Cara Merawat Burung Kacer Mbagong Versi DhanyInfo™ Part 2

DhanyInfo™ -Assalamualaikum salam GoGreen, Selamat malam sobat kicaumania di seluruh nusantara. sudah lama saya tidak update post di blog sederhana ini. malam ini saya akan memberikan sedikit referensi tentang Merawat dan Mengatasi Kacer Mbagong, Mbalon, Mbedesi, dan istilah lain yang umum di dunia kicau mania.

Burung Kacer, Mbagong, Mbalon, Mbedesi, Nangkur, Kacer, Kacer Jawa

Sebelumnya ini adalah lanjutan postingan saya tentang Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong Versi DhanyInfo™ Part 1 , Perlu dipahami bahwa banyak sekali penyebab burung kacer mbagong dalam hal ini mengetahui penyebab awal dan utama adalah kunci keberhasilan dalam mengatasinya. meskipun tidak bisa kita pungkiri bahwa kacer mbagong masih tetap menjadi misteri bagi para pecinta kacermania. setelah banyak membaca artikel tentang All About Oriental Magpe Robin sayapun mencoba menangkarkan kacer dengan skala kecil hanya 1 kandang berisikan 1 pasang kacer, disamping eksperimen mencari tahu tentang misteri kacer mbagong. Karna jujur dari semua Burung kicau di nusantara saya paling suka kacer, dan saya berusaha fokus untuk mencari tahu lebih tentang jenis burung yang 1 ini.

Penjemuran salah 1 Cara merawat kacer mbagong

Berbagai Tips dan Trik tentu sudah banyak di majalah, buku apalagi internet yang dengan mudah kita bisa baca, dengan cara biasa sampai luar biasa dan ekstrim. sayapun pernah mencoba memberikan kacer dengan kelabang dan undur-undur namun tidak begitu terlihat efek dalam mengatasi kacer mbagong. Mbagong adalah sifat alamiah burung kacer, tentu banyak sebab kacer bisa mbagong. sedikit pendapat mengenai kacer mbagong menurut pengamatan saya :

  • Burung Muda : Kacer dalam usia muda sudah tentu mental masih belum stabil. indikasi burung kacer muda adalah saat ditrek saat latberan ataupun lomba biasanya burung ngotot di awal permainan dan gembos ditengah-tengah waktu. belum bisa mengontrol emosi dan stamina saat dilombakan, saran saya jangan menurunkan burung usia muda dalam latber atau lomba, kacer merupakan burung fighter, dan dalam jenis ini usia burung berpengaruh 70% dalam pematangan mental burung itu sendiri. latihlah burung anda sedikit-sedikit dengan 2 atau 3 kacer saja, ada baiknya dilatih dengan dijejerkan dengan burung kecil seperti kenari,pleci,ciblek dan prenjak. disamping untuk melatih mental burung tanpa membuat mental burung down sekaligus sebagai masteran untuk kacer.
  • Burung Jinak : Burung terlalu jinak bagus menurut saya, karna mudah untuk melatih mental agar semakin kuat dan baik. namun anda pasti tahu, burung kacer tidak perlu terlalu jinak bagi anda yang suka ikut latberan dan lomba tentu lebih memilih burung kacer yang semi jinak/jinak lalat. yang terpenting burung tidak takut dengan keramaian. Burung jinak identik dengan burung manja, kalau kacer sudah manja jangankan bertemu kacer lain, bertemu empunya udah ngacir cir cir...alias mbagong.hehehe...burung seperti ini menurut saya sudah tidak bisa untuk di lombakan, namun anda jangan berkecil hati jika terlanjur memiliki burung seperti ini karna apa certainly no shortage of excess, ya..dalam semua kekurangan pasti ada kelebihan. burung seperti ini dari segi gacor sudah tentu sangat gacor dalam keseharianya. jadi bagi anda yang mempunyai kacer hanya untuk klangenan opsi burung seperti ini sangatlah cocok bagi anda.
  • Perawatan yang Salah : Yakin kalau perawatan pada kacer anda sudah benar dan pas untuk kacer anda? cobalah lebih dalam mengetahui karakteristik dan mengenal burung anda. karna dari semua burung berkicau pasti memiliki perbedaan karakter layaknya mahluk hidup yang lain. tidak ada salahnya coba merubah porsi EF dan jemur, bahkan mandi,dll. lihat perbedaan dari masing-masing treatmen yang telah dilakukan. meskipun mungkin tidak semudah membuat kopi terlalu pahit lalu kita tambahkan gula, atau membuat sayur kurang asin lalu kita tambah garam,bukan semudah itu memang. namun setidaknya kita memiliki referensi pribadi mengenai burung kacer yang kita miliki. dengan penyebab yang telah diketahui dan penanganan yang pas tentu itu poin utamanya.
  • Kondisi Burung : Bukan hanya burung kacer jantan saja yang bisa mbagong, melainkan mbagong lebih sering dilakukan oleh burung betina. itu adalah berbagai bentuk ekspresi suasana kondisi burung itu sendiri. dalam hal ini menurut pengamatan saya, mbagong dilakukan oleh kacer bukan hanya saat bertemu lawan ataupun dalam situasi terancam, melainkan bisa memperlihatkan kacer dalam keadaan senang. pernah saya alami oleh salah satu kacer betina milik saya sendiri, saat melihat kucing didepan kandang si betina mbagong diselingi suara khas burung kacer, ada lagi suatu waktu saat saya mau memberi makan jangkrik dengan tangan si betina mendekat dengan mbagong. mungkin itu sedikit pengalaman saya yang mungkin juga pernah anda alami selama merawat burung kacer. jika hal seperti ini terjadi dan anda ingin ikut latber bahkan lomba ada baiknya burung dibiasakan dulu dengan suasana lomba, hal itu diperuntukkan agar burung kacer tau dan terbiasa saat lomba dia harus berkicau atau mbagong atau malahan ikut lomba hanya melihat burung makan saja..mending dirumah aja hahaha...okelah kalau mbagong saat dirumah ingin manja dengan majikanya, namun burung diharap tahu saat lomba tidak melakukan hal itu.

Mungkin seperti itulah sedikit pengalaman saya, mungkin masih banyak kekurangan ataupun ketidak sesuaian mohon dimaklumi. Semoga dapat menambah pngetahuan dan referensi dalam merawat burung kesayangan anda, dan lain waktu akan saya buat postingan kelanjutanya...Salam GoGreen.

Post a comment

0 Comments