20 Daftar Buah Yang Mengandung Vitamin A, Wajib Konsumsi Setiap Hari

Buahpedia.com – Vitamin A adalah vitamin yang memiliki fungsi penting bagi tubuh, terutama berkaitan dengan penglihatan, sistem kekebalan tubuh, dan pertumbuhan sel.

Vitamin A mampu kita dapatkan menurut banyak sekali jenis buah-buahan. Lantas, apa saja jenis butir yg mengandung vitamin A? Apa jua manfaat vitamin A bagi kesehatan?

Manfaat Buah yg Mengandung Vitamin A

Hampir setiap jenis butir-buahan mengandung vitamin A, hanya kadarnya yg tidak sinkron satu sama lain.

buah-yang-mengandung-vitamin-a
Melon merupakan butir dengan kandungan vitamin A tertinggi.

Manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh sangatlah poly, pada antaranya menjaga kesehatan mata, merawat kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga sistem reproduksi, membantu pertumbuhan sel, dan menangkal radikal bebas.

Selain itu, butir yg mengandung vitamin A pula dianggap mampu menangkal serangan radikal bebas, pun mencegah keluarnya penyakit-penyakit serius misalnya kanker dan jantung.

20 Daftar Buah Yang Mengandung Vitamin A

Melihat banyaknya manfaat menurut butir yang mengandung vitamin A, alangkah baiknya jika mulai kini Anda secara rutin mengonsumsi butir-buah tadi.

Berikut ini butir yg mengandung vitamin A yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

1. Apel

Buah dengan kulit berwarna merah (ada jua warna hijau) ini memiliki kandungan vitamin A sebanyak 58 IU untuk setiap 100 gr-nya.

Adanya kandungan vitamin A dalam buah apel mengakibatkan buah satu ini berguna buat merawat keseahatan tubuh, seperti mata & kulit.

Selain itu, apel jua mengandung poly antioksidan dan fito nutrient yg berfungsi buat menangkal radikal bebas.

2. Anggur

Rasanya hampir semua orang menyukai buah yg satu ini. Dengan rasa yang cantik asam & menyegarkan, anggur pula merupakan galat satu jenis buah yang mengandung vitamin A dan baik buat kesehatan.

Anggur yg dijuluki sebagai ?Ratu butir-buahan? Ini mengandung 66 IU vitamin A per 100 gr-nya.

Tidak hanya vitamin A, anggur ternyata mengandung sejumlah jenis vitamin lainnya seperti vitamin C, E, K, mineral, fitro nutrient, & elektrolit.

3. Kiwi

Masih seputar butir dengan rasa asam, selanjutnya adalah kiwi. Buah menggunakan daging berwarna hijau ini kandungan vitamin A-nya jua mampu dikatakan relatif buat memenuhi kebutuhan vitamin A harian kita.

Setiap 100 gr buah kiwi mengandung 87 IU vitamin A.

Di samping vitamin A, butir kiwi adalah buah yang mengandung sejumlah zat bergizi lainnya seperti vitamin C, E, K, mineral, dan fito chemical.

Banyak-banyaklah mengonsumsi kiwi jika ingin mata Anda sehat.

4. Mangga

Mangga mengandung 0,5 mg vitamin A pada setiap 100 gr-nya. Manfaat butir mangga sangat banyak, misalnya menjaga kesehatan mata, dan merawat kulit.

Buah mangga rasanya manis, dan rendah serat. Meskipun menyehatkan, sebaiknya tidak mengonsumsi  mangga lebih dari 2 buah per harinya. Ini berlaku terutama untuk Anda yang memiliki penyakit diabetes.

Berkonsultasi ke dokter terkait terlebih dahulu adalah langkah sempurna sebelum Anda menetapkan ingin mengonsumsi mangga secara rutin.

5. Nangka

Sebagai buah tropis, nangka dapat menggunakan gampang kita jumpai di Indonesia. Nangka merupakan buah yg mengandung vitamin A menggunakan jumlah tinggi, yakni 110 IU per 100 gram.

Mengkonsumsi buah nangka secara rutin dapat merawat kesehatan mata dan kulit.

Nangka jua mempunyai kandungan sejumlah zat bergizi lainnya, seperti kalsium, potasium, & fosfor.

6. Jeruk

Jeruk identik menggunakan vitamin C. Padahal, butir berwarna oranye ini jua termasuk buah yang mengandung vitamin A. Untuk setiap 100 gram, jeruk mengandung 225 IU vitamin A.

Manfaat vitamin A dalam jeruk sangat poly, seperti merawat kesehatan mata dan kulit, menagkal radikal bebas, dan mempertinggi sistem kekebalan tubuh.

7. Jambu Biji

Manfaat jambu biji bagi kesehatan sangat banyak. Jambu biji mengandung vitamin A sebesar 624 IU per 100 gram.

Selain itu, buah ini pula mengandung zat antioksidan, mineral, & rendah kalori sehingga cocok buat dikonsumsi Anda yg tengah berdiet.

8. Pepaya

Selama ini, butir pepaya dikenal mempunyai khasiat buat melancarkan pencernaan berkat kandungan vitamin C yang dimiliki.

Ternyata, buah yg dagingnya berwarna oranye ini pula merupakan butir vitamin A, lho. Bahkan, kandungan vitamin A dalam buah pepaya juga tinggi, kurang lebih 950 IU.

9. Melon

Tak disangka, melon adalah butir dengan kandungan vitamin A yg sangat tinggi, yakni 3382 IU. Selain itu, melon jua adalah butir yang rendah kalori.

Jadi, Anda yang tengah pada program menurunkan berat badan baiknya sering-acapkali mengonsumsi lemon ini, ya.

10. Aprikot

Setiap 100 gram aprikot mengandung 1926 IU vitamin A, berakibat buah ini sebagai keliru satu surat keterangan terbaik bagi Anda yang ingin mengonsumsi butir vitamin A.

Kandungan vitamin A pada buah aprikot bisa berkontribusi terhadap 64 persen kebutuhan vitamin A harian.

Aprikot adalah butir yang jua berkalori rendah sehingga cocok buat dimasukkan ke dalam galat satu sajian diet Anda.

11. Markisa

Biasa kita jumpai pada bentuk sirup, markisa menyimpan manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh. Untuk setiap 100 gr markisa, terdapat kandungan vitamin A sebesar 1274 IU.

Buah markisa jua kaya akan kandungan mineral dan serat yg berfungsi buat melancarkan sistem pencernaan.

12. Tomat

Kandungan vitamin pada setiap 100 gram tomat mencapai nomor 642 IU. Buah tomat baik buat kesehatan mata. Selain itu, buah berwarna merah ini mempunyai kandungan lycopene & rendah kalori.

13. Semangka

Sekitar 19 persen dari total kebutuhan vitamin A harian sanggup Anda dapatkan dari butir semangka. Buah yang kaya akan air dan lycopene ini mengandung lebih kurang 569 IU vitamin A per 100 gram.

Selain berguna buat menjaga kesehatan mata, semangka pula dipercaya mampu mencegah kanker ekspresi dan kanker paru-paru.

14. Kurma

Siapa yg tidak kenal butir satu ini? Saat bulan Ramadhan, hampir semua yang menjalani ibadah puasa berakibat kurma sebagai takjil ketika berbuka puasa.

Di samping cita rasanya yang lezat , butir kurma jua sehat bagi tubuh lantaran mengandung vitamin, termasuk vitamin A. Dalam 100 gr kurma, masih ada 149 IU vitamin A.

Kandungan fruktosa dekstrosa pada kurma juga menjadikan buah ini sanggup menjadi asal energi.

15. Alpukat

Alpukat biasa kita konsumsi sebagai juz atau campuran es butir. Tahukah Anda jikalau butir dengan warna daging hijau ini jua merupakan buah yang mengandung vitamin A? Untuk setiap 1 butir alpukat, terdapat kurang lebih 146 IU vitamin A di dalamnya.

16. Blewah

Selain kurma, blewah jua jadi galat satu buah yang poly ditemui ketika bulan puasa. Rasanya yg segar menciptakan blewah cocok buat dijadikan sajian berbuka puasa.

Kandungan vitamin A pada pada butir blewah mencapai 1,69 gram buat setiap 100 gr-nya.

Selain menjaga kesehatan mata, buah yang mengandung vitamin A ini pula bisa mencegah radikal bebas karena jua mengandung zat antioksidan.

17. Kesemek

Buah kesemek dikenal rendah lemak & kaya serat. Buah kesemek pula merupakan butir yg mengandung vitamin A, yakni lebih kurang 81 IU per 100 gr.

Mengkonsumsi buah kesemek bisa menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, dan merawat kulit.

Anda yg memiliki masalah sistem pencernaan atau sedang diet pula kiranya harus berakibat kesemek menjadi keliru satu menu sehat harian.

18. Nanas

Rasanya yg asam membuahkan nanas poly digemari orang, mungkin termasuk Anda keliru satunya. Selain mineral, folat, dan potasium, nanas jua adalah butir vitamin A menggunakan kadar 58 IU per 100 gram.

19. Persik

Persik adalah butir yg mengandung vitamin A & masuk ke pada jenis butir genus prunus. Kandungan vitamin A dalam buah persik mencapai 326 IU per 100 gram.

Selain itu persik memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi, yaitu 1814 TE sebagai akibatnya efektif menangkal radikal bebas.

20. Labu

Terakhir, ada buah labu. Buah yang acapkali dijadikan dekorasi pesta Halloween ini pula memiliki kandungan vitamin A, yaitu 217 IU per 100 gram.

Angka ini sudah memenuhi 36 persen berdasarkan total kebutuhan vitamin A harian. Labu pula mengandung mineral yg berguna poly bagi kesehatan tubuh.

Dari daftar butir vitamin A pada atas, hampir seluruh buah-buahan tadi bisa kita temukan dengan gampang di Indonesia.

Jadi, nir terdapat alasan bagi Anda buat kekurangan vitamin A. Semoga bermanfaat!

Sumber: doktersehat

Post a comment

0 Comments