Jelajah Nusantara : keindahan Pantai Onaria yang Sudah Melegenda Sejak Tahun 90an

pantai onaria
Pantai onaria atau pantai puri dewata

Ujung pulau sumatera memang menyimpan banyak keindahan, ujung pulaunya, yaitu provinsi lampung telah banyak menghadirkan hamparan-hamparan pantai dengan pasir putih yang mengelilingi pulau tadi.

Pantai Onaria

Pantai onaria merupakan galat satu destinasi wisata yang sudah melegenda sejak tahun 90 an.

Sebenarnya nama menurut pantai onaria merupakan pantai puri dewata, namun masyarakat seringkali menyebutnya sebagai pantai onaria, & sehingga jika ada wisatawan yg ingin berkunjung ke pantai puri dewata selalu menyebutnya menjadi pantai onaria.

Keindahan pantainya dan tempatnya yg strategis menjadi pilihan bagi para pengunjung yg ingin berkunjung ke pantai onaria tadi.

Obyek wisata ini memang dahulu sebagai tujuan primer pengunjung yang terdapat di provinsi lampung, bukan hanya penduduk sekitar saja yg tiba namun menurut kabupaten lampung lainnya juga tiba buat berkunjung ke pantai onaria ini.

pantai onaria
pintu masuk ke Pantai onaria atau pantai puri dewata

Lokasi Pantai Onaria

lokasi pantai onaria
lokasi pantai onaria

Pantai Onaria sangat dekat dengan jalan raya, dan aksesnya yg gampang dan telah bagus membuat pengunjung nir kesulitan buat mencapai pantai onaria.

Lokasi pantai onaria ini sendiri berada di desa Tri Dharma Yoga Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan.

Sangat mudah buat menemukan lokasi pantai ini lantaran gerbang masuk ke pantai onaria tadi sempurna berada di dekat jalan lintas timur sumatera.

Lokasi terdekat buat mencapai pantai onaria merupakan berdasarkan pelabuhan bakauheni dengan jarak kurang lebih 44 mnt memakai kendaraan eksklusif.

Fasilitas di Pantai Onaria

pantai onaria
Pengunjung menyewa ban yg digunakan buat berenang

Umumnya pengunjung yang tiba ke pantai onaria ini datang dalam waktu-saat hari libur, umumnya mereka berdatangan beserta keluarganya dimana pada hari tadi anak-anak banyak yang libur sekolah.

Saat hari libur umumnya di pantai ini ada tukang yang spesifik menyewakan ban bekas buat berenang baik itu buat anak-anak maupun dewasa.

Sewa ban bekas tadi relatif murah, umumnya buat satu ban bekas anda akan dikenakan porto kurang lebih 10 s/d 12 ribu buat dua jam berenang di air.

Lokasinya yg dekat menggunakan jalan raya tentu menciptakan fasilitas yg disediakan pada pantai ini cukup lengkap, contohnya makanan dan snack serta mainan anak-anak telah ada yg menjual disini.

Tetapi jika anda ingin menginap, disini belum tersedia hotel dan home stay yg bisa anda sewa, hal tersebutlah yg mengakibatkan nir banyak wisatawan yg bermalam pada pantai ini.

Sedikit cerita tantang bepergian pantai onaria yang sempat mengalami pasang surut pengunjung.

Masyarakat yang berada di sekitar pantai onaria merupakan rakyat dengan kepercayaan Hindu dimana budaya bali dan seni keagamaanya masih sangat terasa kental.

Sekilas Kisah Pantai Onaria

Pantai onaria sering digunakan dalam acara keagamaan biasanya pada  hari raya nyepi, umat hindu melakukan perayaan melasti di pantai onaria tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu saat PT. Wahana Pasir Sakti yang masuk ke daerah lampung, membuat sebagian menurut pantai onaria di jadikan sebagai loka penimbunan atau pasokan pasir, hal tadi tentu menciptakan berkurangnya pengunjung yang tiba ke pantai onaria tersebut.

Namun sejak berhentinya PT. Wahana Pasir Sakti pasir beroprasi, antusiasme rakyat serta pengunjung yang datang ke pantai onaria melonjak kembali.

Post a comment

0 Comments