Jelajah Nusantara : Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi Loksado HSS, Tempat Asyik Berlibur

Air Panas Tanuhi, Loksado – Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi adalah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang sudah populer sejak lama hingga sekarang. Letaknya yang berada di dataran tinggi pegunungan Meratus daerah Loksado, membuat panoramanya sangat indah dan sejuk.Recomnededuntuk tujuan liburan keluarga.

Air-Panas-Tanuhi-Kolam-Air-Panas-Tanuhi-Loksado-Kandangan-HSS

Wisata air yang dikeloa oleh Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini memiliki kolam pemandian sebanyak tiga butir dengan kondisi suhu air yang bhineka.

Kolam pertama yaitu kolam yg relatif luas menggunakan suhu sedang, umumnya dipakai buat berendam menjadi pemanasan sebelum berendam pada kolam ke 2 yang berukuran lebih kecil tetapi suhu airnya lebih hangat. Sedangkan kolam ketiga memiliki suhu air yang dingin tetapi mempunyai kedalaman air yg lebih dalam dibandingkan ke 2 kolam lainnya.

Pemandian-Air-Panas-Tanuhi-Loksado-Kandangan-Hulu-Sungai-Selatan

Berendam atau pun berenang pada kolam Pemandian Air Panas Tanuhi membuat tubuh merasa lebih rileks, kandungan pada air hangat alaminya sanggup memperlancar peredaran darah sebagai akibatnya tubuh lebih bugar. Yang pastinya juga seru karena bisa berbaur menggunakan wisatawan lainnya.

Fasilitas diWisata Air Panas Tanuhi

Objek wisata Air Panas Tanuhi sangat mengutamakan kenyamanan para pengunjungnya, buktinya adalah dengan suuguhan fasilitas yg cukup lengkap & memadai. Fasilitasnya mulai menurut kolam berendam atau berenang (telah pasti),

Penginapan-diWisata-Air-Panas-Tanuhi-Loksado-Hulu-Sungai-Selatan

Lokasi:Pemandian Air Panas Tanuhi berlokasi/ beralamat di desa Tanuhi, kawasan Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado, Kandangan, kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan.

Tiket Masuk:Rp3.000 untuk anak-anak, Rp5.000 untuk orang dewasa.

Biaya parkir:Rp5.000 roda dua, Rp10.000 roda 4.

Rutenya:

-       Start dari Bundaran Ketupat di Jalan Hanyar/ dekat terminal Bus Kandangan. Dari bundaran tersebut, jika dari arah Kota Rantau pilih arah ke kanan, jika dari Kota Barabai pilih arah kiri.

-       Selanjutnya lurus saja sampai menjumpai perempatan lalu ambil arah kiri menuju Loksado (Lurus menuju jalan alternatif ke Kota Rantau, kanan menuju Kota Kandangan).

-       Terus lurus menuju Kecamatan Loksado.

-       Melwati desa Halunuk, Panggungan – Lumpangi (hati-hati jalannya menanjak dan berkelok)

-       Di sekitar desa Lumpangi jika ada pertigaan pilih arah lurus saja (jika ke kanan menuju arah ke Batulicin).

-       Terus lurus lagi hingga menjumpai gerbang Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi

-       Melewati jembatan hingga ketemu pertigaan seperti huruf “T”, pilih arah kiri menuju desa Tanuhi (jika ke kanan menuju desa Haratai/ Lok Lahung)

-    Jika sudah di desa Tanuhi, jaraknya hanya sekitar 400 meter, letaknya mudah ditemukan karena berada di sebelah kanan jalan. Sampailah di tempat parkir.

Tempat Wisata Dekat Pemandian Air Panas Tanuhi

apabila Anda berwisata ke Tanuhi sekalian saja ke Air Terjun Kilat Api yg lokasinya terbilang dekat, jaraknya yakni kurang lebih 950 meter. Daya tariknya adalah kejernihan airnya yg bila terpapar sinar surya, sinarnya seakan memantulkan cahaya yg tampak bagai kilatan barah yg menyala-nyala. Dan itulah karena kenapa dinamakan ?Air Terjun Kilat Api?.

Wisata-Pemandian-Air-Panas-Tanuhi-Wisata-Dekat-Air-Panas-Tanuhi-Loksado-HSS

Untuk menujunya cukup seru lho, lantaran akan menyebrangi sungai menggunakan bercebur jalan kaki & bisa juga menyewa rakit bambu menggunakan membayar seikhlasnya.

Air terjun Kilat Api memang nir terlalu akbar, akan tetapi panoramanya manis & layak dinikmati. Banyak spot keren buat pepotoan.

Itulah informasi wisata Pemandian Air Panas Tanuhi Loksado HSS, tempat asyik berlibur.Packing yuk! Ajak teman sebanyak-banyaknya.

Happy travelling!

Post a Comment

0 Comments