12 Daftar Jenis Buah Untuk Menurunkan Asam Urat

Dhanyinfo.com - Karena nyeri asam urat sifatnya kambuhan, maka Anda perlu benar-benar memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Ingat lagi bahwa asam urat dapat dipicu oleh makanan tertentu seperti daging, ikan, atau sayuran hijau seperti bayam, maka menu makanan penderita asam urat harus dikontrol.

buah untuk asam urat

Demikian juga dalam memilih buah. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar kebaikan buah bisa diperoleh secara maksimal tanpa menyebabkan kambuhnya asam urat.

Jenis kandungan nutrisi buah buat mengatasi asam urat meliputi :

1. Buah Dengan Kandungan Purin Rendah

Penyakit asam urat atau gout sangat erat kaitannya menggunakan berlebihnya kadar asam urat pada darah. Kadar asam urat yang tinggi serta ketidakmampuan tubuh mengeluarkan purin dari tubuh dalam bentuk urin, merupakan dua kombinasi pencetus serangan asam urat.

Sementara itu, kelebihan asupan purin akan mengakibatkan naiknya asam urat. Karena itulah, butir buat asam urat tentunya harus yg rendah purin.

Meskipun secara umum buah-buahan mengandung sedikit purin, namun ada beberapa jenis buah yang berada pada urutan teratas dengan kandungan purin yang sedikit. Sebaiknya pilihlah jenis buah yang kandungan purinnya tidak lebih dari 50 mg per 100 gram buah.

Dua. Buah Kaya Serat

Serat sangat baik untuk menjaga kesehatan secara umum dan hampir setiap jenis buah kaya kandungan serat. Menurut penelitian di Universitas Maryland Medical Center, mengonsumsi serat 25-40 gram per hari sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan sendi penderita asam urat.

Tetapi, pemilihan butir kaya serat tetap harus memperhatikan poin sebelumnya, yaitu wajib rendah purin.

Tiga. Buah Kaya Fitonutrien

Sebagian besar butir mengandung senyawa kimia flavonoid. Senyawa ini bersifat antioksidan yang mampu membantu menangkal radikal bebas.

Seperti diketahui, radikal bebas dapat masuk melalui pencernaan maupun paparan langsung dari lingkungan dan dapat mengganggu kesehatan.

Akumulasi radikal bebas dalam tubuh dapat mengganggu fungsi sel-sel, termasuk mengakibatkan peradangan.

Dengan berkurangnya pengaruh buruk peradangan, termasuk karena serangan asam urat.

Nah sis, selesainya mengetahui kriteria atau jenis-jenis buah buat asam urat, Anda mungkin masih resah menentukan butir apa saja yang baik dikonsumsi.

Berikut ini merupakan daftar pilihan butir buat mengatasi asam urat yang mampu anda coba :

1. Buah Zaitun

Buah satu ini memang dikenal poly khasiat kesehatan, tidak terkecuali buat penderita asam urat. Kandungan antioksidan, anti inflamasi, & kaya akan asam lemak tak jenuh mampu membantu tubuh menurunkan kadar asam urat yg terlalu tinggi.

Dua. Buah Ceri

Buah satu ini dipercaya sebagai makanan penurun asam urat paling favorit karena cita rasanya yang menyegarkan. Menurut penelitian, ceri memiliki manfaat untuk menurunkan risiko ?Gout?, gangguan yang terkait dengan kadar asam urat yg tinggi.

3. Buah Berry

Beberapa jenis buah yang termasuk kelompok berries seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan cranberry sangat baik untuk tubuh, khususnya sebagai makanan penurun asam urat. Antioksidan yang terkandung di dalamnya sudah tak diragukan lagi, Parents.

4. Buah Anggur

Buah anggur dikenal sebagai buah yang kaya kalium, vitamin C, senyawa bioflavonoid, juga rendah kandungan purin. Menambahkan buah ini dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu menurunkan asam urat dan meredam nyeri akibat asam urat.

Lima. Buah Jeruk Manis

Buah menggunakan kombinasi rasa cantik, asam, dan segar ini relatif tak jarang menghiasi ruang makan menjadi butir meja. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi, kaya akan senyawa fenolik, beta-karoten, dan likopen yang bersifat antioksidan membuat buah ini baik untuk penderita asam urat.

6. Buah Kurma

Kurma juga merupakan salah satu jenis buah untuk asam urat karena mengandung rendah purin. Kandungan seratnya yang tinggi juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan sendi.

7. Buah Lemon

Asam & segar, buah satu ini telah cukup terbukti menurunkan asam urat pula kadar kolesterol jahat pada darah yg terlalu tinggi. Kandungan vitamin C-nya mampu melarutkan asam urat yang terdapat pada darah, lalu mengeluarkannya melalui urin.

8. Buah Tomat

Kaya akan antioksidan, tomat sebagai kuliner penurun asam urat yg sangat direkomendasikan buat dikonsumsi setiap hari. Tomat memiliki sifat alkali alami, khususnya saat bercampur dalam darah. Sifatnya ini bisa menurunkan kadar asam urat secara terpola.

9. Buah Pisang

Buah ini tentu sangat familiar bagi rakyat Indonesia, pisang kaya akan potasium, antioksidan, & vitamin C. Kandungannya itu membantu tubuh menurunkan kadar asam urat pada darah jika dikonsumsi secara rutin.

10. Buah Apel

Cara menurunkan asam urat menggunakan memakan buah apel, tentunya Anda nir perlu risi terkena asam urat sebab kandungan yg ada didalamnya berperan menetralkan tingginya kadar asam urat dalam darah.

11. Buah Delima

Kali ini Anda juga sanggup mengkonsumsi butir delima, butir yg memiliki rasa yg khas ini ternyata berfungsi mengurangi plak dalam arteri yg mengakibatkan asam urat tinggi sebagai akibatnya sangat cocok dijadikan menjadi kuliner untuk penderita asam urat.

12. Buah Alpukat

Buah lain yg sangat cantik untuk kesehatan asam urat adalah buah alpukat. Diketahui, butir alpukat ini memiliki kandungan gula yang sedikit jadi sangat cocok dikonsumsi oleh orang yg sedang diet.

Post a Comment

0 Comments