Cendana Flora Identitas Provinsi Nusa Tenggara Timur

D hanyInfo™ - Cendana, atau cendana wangi, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad. Konon di Sri Lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9. Di Indonesia, kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor, meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.

Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang buat mendukung pertumbuhannya, lantaran perakarannya sendiri nir sanggup mendukung kehidupannya. Lantaran prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan.

Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka & harganya sangat mahal. Kayu yg asal menurut wilayah Mysoram di India selatan umumnya dipercaya yang paling rupawan kualitasnya. Di Indonesia, kayu cendana dari Timor pula sangat dihargai. Sebagai gantinya sejumlah ahli aromaterapi & parfum menggunakan kayu cendana jenggi (Santalum spicatum). Kedua jenis kayu ini tidak selaras konsentrasi bahan kimia yg dikandungnya, & oleh karenanya kadar harumnya pun tidak selaras.

Kayu cendana dipercaya sebagai obat alternatif buat membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana, yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni, dipakai terutama untuk penyembuhan cara Ayurveda, dan buat menghilangkan rasa cemas.

Di Indonesia, kata "Cendanadanquot; seringkali dipakai oleh pers buat menyebut sesuatu yang berkaitan dengan Soeharto, presiden R.I. Yg ke 2, dan orang-orang dekatnya. Alasannya karena tempat tinggal langsung Soeharto bersama beberapa anaknya terletak di Jalan Cendana, Jakarta Pusat.

Ditinjau dari bahasa Belanda (sandelhout) & bahasa Inggrisnya (sandalwood), kayu cendana diyakini asal dari NTT khususnya Pulau Sumba. Hal ini bisa dilihat dari julukan Pulau Sumba, Sandalwood Island. Julukan ini dibawa turun temurun berdasarkan zaman penjajahan Jepang & Belanda hingga sekarang.

Post a Comment

0 Comments