Jelajah Nusantara : Pantai Alami Persembahan Keindahan Alam Dari Desa Ruguk

Keindahan pantai alami
Keindahan Pantai Alami

Objek wisata yg akhir-akhir ini yg poly dikunjungi Wisatawan merupakan pantai.

Laut memang menyimpan banyak keindahan, pantainya yg lembut & airnya yg jernih dan terumbu karangnya yg indah menciptakan bahari sebagai desatinasi wisata yg banyak digemari oleh wisatawan.

Hamparan pantai yg berada pada lampung memang tergolong ke pada pantai yg masih jarang pada kunjungi sang wisatawan sebagai destinasi wisata.

Salah satu pantai yg masih belum begitu dikenal oleh wisatawan berdasarkan luar daerah merupakan pantai alami.

Pantai Alami Desa Ruguk

Pantai alami merupakan salah satu pantai menggunakan daerah asal yg masih natural, dimana pepohonan yg masih tumbuh lebat disekitaran pantainya.

Pantainya yang higienis serta masih poly lumut dan rumput laut yg tumbuh di sekitaran pantainya menciptakan pantai ini terlihat begitu alami.

Penamaan pantai alami ini karena pantai tersebut memang tergolong pantai yg masih dalam keadaan alami atau perbedaan makna alamnya masih kental.

Keindahan hamparan pasir pantai alami
keindahan di pantai alami
Air laut pantai alami yang tenang
Pasirnya yang lembur serta airnya yang tenang menambah suasana indah di pantai alami

Berwisata ke pantai alami mungkin sangat cocok untuk anda, karena pada pantai tadi airnya sangat damai, cocok buat anda yg membawa keluarga.

Pasir yg terdapat pada pantainyapun sangat lembut, sangat cocok terutama buat anak-anak anda yang ingin bermain pasir pada pantai tersebut.

Di sekitaran pantai alami jua masih ada petani yang membudidayakan rumput bahari. Petani tadi umumnya berada pada sekitaran pantai buat menanam atau memanen rumput bahari.

Rumah makan sijunjung patokan jalan masuk ke pantai alami
Rumah makan sijunjung yang berada tepat di depan pintu masuk pantai alami, dan huma parkirnya yg luas

Pintu masuk utama ke pantai alami
Jalan menuju lokasi pantai alami

Lokasi & Rute Pantai Alami

Pantai alami berlokasi pada desa ruguk, kecamatan ketapang, kabupaten lampung selatan.

Untuk mencapapai lokasi memang bukan pekerjaan gampang, jalan yang menuju ke pantai alami memang sedah pada batu, tetapi waktu hujan anda wajib berhati-hati karena lumpur yang berada pada jalan tadi manjadi sangat licin, terlebih apabila anda nir berhati-hati pada melintasinya.

Sebenarnya akses jalanya sanggup dilewati sang roda dua & roda empat, namun menggunakan syarat jalan yg berlubang & tergenang air kami sarankan anda buat tidak membawa tunggangan anda ke pantai alami.

Tetapi anda tenang saja tepat didepan pintu masuk ke pantai alami terdapat tempat tinggal makan yang mempunyai huma parkir yg luas dan kami sarankan buat menitipkan semantara kendaraan anda disana.

Lokasi dari bakauheni ke pantai alami
Jalan menuju lokasi pantai alami dari pelabuhan bakauheni dengan memakai google maps

Untuk anda yang datang berlibur dari pulau jawa, ada baiknya anda berangkat menggunakan menggunakan armada penyebrangan bahari, lantaran akan meningkatkan kecepatan saat sampai anda ke lokasi.

Jarak yg anda tempuh dari pelabuhan bakauheni ke pantai alami merupakan lebih kurang 12 km menggunakan ketika yg ditempuh lebih kurang 23 mnt.

Lokasi pertama yang bisa anda jadikan patokan merupakan rumah makan sijunjung yg sempurna berada di depan pintu masuk pantai alami.

Jarak berdasarkan pintu masuk ke lokasi pantai sekitar 800 m, cukup dekat bukan. Untuk porto masuk pentai alami tergolong gratis, lantaran belum terdapat yang mengelolanya.

Namun jika terdapat yg menjaga pintu masuk umumnya anda dikenakan Rp. 5000,- untuk perbaikan jalan ke pantai alami.

Fasilitas di Pantai Alami

Hamparan rumput laut di pantai alami
Banyak rumput laut & lumut yg tumbuh di batu karang yg sudah tewas pada pantai alami

Menikmati sunset di pantai alami
keindahan pada pantai alami desa ruguk

View pantai alami yang sangat indah
View pantai alami dari kejauahan

Lumut yang tumbuh di bibir pantai alami
Rumpu laut dan lumut  yang tumbuh dibibir pantai
Hamparan batu karang di pantai alami muncul saat pasang surut air laut
Batu karang yang muncul saat pasang surut air laut

Fasilitas yg anda dapatkan di pantai alami merupakan, view pantai serta hamparan pasirnya yg sangat indah, dan pepohonan-pepohonan yang masih tumbuh rindang pada sekitarnya.

Keindahan lainnya adalah apabila anda berkunjung sore hari anda akan mendapatkan hamparan terumbu karang yg timbul akibat pasang surut air bahari.

Disana anda dapat berfoto-foto dengan spot-spot yang bisa anda tentukan sendiri. Namun, estetika pantai alami memang nir sebanding menggunakan fasilitas yg terdapat di dalamnya, dimana pantai tadi belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Kurangnya penanganan kebersihan membuat adanya sampah plastik yang ditinggalkan oleh pegunjung masih berserakan, dan belum tersedianya toilet dan warung-warung yang menjual makanan & minuman.

Untuk anda yang ingin berlibur ke pantai alami, kami sarankan buat datang di akhir pekan, karena di akhir pekan umumnya poly pengunjung yang datang berlibur serta poly pedagang pula yg berjualan pada akhir pekan.

Nah, untuk anda yg ingin bermalam, kami sarankan anda buat mancari penginapan pada dekat pelabuhan bakauheni karena disana belum ada penduduk yang menyediakan home stay.

Sekilas Cerita di Pantai Alami

Sekilas perjalanan pantai alami, pantai alami memang telah populer dari tahun 90 an, dimana poly wisatawan yg berkunjung ke pantai alami baik dari penduduk setempat atau wisatawan berdasarkan luar wilayah.

Namun semenjak datangnya PT Pasir yang yang memakai pantai alami sebagai aktivitas penimbunan pasir, wisatawan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan pantai alami sebagai destinasi liburan.

Sekarang semenjak berhenti beroprasinya PT Pasir yang terdapat pada pantai alami, pantai alami mulai banyak dikunjungi sang wisatawan-wisatawan. Semoga liburan anda menyenangkan dan berkesan.

Post a comment

0 Comments