Jelajah Nusantara : Menara Siger Tempat Wisata Sekaligus Ikon Lampung

Menara siger yang berada di jl. Lintas timur bakauheni, lampung selatan
Menara siger yang berada di jl. Lintas timur bakauheni, lampung selatan
Jika Jakarta bangga dengan ikon monasnya, lainnya halnya dengan Lampung. Masyarakat lampung boleh berbangga dengan ikon menara siger yang megah dan indah.

Menara Siger Lampung

Menara siger yg berdiri tepat di pintu masuk lampung membuat kesan yg sangat latif bagi pengunjung yang ingin berwisata ke lampung.

Menara Siger misalnya yg kita ketahui, menara siger berdiri tapat di atas pintu masuk pelabuhan bakauheni hal tersebutlah memebuat Menara Siger tadi sangat jelas terlihat menurut bahari selat sunda.

Siger sendiri adalah simbol mahkota kebanggan warga Lampung menggunakan majemuk kebudayaan dan norma norma yang yang terdapat pada dalamnya.

Lokasi dan Rute Menuju Menara Siger

lokasi Menara siger yang berada di jl. Lintas timur bakauheni, lampung selatan
lokasi Menara siger yang berada di jl. Lintas timur bakauheni, lampung selatan
Menara Siger terletak tepat diatas bukit pintu masuk pelabuhan bakauheni. Dengan warna yang cerah, gabungan antara warna kuning, merah dan putih yang tentunya mudah terlihat dari kejauhan.

Tinggi berdasarkan Menara Siger sekitar 32 meter & berdiri diatas bukit dengan ketinggian 110 meter di atas permukaan laut (mdl).

Namun banyak wisatawan yg menyebutkan bahwa letak Menara Siger sempurna di titik nol (0) sumatera, mengapa demikian lantaran Menara Siger memang terletak tepat pada ujung jalan trans sumatera dan awal menurut jalan trans sumatera.

Untuk lokasinya sendiri Menara Siger terletak di jalan lintas timur, kecamatan bakauheni, kabupaten lampung selatan tepatnya dari pelabuhan bakauheni hanya 10 mnt bepergian.

Untuk biaya masuk ke Menara Siger anda hanya dikenakan porto 10 ribu rupiah relatif murah bukan. Anda pula bisa menikmati ruangan yang ada pada dalam Menara Siger tadi menggunakan perdeo.

Fasilitas di Menara Siger Lampung

melihat pemandangan sambil bersantai dari menara siger
pemandangan yang dapat dinikmati menurut Menara siger

Fasilitas yang anda dapatkan saat berkunjung kemanara siger yaitu selain anda dapat menikmati pemandangan laut dengan panorama sawah-sawah yang ada di sekitarnya anda juga di perbolehkan untuk naik ke atas Menara Siger sampai menuju puncaknya dengan jalan tangga yang sudah disediakan,  untuk melihat pulau jawa.

Untuk fasilitas-fasilitas seperti toilet & sebagainya pengelola Menara Siger telah menyediakannya menggunakan baik. Bahkan pengelola pula menyediakan gubuk-gubuk mini disekitaran kaki siger buat anda, agar bisa menikmati indahnya bahari & semilirnya angin pada pegunungan.

Fasilitas lainya seperti makanan, minuman dan sovenir juga tersedia di sini karena sudah banyak penjual yang menyuguhkan dagangannya.Sedangkan untuk penginapan, disekitaran menara siger sudah banyak home stay-home stay yang bertebaran, anda tinggal memilih saja sesuai dengan isi kantong.

Melihat Pemandangan laut dari siger dengan panorama laut yang indah
laut selat sunda dan pelabuhan bakauheni yang terlihat dari Menara siger

Sekilas Kisah Menara siger

Sekilas menurut Menara Siger, Menara Siger digagas sang Gubernur Lampung Sjachroedin ZP yg ingin menaruh ikon provinsi Lampung sebagai tempat wisata yang bisa dinikmati oleh masyarakat banyak.

Keinginan berdasarkan bapak gubernur tersebut di tuangkan kepada seorang arsitektur yg bernama Ir. Anshori Djausal MT yg menciptakan menara siger menjadi ikon lampung.

Pembangunan Menara Siger memakai teknik ferrocement yaitu bangunan yg dibuat menggunakan rangka mirip dengan jaring laba-keuntungan sehingga tahan terhadap guncangan & terpaan angin.

Post a comment

0 Comments