Jelajah Nusantara : Wisata Arung Jeram Nateh dan Jembatan Gantung Nateh, HST

Wisata Kalimantan  Memiliki pemandangan elok yang dibentuk oleh pegunungan Meratus, Hulu Sungai Tengah mempunyai berjuta keindahan yang tersebar. Dan tempat wisata yang baru-baru ini hits adalah Arung Jeram Nateh dan Jembatan Gantung Nateh di Kecamatan Batang Alai Timur.

Kedua destinasi wisata ini sering dijadikan masyarakat sebagai tujuan liburan, terutama saat weekend karena pemandangannya benar-benar indah dan menyejukkan. Tak hanya berasal dari Kota Barabai, pengunjung dari luar daerah juga berdatangan untuk merasakan keseruan liburan di tempat ini.

Ok tanpa banyak teori panjang lebar lagi, ini beliau fakta mengenai Wisata Arung Jeram & Jembatan Gantung di Desa Nateh.

Arung Jeram Nateh

Objek wisata ini menawarkan aliran sungai yang jernih menyegarkan untuk berendam, berenang dan tentunya menaiki arung jeram yang akan menawarkan pengalaman baru. Istemewanya lagi di samping kanan dan kiri sungai terlihat gunung batu dan pemandangan alam yang begitu asri.

Nah, jika sebelumnya Anda belum pernah main arung jeram, maka dengan berkunjung ke wisata Nateh ini Anda berkesempatan untuk mencobanya. Satu perahu karet bisa Anda sewa seharga 150 Ribu yang bisa dimuati sebanyak enam orang dan sudah dilengkapi safety seperti live jacket serta didampingi 2 orang pemandu wisata yang terlatih teknik dasar arung jeram.

Keseruan Bermain Arung Jeram di Desa Nateh

Para wisatawan yang akan melakukan arung jeram nantinya telebih dahulu akan diangkut menggunakan mobil Carry Pick Up menuju ke hulu sungai sekitar 1 kilometer. Rame lho!

Dan lebih serunya, kondisi jalannya ternyata tidaklah ramah. Menanjak dan berlubang-lubang. Kadang sembari berpegangan erat di dinding bak mobil, kepala harus merunduk agar tidak terkena sabetan daun-daun dan ranting kecil yang menjulur ke tepi jalan. Sebelum akhirnya sampai di titik start arung jeram yang sungainya tak terlalu jauh di bawah jalan.

arung-jeram-nateh-batang-alai-timur-hst

Yeah! Arung jeram menysuri sungai Batang Alai bisa segera Anda nikmati. Arus sungai yang sedang membuat pengunjung cukup menikmati berperahu menuju hilir. Rindangya pemandangan dan menantangnya beberapa titik berbatu akan membuat perahu Anda oleng. Petualangan mengasyikkan ini berlangsung sekitar setengah jam hingga finish depan Kantor Desa Nateh.

Objek wisata Arung Jeram Desa Nateh ini sudah dibangunkan WC & kamar mandi.

Jembatan Gantung Nateh

Meniti jembatan ekstrem penghubung dua bukit di Desa Nateh pula tak kalah mengasyikkan buat disinggahi.

Jembatan Gantung Nateh yang dibuat awal tahun 2000-an ini mulai terkenal karena semakin banyaknya traveler yang meng-upload fotonya ke sosial media seperti Instagram, WA story dan Facebook. Padahal sebenarnya jika diperhatikan sama saja seperti jembatan gantung pada umumnya, dan fungsinya sendiri adalah sebagai penghubung antara dua bukit. Di satu bukit pemukian warga, dan bukit seberangnya menuju ke perkebunan karet dan ladang warga.

jembatan-gantung-nateh-batang-alai-tiur-hst-kalsel

Yang membuatnya menarik adalah karena lokasinya berada di dataran tinggi sehingga suasananya sejuk dan me-refresh pikiran serta terlihat indahnya pemandangan deratan bukit-bukit asri nan gagah di sekelilingnya. Terlebih jika berfoto tanpa mengambil view sungai berbatu di bawah jembatan ini, maka kesan Jembatan Nateh ini akan terlihat sangat tinggi dan benar-benar ekstrim. Apalgi ketika saat pemandangan berkabut di pagi hari, maka pemandangan eksotis kian memanjakan.

Lokasi Desa Nateh

Nateh adalah salah satu desa pada Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia.

Cara Menuju Desa Nateh

Desa Nateh berjarak ? 28 km dari Kota Barabai atau kurang lebih 45 mnt hingga 1 jam bepergian dan sanggup dilalui memakai motor juga mobil, namun sayangnya jalan menuju ke sana terbilang relatif rusak, berlobang dan bergelombang dan merupakan jalur kemudian lalang kendaraan beroda empat truk pengangkut pasir, dll.

Rute Perjalanan :

Kota Barabai ? Mandingin ? Terus lurus ke arah Kota Paringin / Kota Tanjung hingga menjumpai pertigaan Desa Kapar, pilih arah kanan menuju Desa Birayang (Jika lurus ke arah kiri menuju Kota Paringin / Kota Tanjung) ? Memasuki Desa Birayang, jika menemukan pertigaan yang di tengahnya terdapat Tugu, pilih arah kiri (apabila ke kanan menuju Kecamatan Batu Benawa) ? Selanjutnya akan menjumpai perempatan Pasar Birayang, & pilih arah ke kanan menuju Desa Batu Tangga (bila ke kiri menuju Pasar Birayang, sedangkan lurus menuju Kecamatan Limpasu) ? Batu Tangga ? Desa Nateh.

Itulah sedikit informasi tentang Wisata Arung Jeram Nateh dan Jembatan Gantung Nateh, HST yang sangat sayang dilewatkan. Apabila waktunya masih sempat Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Desa Nateh yang tak kalah indah, seperti gua Kukup, gua Sawar, Bukit Balu, dan lainnya. Yuk Segera rencanakan liburanmu ke sana!

Post a comment

0 Comments