Jelajah Nusantara : Pantai Tanjung Tua Bakauheni Wisata Indah Yang Tersembunyi

Siapa sih yang tidak memahami Bakauheni. Bakauheni merupakan sebuah Kecamatan pada salah satu Kabupaten Lampung Selatan. Mendengar istilah Bakauheni pasti tebakan anda tertuju dalam pelabuhan penyebrangan kapal ferry ya.

Bakauheni adalah Sebuah kecamatan pada Kabupaten Lampung selatan yang sebagai sentra hilir pulang kampung para pengunjung yang ingin berkunjung ke Lampung.

Bakauheni adalah ujung atau titik nol berdasarkan pulau sumatera, lantaran seluruh aktifitas atau keluar masuk barang & orang barawal berdasarkan pelabuhan Bakauheni.

Selain dikenal menggunakan pelabuhan penyebrangan, ternyata Bakuheni jua menyimpan keindahan-keindahan tempat wisata.

Sebut saja satu tempat wisata yg sudah dikenal oleh banyak orang yaitu wisata Menara Siger. Saat anda tiba menurut pelabuhan penyebrangan Merak, anda niscaya melihat sebuah Menara berbentuk Siger yang sempurna berdiri diatas bukit, ya itu adalah wisata Menara Siger.

Baca Juga: Pantai Belebuk Bakauheni Menyimpan Sejuta Keindahan dari Ujung Lampung

Bukan hanya Menara Siger, di Bakauheni jua banyak menyimpan estetika wisata bahari. Salah satu nya merupakan Pantai Belebuk dan Pantai Tanjung Tua. Tetapi, wisata yang akan kita bahas kali ini merupakan wisata pantai Tanjung Tua.

Pantai Tanjung Tua

Pantai tanjung tua bakauheni
Pantai tanjung tua bakauheni

Pantai Tanjung Tua adalah pantai yang berada pada Kecamatan Bakauheni. Pantai Tanjung Tua memiliki struktur yang tidak selaras menggunakan pantai pada umumnya. Pasir yang terdapat di pantai Tanjung Tua relative lebih sedikit, & lebih banyak pada bebatuan-bebatuan akbar yg ada di bibir pantai.

Pantai Tanjung Tua terlihat masih sangat alami hal tersebut dapat ditinjau menurut beberapa view pada lokasi tempat wisata ini. Kealamian tadi bisa dilihat dari banyaknya pepohonan besar yang tumbuh pada sekitaran pantai.

Bebatuan yg terdapat pada tepi pantai Tanujung Tua sangat indah, berbentuk misalnya karang-karang yg terdampar. Namun terlihat sangat cantik & dagi.

Pantai tanjung tua
Pantai tanjung tua

Bukan hanya bebatuan di tepi pantainya yang latif, namun Pantai Tanjung Tua juga mempunyai struktur bebatuan yg berlapis-lapis dan latif. Tebing yang terdapat pada ujung pantainya jua menjadi spot yg sangat menarik buat berfoto.

spot foto yang indah di Pantai tanjung tua
spot foto yang indah di Pantai tanjung tua

Air laut di Pantai Tanjung Tua terlihat sangat biru, itu menandakan bahwa laut itu dalam. Bukan hanya itu, arus di Patai Tanjung Tua juga sangat kuat. Namun bagi sebagian pemacing, ini menjadi spot yang sangat menarik karena pada umumnya ikan-ikan besar biasanya hidup di air yang memiliki arus kuat serta dalam.

Lokasi & rute menuju Pantai Tanjung Tua

Pantai tanjung Tua terletak di ujung desa Pantai Tanjung Tua Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Lokasinya yang jauh membuat pengunjung cukup sulit untuk menuju lokasi Pantai Tanjung Tua.

Namun kamu damai saja jika ingin berkunjung ke Pantai Tanjung Tua kamu bisa mengikuti petunjuk yg terpasang pada jalan.

penunjuk arah ke Pantai tanjung tua
penunjuk arah ke Pantai tanjung tua

Medan menuju Pantai Tanjung Tua memang masih terbilang ekstrim, dimana jalan tersebut memiliki tanjakan yang cukup curam dan terjal. jalannya memang sudah di cor atau di semen, namun jalan tersebut hanya dapat dilalui oleh sepeda motor, mengingat lebar jalanya hanya 70 cm.

Untuk Mancapai Lokasi Pantai Tanjung Tua atau Rute menuju Pantai Tanjung Tua dapat di lalui dari pelabuhan Bakauheni (bagi pengunjung yang datang dari luar kota).

Jika anda tiba dari pelabuhan Bakauheni, ikuti jalan Trans Sumatera, lalu sehabis hingga di Desa Way Apus, belok kiri.

Ikuti terus jalan itu sampai anda di bawa melewati jalan pada bawah jembatan tol sumatera. Setelah hingga di pertigaan loka cucian motor, ambil jalan ke arah kanan. Lalu ikuti terus jalan tadi hingga bertemu menggunakan penunjuk arah Pantai Tanjung Tua, dan masih lurus terus.

lokasi Pantai tanjung tua
lokasi Pantai tanjung tua

Sesampainya pada ujung jalan ber aspal, anda akan menemukan 2 penunjuk arah.Dimana penujuk arah tersebut berlawanan. Ternyata ada 2 jenis loka wisata Pantai Tanjung Tua yang ada pada Bakuheni, tetapi yang akan kami review adalah Wisata Pantai Tanjung Tua yang penujuk arahnya ke kanan (rona merah).

Ikuti terus jalan mini tadi sampai anda melewati jembatan dan turunan yang terjal. Anda juga akan di bawa melewati kebun coklat, jagung dan pisang.

Pantai tanjung tua
Pantai tanjung tua

Setelah berjalan selama 45 mnt akhirnya anda akan hingga di Pantai Tanjung Tua. Rasa lelah anda pribadi terbayar waktu menyaksikan keindahan-estetika di Pantai Tanjung Tua.

Biaya Tiket Masuk pada Pantai Tanjung Tua

Harga tiket masuk di Pantai Tanjung Tua diambil perjenis kendaraan, dimana pengelola tidak mengambil tiket untuk orang, melainkan mengambil tiket pada biaya kendaraan.

pintu masuk ke Pantai tanjung tua
pintu masuk ke Pantai tanjung tua

Untuk tiket masuk tunggangan bermotor umumnya dikenakan biaya lebih kurang Rp. 10.000,-. Tiket tersebut hanya berlaku buat tunggangan bermotor, lantaran kendaraan roda empat tidak bisa masuk ke lokasi pantai.

Jam oprasional di Pantai Tanjung Tua mulai beroparasi dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Fasilitas pada Pantai Tanjung Tua

Pantai Tanjung Tua memang mulai dikembangkan sejak akhir tahun 2016 lalu. Banyaknya pengujung yang datang untuk berlibur ke Pantai Tanjung Tua membuat pengelola menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang yang dapat digunakan oleh pengunjung, seperti:

1. Rumah Anjungan

anjungan di Pantai tanjung tua
anjungan di Pantai tanjung tua

Anjungan tersebut berdiri tiga taraf yang berada di tepi pantai. Dimana disetiap tingkatnya dapat dinaiki pengunjung buat melihat pemandangan atau hanya untuk berfoto.

2. Rumah Pohon

Terdapat Rumah Pohon di tepi pantai. Banyaknya pohon-pohon akbar pada tepi pantai nampaknya di mamfaatkan oleh pengelola untuk menciptakan tempat tinggal pohon.

Tiga. Toilet

Untuk kebersihan pengelola juga menyediakan toilet buat pengunjung.

4. Batu Bertulis

batu tulis di Pantai tanjung tua
batu tulis di Pantai tanjung tua

Banyak batu-batu yang dihias menggunakan tulisan. Tulisan-tulisan itu dalam biasanya berisi istilah-kata yang menghibur & inspiratif, atau bahkan berisi himbauan.

5. Ayunan

ayunan di Pantai tanjung tua
ayunan di Pantai tanjung tua

Pengelola Pantai Tanjung Tua jua menyediakan ayunan buat pengunjung. Terdapat 2 ayunan yang dapat digunakan sang pengunjung.

Penginapan Dekat Pantai Tanjung Tua

Pantai Tanjung Tua adalah pantai yang terletak sangat jauh dari perkampungan. Namun untuk anda yang ingin bermalam di Bakauheni setelah berwisata di Pantai Tanjung Tua, kami memberikan refrensi menginap di Kafe kedas.

Kafe Kedas Bakuheni merupakan sebuah restoran dan juga menyediakan penginapan bagi anda yang ingin bermalam di daerah bakauheni.

Kafe Kedas Bakauheni berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Km 03 Bakauheni, Lampung Selatan. Penginapan ini buka selama 24 jam dan siap melayani anda.

Untuk harga kamar permalamnya, anda dikenakan tarif mulai menurut harga Rp. 150.000 hingga menggunakan Rp. 300.000,-.

Tips Berkunjung ke Pantai Tanjung Tua

1. Pantai Tanjung Tua mempunyai arus yang relatif kuat dan kencang. Saran kami jika anda ingin berenang di Pantai Tanjung Tua, harap selalu berhati-hati dan pada pengawasan teman atau keluarga.

2. Medan menuju Pantai Tanjung Tua cukup ekstrim, kami sarankan gunakan sepeda motor yg bergigi agar mudah pada melahap medan.

3. Fasilitas buat konsumsi pada Pantai Tanjung Tua masih sangat minim, dimana penjual kuliner atau minuman hanya berjualan saat hari libur akbar saja. Saran kami bawa makanan dan minuman dari tempat tinggal ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Tua.

Buat anda yg ngin berkunjung ke Pantai Tanjung Tua, semoga liburan anda menyenangkan & berkesan.

Post a comment

0 Comments