidak ada ciri-ciri khusus, namun kacer anti mbagong biasanya tidak terlalu jinak

Q : Apakah kacer betina bisa mbagong ?

A : Bisa

Q : Apa penyebab kacer mbagong ngunci, ngeruji, galak, buka sayap ?

A : Over birahi

Q : Cara mengatasi kacer mbagong karena over birahi ?

A : Kurangi EF, banyak mandi malam

Q : Cara mengatasi kacer mbagong karena kalah mental ?

A : Jauhkan dari suara burung lain atau burung sejenis, optimalkan pemberian pakan dan EF

anakan kacer

Itulah yang bisa kami rangkum untuk postingan DhanyInfo.Com - yang panjang kali ini dan kami berusaha membuat artikel ini selengkap mungkin untuk anda sekalian. jika ada kritik, saran dan pertanyaan tambahan bisa komen di kolom komentar dibawah ini, InsyaAllah kami akan menjawabnya. jika artikel kami di akhir episode kacer mbagong ini bermanfaat, tolong ya share di media sosial cukup klik tombol di bawah artikel ini. dan tunggu artikel-artikel DhanyInfo.Com yang menawan berikutnya, Terimakasih.

Post a comment

0 Comments