Jelajah Nusantara : Tugu Keberagaman Adat dan Suku Mayarakat Tulang Bawang

Provinsi Lampung selain mempunyai pulau yg dilingkupi oleh perairan yang luas, lampung jua memiliki dataran tinggi yang luas.

Lantaran letak geografisnya yang indah tersebutlah banyak menurut masyrakat lebih kurang memamfaatkannya menjadi huma buat pertanian dan perkebunan.

Dari jaman dahulu lampung memang dikenal menjadi loka transmigrasi berdasarkan berbagai daerah indonesia, nir heran bila di lampung poly terdapat masyarakat yg miliki norma istiadat serta kepercayaan yg sangat beragam.

Tugu Keberagaman Adat & Suku Mayarakat Tulang Bawang

cakat raya lampung
cakat raya lampung via insta @ricoramandap
Salah satu yang paling mencolok dari keberagaman tersebut adalah biasanya masyarakatnya yang bertransmigrasi selalu membuat sebuah desa dengan berkelompok di setiap desanya.

Masyarakat yang berada pada provinsi lampung sangat beragam mulai dari suku, jawa, batak, bali, sunda & yang pastinya merupakan suku lampung itu sendiri.

Perkembangan zaman yg semakin maju menciptakan gerak pembangunan semakin cepat, sebagai model, di lampung kini telah di bangun beberapa fasilitas generik misalnya akses jalan tol trans sumatera dan rel kereta barah.

Majunya pembangunan tadi tentu menciptakan wilayah tersebut akan semakin maju nantinya.

Kabupaten Tulang bawang mempunyai luas lebih kurang 3.466.22 kilometer persegi yang memiliki wisata bersejarah pada kawasan cakat raya tepatnya di kampung menggala cakat raya kecamatan menggala timur.

Lokasi Tugu Keberagaman Adat & Suku Mayarakat Tulang Bawang

Di daerah tadi di bangun beberapa miniatur-miniatur berdasarkan norma, budaya yang berada pada daerah tulang bawang.

Di tempat cakat raya yang luasnya tiga.Lima hektar tadi pada bangun aneka macam bangunan-bangunan menjadi sikap toleransi antar umat beragama.

Bangunan itu terdapat yang berbantuk misalnya rumah istiadat batak toba, jogo dan rumah minang. Disana jua dibangun sebuah replika dari candi prambanan dengan 9 x 10 meter dan tinggi mencapai 12 meter.

Untuk lokasi cakat raya ini tidak jauh berdasarkan jalan akbar, jika anda mengalami kesulitan pada menemukannya, anda bisa memakai teknologi yaitu google maps di jamin sampe tujuan.

Semoga wisata anda dan keluarga nyaman dan aman.

Post a comment

0 Comments