Jelajah Nusantara : Liburan Edukatif di Taman Nasional Way Kambas

Saat melihat dan mendengar kata gajah, lantas apa yg mampu engkau gambarkan atau engkau simpulkan, ya tentu semuanya akan menjawab fauna yg bertubuh akbar mempunyai telingan akbar dan memiliki gading yang panjang dan indah.

Gajah memang mempunyai semua bagian-bagian tadi, namun tahukah engkau dimana tempat pusat perlindungan gajah yang terdapat di Indonesia, yaps betul sekali, sentra konservasi gajah terbesar yg ada di Indonesia berlokasi pada Provinsi Lampung lebih tepatnya Kabupaten Lampung Timur.

Lampung Timur merupakan galat satu dari beberapa Kabupaten yg terdapat di Provinsi Lampung. Lampung Timur memang memiliki daerah hutan yang relatif luas & hijau, selain itu pada Lampung Timur khusunya pada wilayah way kambas terdapat tempat asli gajah-gajah liar.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang Taman Nasional Way Kambas, mari kitas bahas sekilas sejarah berdasarkan Taman Nasional Way Kambas.

Taman Nasional Way Kambas

taman nasional way kambas
taman nasional way kambas via insta @tamannasionalwaykambas

Sejarah Way Kambas serperti yang dilansir dari page resminya waykambas.Org menyebutkan bahwa, tempat way kambas dibangun tahun 1936 oleh Resident Lampung yaitu, Mr. Rookmaker serta melalui surat keputusan Gubernur Belanda Tanggal 26 Januari 1937 sbtl 1937 Nomor 38.

Sedangkan seiring perkembangannya pada tahun 1978 way kambas dirubah menjadi Kawasan Pelestarian Alam (KPA) sang Menteri Pertanian dan dikelola oleh Sub Balai Kawasan Pelestarian Alam (SBKPA).

Pada tahun 1991 dari Surat Keputusan Menteri Kehutanan angka 144/kpts/II/1991/ lepas 13 Maret 1991 dinyatakan menjadi taman nasional way kambas, dan semua pengelolaanya dibebankan sang Sub Balai Konservasi Sumber Daya Alam Way Kambas, yang bertanggung jawap pribadi pada Balai Konservasi Sumber Daya Alam II Tanjung Karang.

Ditetapkannya way Kambas sebagai kawasan pelestarian alam bukan tanpa alasan, hal tersebut dimaksudkan untuk  melindungi seluruh satwa yang dilindungi oleh pemerintah dan untuk melindungi satwa yang mengalami terancam kepunahan.

Lokasi dan Akses menuju Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas berlokasi di Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung. Akses menuju Taman Nasional Way kambas cukup gampang, dari pelabuhan bakauheni hanya ditempuh dengan ketika tiga jam 43 mnt perjalanan.

Nah, jika kamu ingin berlibur ke Taman Nasional Way Kambas, Untuk menuju Taman Nasional way kambas kamu dapat melalui rute penyebrangan dari pelabuhan bakauheni. Dari pelabuhan Bakauheni cari jalan yang menuju Jalan Lintas Sumatera dan  Jalan Lintas Timur Sumatera.

pintu masuk way kambas
pintu masuk way kambas via insta @tamannasionalwaykambas

Atau bila anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa memakai jasa travel yg tersedia pada Pelabuhan Bakauheni. Biasanya travel-travel tersebut menaruh tariff sekitar Rp. 60.000,- sampai dengan Rp. 70.000,- per orang, tetapi harga tersebut bisa berubah tergantung berdasarkan bagaimana kita negosiasi dengan sopir travel tersebut.

Harga Tiket Masuk ke Taman Nasional Way Kambas

harga tiket masuk ke way kambas
harga tiket masuk ke way kambas via duniaindra.Com

Harga Tiket masuk ke Taman Nasional way Kambas ini merupakan sebanyak Rp. 10.000,- per orang. Dengan membayar tiket masuk yg sangat terjangkau tersebut, anda bisa menyaksikan beberapa keindahan yang diseguhkan sang Teman Nasional Way Kambas.

Saat masuk ke Taman Nasional Way Kambas mungkin engkau akan dikenakan porto lainnya, bila kamu mencoba beberap sarana hiburan yg ada pada Taman Nasional way Kambas.

Fasilitas di Taman Nasional Way Kambas

atraksi gajah di way kambas
atraksi gajah di way kambas via insta @tamannasionalwaykambas

Saat berada pada Taman Nasional Way Kambas engkau dapat menikmati beberapa fasilitas yg disuguhkan oleh Taman Tersebut. Selain menjadi sentra konservasi gajah, di Taman Nasional way Kambas jua pusat pelestarian flora & fauna di sumatera yg keberadaanya terancam punah.

Taman Nasional Way Kambas pula menyediakan Pusat Pelatihan Gajah (PLG), dengan menampilkan beberapa atraksi menarik yang dipentaskan para gajah. Mulai dari Gajah yg dapat berdiri dalam tumpuan benda mini , bermain bola, dan beberapa atraksi menarik lainnya.

Mungkin yang ingin menaiki gajah ini merupakan momen yang dinantikan, dimana pengelola menyediakan gajah yang dapat dinaiki pengunjung. Untuk menaiki Gajah, pengujung dikenakan tariff sebanyak Rp. 20.000,- buat jeda 100 meter.

pusat pelatihan gajah di way kambas
Sentra pelatihan gajah pada way kambas via insta @tamannasionalwaykambas

Atau mungkin apabila engkau ingin lebih lama lagi buat menaiki gajah, engkau bisa mencoba paket yang short time menggunakan kisaran porto sekitar Rp. 150.000,- per orang engkau akan dibawa berkeliling selama 30 mnt pada Way Kambas.

Way Kambas pula menyediakan hal menarik lainnya, dimana pengujung diperbolehkan buat menaruh makanan (pisang) kepada gajah-gajah yang terdapat pada Way Kambas. Biasanya pengelola sudah menyiapkan pisang-pisang terebut, cukup dengan merogoh kocek lebih kurang Rp. 10.000,- anda telah menerima pisang buat diberikan pada gajah.

Penginapan di Taman Nasional Way Kambas

Penginapan yg tersedia di Taman Nasional Way Kambas ini adalah Way Kanan Resort. Penginapan ini biasanya poly digunakan oleh para wisatawan menurut Manca Negara yang melakukan penelitian seputar flora & fauna.

Tarif kamar di Way Kanan Resort ini sekitar Rp. 200,000 per malam.

Way Kanan Resort pula menyediakan beberapa perjalan menggunakan myusuri sungai menggunakan perahu yang dapat dinikmati oleh pengujung.

Tips Berwisata ke Taman Nasional Way Kambas

Saat berkunjung ke Way Kambas, selalu jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah pada alam terbuka secara asal-asalan, dan pastikan saat engkau berkunjung ke way kambas kamu memakai pakaian yang menutup kulitmu, karena cuaca di Taman Nasional Way Kambas cukup panas.

Nah, buat kamu yang nantinya akan berwisata ke taman nasional way kambas, semoga liburan engkau menyenangkan dan berkesan ya.

Post a comment

0 Comments