Jalak Bali Fauna Identitas Provinsi Bali

DhanyInfo™ - Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang, dengan panjang lebih kurang 25cm, dari suku Sturnidae. Ia turut dikenali sebagai Curik Ketimbang Jalak. Jalak Bali memiliki ciri-ciri khusus, di antaranya memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam. Bagian pipi yang tidak ditumbuhi bulu, berwarna biru cerah dan kaki yang berwarna keabu-abuan. Burung jantan dan betina serupa.

Endemik Indonesia, Jalak Bali hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali. Burung ini jua merupakan satu-satunya spesies endemik Bali & pada tahun 1991 dinobatkan menjadi lambang hewan Provinsi Bali. Keberadaan hewan endemik ini dilindungi undang-undang.

Jalak Bali ditemukan pertama kali dalam tahun 1910. Nama ilmiah Jalak Bali dinamakan berdasarkan pakar hewan berkebangsaan Inggris, Walter Rothschild, sebagai orang pertama yg menggambarkan spesies ini ke global pengetahuan dalam tahun 1912.

Karena penampilannya yg latif & elok , jalak Bali sebagai salah satu burung yg paling diminati oleh para kolektor & pemelihara burung. Penangkapan liar, hilangnya habitat hutan, dan daerah burung ini ditemukan sangat terbatas menyebabkan populasi burung ini cepat menyusut dan terancam punah pada ketika singkat. Untuk mencegah hal ini sampai terjadi, sebagian besar kebun binatang pada semua dunia menjalankan acara penangkaran jalak Bali. Jalak Bali dinilai statusnya menjadi kritis pada pada IUCN Red List serta didaftarkan dalam CITES Appendix I.

Post a Comment

0 Comments