CARA MENGATASI SISIK ARWANA YANG LEPAS DAN KOYAK

Aneka-Peliharaanhias----Banyak para hobbis dan pencinta ikan Hias Arwana yang bertanya-tanya tentang masalah terlepasnya sisik Ikan Arwana, di beberapa forum tanya jawab tentang ikan hias banyak yang menanyakan apakan sisik ikan arwana yang telepas akan membekas dan tidak dapat tumbuh kembali atau bisa tumbuh digantikan dengan sisik yang baru? Nah berikut ini penulis akan mencoba  memberikan sedikit pengalaman penulis tentang lepas atau koyaknya sisik arwana tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

Saya pernah mengalami keliru satu ikan Arwana yang baru tiga bulan dipelihara entah kenapa tiba terihat mengamuk dalam aquarium, air aquarium hingga tumpah keluar dan tubuh arwana sempat terbentur dinding & mesin filter, & saat itu pula penulis melihat jatuh 2 buah sisik kedasar aquarium berdasarkan dibagian samping dan bagian atas tubuh ikan Arwana ini, saat itu penulis sempat panik dan sangat sedih cita rasanya, lantaran ikan yg telah dipelihara menggunakan hati-hati sampai sudah menunjukkan keindahannya harus mengalami kerusakan seperti ini. Penulis mencoba mencari beberapa asal kabar- & setelah googling dibeberapa situs ikan hias barulah penulis memahami mengenai sisik Arwana yg terlepas ini.

Lepasnya sisik arwana ini dapat ditimbulkan dua faktor : yang pertama lantaran kecelakaan, misalnya arwana tersebut terbentur diding aquarium, ke 2 karena penyakit.

Berikut langkah-langkah & cara mengatasi sisik Arwana yang lepas ini :

caranya gampang ambil sisik arwana yg tanggal menurut tubuh ikan yg berada didasar aquarium, lalu tangkap ikan menggunakan cara dibius, pasang sisik menggunakan menggunakan lem alteko/korea, pada tubuh ikan tadi !! ..;P..T_T ..Hahaha..Mf bercanda !!! ;D??????

Bukan itu.....Ini yg....Serius... Begini cara yang sahih..;

Sebenarnya sisik ikan arwana yg telepas nanti akan sembuh alias tumbuh menggunakan sendirinya, ini belangsung kurang lebih dua - 3 bulan tergantung ukuran ikan & perawatan yang kita lakukan. Menurut pengalaman penulis Arwana yg mengalami sisik tanggal, nantinya berangsur-angsur akan tumbuh sisik baru menggantikan sisik yang terlepas tadi.

Untuk lepasnya sisik Arwana karena penyakit  ikan arwana juga dapat disebabkan oleh penyakit yaitu borok. Ciri-cirinya adalah munculnya bintik-bintik merah di perut ikan, sisik terlepas mulai dari pangkal ekor, dan sebagian besar kulitnya berwarna kemerah-merahan.

Ikan arwana yang terkena penyakit ini umumnya jua menerangkan kehilangan nafsu makan & stres berkepanjangan. Pengobatan penyakit yg masih dalam stadium pertama mampu dilakukan memakai Tetracicline, Furazan Gold, atau Gold 100 yang berbentuk serbuk. Dosis pemberiannya dimulai berdasarkan 0,lima gram/10 liter air & dikurangi seiring dengan proses penyembuhan. Jika perlu, masukkan pula garam ikan sebanyak 10-25 sendok makan tergantung berukuran akuarium. Terapi ini dilakukan minimal selama lima hari berturut-turut menggunakan mengganti air setiap 24 jam.

Selama proses pengobatan berlangsung, Sangat perlu untuk memberikan pakan yang bergizi kepada ikan tersebut. Di antaranya seperti jangkrik, belalang, dan katak. Hindari memberikan pakan berupa daging ikan untuk sementara waktu. Dikhawatirkan pakan berupa ikan tersebut mengandung bakteri Lernea cyprinacea atau Argullus indicus yang justru dapat memperburuk kondisi kesehatan ikan arwana kesayangan Anda.

Dan yg paling penting jua, harus diperhatikan kondisi kebersihan Aquarium dan kualitas airnya supaya ikan selalu terjaga kesehatannya.

Demikian cara mengatasi sisik ikan arwana kesayangan yg tanggal atau terkoyak, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Video YouTube Ikan Arwana Lepas sisiknya :

Post a comment

0 Comments