Jelajah Nusantara : Wisata Bukit Matang Kaladan Riam Kanan, Raja Ampatnya Kalsel

Bukit Matang Kaladan Riam Kanan – Bisa dibilang objek wisata alam Matang Kaladan ini adalah Raja Ampat versi air tawarnya. Hee

Ada kemiripan pemandangan bukit Matang Kaladan menggunakan wisata Raja Ampat papua, yaitu sama-sama terdapat pulau-pulau mini pada tengah perairannya.

matang-kaladan-riam-kanan

Photo by: @windawm_

Lokasi Wisata Bukit Matang Kaladan Riam Kanan

Kalau engkau ingin ke loka wisata ciamik yg penuh kesegaran ini, lokasinya berada pada Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (berada pada sekitaran dermaga Bendungan Riam Kanan).

Banyak orang-orang menyebut  tempat wisata ini dengan sebutan” Bukit Matang Kaladan Banjarbaru”, alasannya mungkin saja agar lebih mudah dikenali wisawatan luar daerah, dan jaraknya yang lumayan dekat dari pusat kota Banjarbaru yaitu sekitar 20 KM. Apabila dari Banjarmasin, maka jaraknya kurang lebih sekitar 55 KM.

Nah, jadi kalau sobat mau jalan-jalan atau liburan ke Wisata Bukit Matang Kaladan langsung saja menuju alamat di atas. Yuk! Yuk!

Baca Juga : Wisata Bukit Langara Loksado yang Sejuk dan Indah Banget

Harga Tiket Masuk & Biaya Parkir Bukit Matang Kaladan Riam Kanan

BTW jeda 20 KM itu belum sampai puncaknya ya, baru sampai dermaga Riam Kanan yg nantinya akan menjadi tempat parkir kendaraan mu, porto parkirnya Rp5.000. Setelah parkir, barulah nih engkau bisa menikamti trekking menuju puncak bukit Matang Kaladan. Tapi, tentunya jua harus bayar tiket masuk terlebih dahulu seharga Rp3.000.

Walaupun baru kali pertama ke sana, kamu gak usah risi tersesat buat menuju puncaknya. Di sana banyak papan petunjuk arah yang siap ?Mengantarkan? Mu, kalo masih gundah jua engkau masih bisa bertanya dalam penududuk sekitar yang sangat ramah kepada para wisatawan.

Pendakian Puncak Bukit Matang Kaladan

Jalan setapak perkampungan rakyat hingga klimaksnya jalur pendakian menggunakan sudut kemringan 60 derajat wajib kamu lalui buat mampu ngadem di atas zenit bukit Matang Keladan Banjarbaru.

Ada dua jalur pendakian menuju zenit Bukit Matang Keladan yang bisa engkau pilih, masing-masing jalurnya menawarkan keseruan tersendiri. Pertama, ada jalur landai tetapi cukup memakan ketika lebih usang, satunya lagi jalur yang lebih cepat tetapi cukup curam.

Jalur landai cocok buat engkau yang belum terbiasa mendaki & ingin menghabiskan ketika lebih poly menikmati pemandangan di jalur pendakian. Tetapi pada jalur ini kamu harus hati-hati dalam berjalan, soalnya terdapat tunggangan roda 2 yg berlalu lalang di jalur ini.

Hmm, rupanya tersedia jasa antar jemput ojek buat naik & turun ke puncak Bukit Matang Keladan ini. Harga ojek zenit ini cuman 20 ribu buat 1 kali naik, kalo mau sama turunya engkau wajib bayar lagi menggunakan harga yg sama. Jadi total 40 ribu buat pergi pergi zenit Bukit Matang Keladan.

Selanjutnya, jalur curam. Selain lebih cepat sampai puncak , sensasi pendakiannya pula akan lebih menantang, kamu akan menemukan jalan setapak yang sebagiannya berupa anak tangga., kemudianya hanya mengandalkan akar pohon. Makin dekat zenit, jalur pun kian curam kamu akan menemukan susunan ban bekas berwarna warni menjadi pijakan. Selain lebih curam jalur ini tidak terlalu tertutupi pepohonan sebagai akibatnya relatif terik.

Hayo pilih jalur yg mana? Sebaiknya sesuaikan dengan kondisi fisik & mood engkau ya.

Kalau jalan kaki, lamanya pendakian lebih kurang 30 - 40 menitan.

Pemandangan Puncak Bukit Matang Kaladan Riam Kanan Banjarbaru Kalsel

Jalur pendakiannya aja telah seru dan latif, apalagi puncaknya. Hehe..

Sebagai salah satu tempat wisata alam ternama di Kalimantan Selatan, Bukit Matang Kaladan recommended banget untuk bersantai nge-refresh hati dan pikiran. Sesampainya di atas puncak bukit ini, lukisan alam terlihat begitu indah, banyaknya pepohonan hijau dan asri, perbukitan di sekelilingya dan waduk Riam Kanan di hadapanmu kayaknya akan memebuat mu mengucap “KEREN”. #hee

pemandangan-bukit-matang-kaladan-banjarbaru

Photo by: @windawm_

Agar lebih puas menikmati kemegahan alam pada sana, sebaiknya datang dalam sore hari & bermalam. Tenang saja, area puncaknya mampu menampung banyak tenda kok. Pemandangan zenit bukit Matang kaladan sewaktu pagi hari jua sangat berkesan, jadi nikmatilah.

Pemandangan puncak bukit Matang Kaladan ini juga terkenal dengan spot-spot foto yang instagramable, ada 5 lebih spot foto yang bisa kamu jadiin tempat berfoto yang nantinya hasil foto kerennya kamu post di akun sosmed mu, hee..

Tapi, buat sanggup berfoto di sana kamu harus bayar kurang lebih Rp5.000 ? Rp15.000 tergantung skil nego engkau sama paman yg jaga spot foto. Tapi, umumnya untuk 1 spot foto engkau harus bayar Rp5.000.

Tips Berwisata Di Bukit Matang Kaladan Riam Kanan

  1. Ajak teman sebanyak-banyaknya biar serunya double.
  2. Buanglah sampah pada tempatnya, dan kalau ada sampah berhamburan bekas pengunjung terdahulu, dengan kerendahan hatimu dan kawan-kawan lakukanlah “operasi semut” sebagai bukti kamu benar-benar cinta dengan alam.

Itulah informasi tentang Wisata Bukit Matang Kaladan Riam Kanan, Raja Ampatnya Kalsel. Kapan-kapan kesini yah!

Post a comment

0 Comments