Cara Merawat Kelinci Agar Tetap Sehat

DhanyInfo™ - Ketemu lagi sama mas dhany nih...kali ini mau membahas mengenai cara merawat kelinci agar tetap aktif dan sehat, apalagi saat musim hujan kelinci mudah sekali terserang penyakit. Kelinci dulunya merupakan hewan liar yang hidup di daratan afrika dan eropa, namun seiring waktu dan perkembanganya sekarang kelinci menjadi salah satu hewan peliharaan faforit keluarga.

Cara Merawat Kelinci

Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, pada antaranya Angora, Lyon, American Chinchilla, Dutch, English Spot, Himalayan, dan lain-lain. Khusus Lyon sebenarnya adalah output dari persilangan luar antara Angora dengan ras lainnya. Adapun kelinci lokal yg ada pada indonesia merupakan kelinci jawa dan kelinci sumatera. Oke eksklusif saja ya cara merawat fauna lucu yg satu ini, Ini tips dari mas dhany, simak baik-baik.

Apa hal pertama yg harus disiapkan ?

Kalau telah punya kelinci, hal pertama yg harus disiapkan merupakan sangkar/rumah buat si kelinci. Kenapa hal ini sangat krusial? Kandang merupakan loka buat kelinci beristirahat dan berteduh ketika siang hari dan loka menghangatkan diri saar hujan atau cuaca dingin. Sangkar pula merupakan loka yang penting supaya kelinci bisa berkembang biak dengan baik suatu saat jikalau beliau dewasa. Usahakan sangkar kelinci relatif luas dan masih ada banyak ventilasi udaranya agar kelinci selalu menghirup udara segar. Bahan sangkar yg paling baik merupakan menurut kayu dan bambu, namun kini pada petshop pula menjual kandang besi yg tentunya aman buat kelinci. Hal yang nir boleh terlupakan adalah memberi rumput kemarau atau kain halus menjadi alas kandang kelinci.

Cara Merawat Kelinci

Apa kuliner terbaik buat Kelinci ?

Makanan primer kelinci merupakan Sayur-sayuran segar, Wortel, kangkung dan rumput. Tetapi anda sanggup memberikanya selingan antara lain konsentrat dan pelet spesifik buat hewan kecil ini. Cuci bersih dulu sayuran sebelum diberikan pada kelinci, terdapat baiknya mendiamkan dulu apabila sayuran yg baru menurut kulkas, dikarenakan supaya sayuran itu sendiri tidak terlalu dingin ketika dimakan kelinci.

Cara Merawat Kelinci

Apa hal krusial yang wajib dijauhkan dari Kelinci ?

Hal ini sangatlah krusial agar kelinci anda permanen kondusif & sehat, hal yang harus dijauhkan berdasarkan kelinci diantaranya hewan lain yang mungkin akan jadi gangguan kelinci, diantaranya kucing, anjing, dan tikus. Tetapi anda juga harus memperhatikan kelinci merupakan hewan yg senang menggigit benda yang terdapat disekitarnya, jadi jauhkan berdasarkan barang-barang yang terbuat berdasarkan besi, bahan kimia, elektronik, dan zat berbahaya yang sanggup mengganggu kesehatan kelinci.

Bagaimana perawatan kelinci sehari-hari ?

Cara berdasarkan mas dhany ini gampang kok, ekonomis saat & porto. Perawatan kelinci sehari-hari sangatlah gampang. Inti berdasarkan perawatan kelinci merupakan kebersihan antara lain kebersihan kandang dan kebersihan makanan. Bersihkan kandang kelinci dua atau tiga hari sekali tetapi bila anda punya ketika membersihkan setiap hari, itu jauh lebih baik. Berikan makan kelinci dengan porsi yang secukupnya dan majemuk supaya gizi buat kelinci dapat terpenuhi, hadiah multivitamin spesifik kelinci juga sangat baik buat kekebalan tubuh dan kehesatanya. Ajaklah kelinci bermain diluar kandang, biarlah dia bermain sesuka hatinya, sangat nir bijak jika kelinci hanya di taruh dalam sangkar sehari-hari, bagi saya kandang hanya tempat kelinci buat beristirahat, jika anda punya halaman atau taman yang poly rerumputan, kelinci sangat senang dan nyaman bermain ditempat seperti itu. Jadi rawatlah kelinci sebaik dan sehalus yg anda bisa. Sebaiknya memelihara kelinci jangan hanya satu saja, sepasang akan lebih baik.

Itulah sedikit cara buat merawat kelinci berdasarkan mas dhany, tidak susah kan?Hehe..Merawat fauna peliharaan apapun bukan karena caranya ataupun makananya wajib yg mahal agar hewan peliharaan kita selalu sehat dan menyenangkan. Namun perawatan yg lembut & penuh kasih sayanglah yg membuatnya selalu menyenangkan setiap hari-harinya. Jadi apapun caranya jika kita tetalen dan sahih-benar tau apa yang hewan peliharaan kita mau, pasti akan selalu aktif dan sehat. Sampai ketemu di postingan mas dhany selanjutnya...

Post a comment

0 Comments