Jelajah Nusantara : Berwisata Sambil Melihat Penangkaran Penyu di Pantai Minang Rua Bakauheni

Penangkaran penyu di pantai minang rua
Penangkaran penyu di pantai minang rua

Hay sobat loka wisata Lampung, kali ini kami akan menceritakan pengalaman kami waktu beriwsata ke Pantai Minang Rua. Di Pantai Minang Rua kami mengujungi penangkaran anak-anak penyu (tukik) yang lokasinya tidak jauh menurut bibir pantai.

Ada 2 kolam yang yg ukuran 2x2 meter digunakan buat pengembangbiakan anak punyu disana. Kedua kolam tadi telah dilengkap menggunakan oksigen serta aliran air yg sangat cantik, yang menciptakan bayi-bayi penyu tadi terlihat sangat senang & aktif bergerak.

Beberapa jenis penyu yang diketahui bertelur di Pantai Minang Rua ini adalah berjenis penyu belimbing dan penyu hijau.

Penangkaran penyu di pantai minang rua
Penangkaran penyu di pantai minang rua

Pengelola Pantai Minang Rua menyebutkan bahwa untuk melpas tukik/anak penyu tersebut kembali kehabitatnya  aslinya yaitu laut lepas, perlu memerlukan waktu atau usia tukik sekitar 7 Bulan. Agar nantinya anak penyu tersebut dapat bertahan hidup.

Pantai Minang Rua menjadi daya tarik primer wisata pada pantai Bakauheni, mari kita review Pantai Minang Rua yg sebagai loka penagkaran penyu sekaligus loka wisata pada Daerah Bakauheni ini.

Pantai Minang Rua

pantai minang rua bakauheni
pantai minang rua bakauheni

Pantai Minang Rua adalah pantai yang berada cukup dalam berdasarkan sebuah perkampungan yang berada di desa Klawi. Pantai Minang Rua sendiri adalah pantai dengan jumlah penduduk yang telah dibilang relatif ramai dan padat, rakyat sekitar Pantai Minang Rua umunya berprofesi sebagai nelayan terlihat menurut banyaknya bahtera yang terparkir di bibir Pantai Minang Rua.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Minang Rua

Pantai Minang Rua merupakan pantai yang lokasinya terbilang cukup jauh di di tengah permapungan namun memiliki keindahan yg menawan karena pada kelilingi oleh pasir putih yg higienis dan tebing bebatuan yg latif.

Pantai Minang Rua berlokasi pada Desa Klawi Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Rute menuju Pantai Minang Rua bisa ditempuh berdasarkan dua arah, baik itu dari arah Bandar Lampung atau dari arah Bakauheni. Tenang saja, kami akan bahas satu-persatu akses jalan menuju Pantai Minang Rua ini.

Akses jalan yg pertama, engkau yg berdasarkan pelabuhan Bakauheni bisa mencari jalan kea rah trans sumatera menuju desa Klawi. Tepat sebelum POM Garuda Hitam atau selesainya Kafe Kedas ada gang menggunakan jalan menuju desa Klawi.

Jalan dari desa Klawi sampai ke lokasi Pantai Minang Rua  terbilang cukup bagus, karena jalannya sudah di cor oleh pemerintah setempat

Ikuti jalan di desa Klawi tersebut sampai kamu menemukan papan petunjuk masuk ke Pantai Minang Rua, tidak jauh dari papan masuk tersebut ada gang masuk ke kiri, dengan jalan menuruh yang cukup miring, pastikan rem kendaraan kamu cukup bagus ya.

papan selamat datang di pantai minang rua
papan selamat datang di pantai minang rua

Ikuti jalan tadi, kurang lebih 600 meter kamu akan menemukan pos tiket masuk ke Pantai Minang Rua, itu merupakan kamu telah hingga di Pantai Minang Rua.

Akses jalan kedua dari Kota Bandar Lampung, jika engkau memakai kendaraan eksklusif dapat mengikuti maps atau jalan tujuan pelabuhan Bakauheni, & apabila kamu memakai kendaraan Umum menurut terminal Rajabasa cari jurusan ke arah pelabuhan Bakauheni menggunakan tariff sekitar Rp. 40.000,-.

Jalan masuk ke Pantai Minang Rua sama dengan akses jalan yang pertama, jika berdasarkan arah Bandar Lampung sesudah POM garuda hitam, sekitar 100 meter dan sebelum Kafe Kedas sekitar 50 Meter.

Harga Tiket Masuk dan Jam Oprasional ke Pantai Minang Rua

harga tiket masuk ke pantai minang rua
harga tiket masuk ke pantai minang rua

Harga Tiket Masuk ke Pantai Minang Rua Rp. 5000,- untuk 1 kendaraan bermotor. Dan Rp. 10.000,- untuk kendaraan Roda empat atau mobil.

parkir di pantai minang rua
parkir di pantai minang rua

Jam Oprasional yg berlaku di Pantai Minang Rua yaitu dibuka selama 24 jam. Nah mengapa dibuka selama 24 jam, lantaran pada Pantai Minang Rua tak jarang dijadikan sebagai lokasi camping sang anak-anak belia yang ingin menghabiskan saat akhir pekan pada pantai beserta dengan teman-temannya.

Fasilitas di Pantai Minang Rua

fasilitas di pantai minang rua
fasilitas di pantai minang rua

Selain keindahan-keindahan pantai dan bebatuan karang yg diberkan sang Pantai Minang Rua, ternyata terdapat fasilitas-fasilits lain yang dapat kamu rasakan loh saat berwisata ke Pantai Minang Rua. Beberapa fasilitas tadi antara lain:

Camping

lokasi camping di pantai minang rua bakauheni
lokasi camping di pantai minang rua bakauheni
Pengelola di pantai minan gRua memberikan fasilitas sewa tempat dan tenda untuk camping. Satu orangnya pengelola mengenakan tarif sekitar Rp. 30.000,- per orang dan untuk sewa tenda Rp. 50.000 per tenda.

Sewa Ban

Nah jika liburan bawa anak kecil niscaya kamu akan menyewa ban untuk berenang si butir hati. Harga sewa Ban di Pantai Minang Rua sekitar Rp. 20.000,- per hari.

Penangkaran Penyu

Penangkaran penyu di pantai minang rua
Penangkaran penyu di pantai minang rua

Pantai Minang Rua Nampaknya sebagai tempat penangkaran Penyu, terlihat berdasarkan 2 kolam yang diisi sang bayi-bayi penyu dengan fasilitas oksigen & sirkulasi yang lengkap.

Warung

warung di pantai minang rua
warung di pantai minang rua

Lapar saat berwisata ke Pantai Minang Rua, Tenang saja. Di Pantai Minang Rua poly warga lebih kurang yang menjual makanan ringan ataupun Mie instan yg cukup buat mengisi perut laparmu.

Toilet & Kamar Bilas

Fasilitas kebersihan jua sudah disediakan, misalnya tollet dan kamar bilas, agar memudahkan pengujung dalam membersihkan badan sehabis berenang pada Pantai Minang Rua.

Penginapan di Pantai Minang Rua

penginapan di pantai minang rua
penginapan di pantai minang rua

Pantai Minang Rua pula menyediakan penginapan untuk pengujung yg ingin bermalam, tersedia homestay di sekitaran Pantai Minang Rua.

Harga Penginapan di Pantai Minang Rua mulai menurut Rp. 400.000,- s/d Rp. 700.000,- per malam. Harga penginapan tadi memang bervariasi, karena luas dan fasilitas yg disediakan penginapan tersebut pula sangat beragam.

Namun bagi yang yang mau menginap di hotel, tidak jauh dari pintu masuk desa Klawi (POM Garuda Hitam) terdapat hotel kedas, tepat sebelah kafe kedas.

Tips Berwisata ke Pantai Minang Rua

Pantai Minang Rua memang terletak jauh pada pada perkampungan, sebaiknya anda memakai kendarran langsung yang kondisi kendarran yg sehat, lantaran akses jalannya yang boleh dibilang menurun dan menanjak.

Bagaimana setelah membaca artikel ini, apakah Pantai Minang Rua sebagai rekomendasi untuk mengisi liburan pada akhir pekan kamu? Silahkan tulis pada kolom komentar ya.

Kritik dan saran jua kami butuhkan untuk mengevalusi tulisan kami agar lebih berkambang lagi kedepannya.

Post a comment

0 Comments