Jelajah Nusantara : Nikmati Kejernihan Air Dam Margo Tirto yang Sebening Kaca

Hay sahabat loka wisata Lampung, bagaimana liputan kalian, tentu baik-baik saja ya. Admin mau Tanya nih, kalian pernah membayangkan berenang pada pada air yang sangat jernih sebagai akibatnya dasar loka tadi terlihat sangat jelas.

Mengapa pertanyaannya demikian, lantaran tempat wisata yg akan kita bahas kali ini berkaitan dengan loka wisata protesis yg bernuansa air, menurut kalian apa coba? Kolam renang, Yups terdapat benarnya, tapi lebih tepatnya merupakan wisata air Dam atau yg lebih dikenal menggunakan sebutan Bendungan.

Berwisata air & menikmati seluruh fasilitasnya niscaya menyenangkan ya. Apalagi loka wisata air tadi banyak menyediakan fasilitas penunjang misalnya permainan, peristirahatan & kebersihan.

Nah kebetulan loka wisata yg akan kita bahas kali ini menyediakan semua kebutuhan yang kita harapkan tadi.

Berlokasi pada kabupaten Tanggamus yg kaya akan potensi alam dan wisata, hal tersebutlah yang menciptakan Kecamatan Gisting Memanfaatkan Dam atau bendungan residu peninggalan Belanda buat dijadikan sebagai objek wisata.

Dam Margo Tirto  Gisting

dam margo tirto
dam margo tirto via insta @rifswiyo

Sedikit Cerita tentang sejarah terbentuknya Dam Margo Tirto yang terdapat pada Kabupaten Tanggamus ini. Pada Tahun 1930, Dam ini awalnya di bangun buat benteng pertahanan Belanda, & seiring berjalannya ketika selesainya Belanda pergi menurut Indonesia, Dam tersebut nir terurus lagi sebagai akibatnya banyak ditumbuhi pepohonan dan menjadi akbar bangunannya rusak.

Pada pertangahan tahun 2014 akhirnya pemerintah Kabupaten tanggamus memberikan bantuan materil dan berhubungan dengan warga setempat buat melakukan perbaikan pada Dam Margo Tirto dan menjadikannya sebagai objek wisata.

Dan kini , dengan keindahannya melihatnya saja kita telah dibuat tabjub sang kejernihan airnya, bagaimana nir. Ketika kamu sudah berada pada Dam atau Bendungan Margo Tirto ini kamu akan melihat betapa indahnya dasar Dam tadi.

Baca juga : Mata Air Way Sumpuk, Surganya Pecinta Foto Bawah Air

Dengan panjang Dam Margo Tirto yg mencapai 80 meter & lebar 30 meter Kamu juga bisa melihat bebrapa objek yang ada di bawah airnya, misalnya ganggang yg hayati pada dasarnya lengkap dengan rona hijaunya yang bisa menangkan hatimu.

Beberapa permainan jua dapat engkau temui, jadi cocok banget kalo kamu membawa famili buat berwisata ke Dam Margo Tirto ini.

Lokasi Dam Margo Tirto

Dam Air Margo Tirto Berlokasi di Kabupaten Tanggamus, tepatnya pada Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Tanggamus, Provinsi Lampung.

Haga Tiket

Harga tiket masuk ke wisata Dam Margo Tirto ini sangat terjangkau, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000,- per orang. Sedangkan buat harga sewa permain, pengelola memberikan tarif tambahan, misalnya sepeda air, pengelola mengenakan tarif sebanyak Rp. 10.000,- & kolam renang Rp. 3000,- .

Fasilitas di Dam Margo Tirto

fasilitas di dam margo tirto
fasilitas di dam margo tirto via insta @harismunandar_npl8

Beberapa fasilitas yang didapatkan sang pengunjung sangat beragam, mulai dari:

Gazebo/Pondokan

Pengunjung bisa beristirahat menggunakan bersantai-santai pada pondokan/gazebo ini bersama dengan famili atau pasangan.

Kolam Renang

Nah, jika kalian berlibur bersama dengan keluarga atau kerabat lainnya, kalian wajib mencoba sarana ini, karena air pada kolam renang Dam Margo Tirto ini sangat sejuk & segar.

Sepeda Air

Permainan ini juga menarik, kamu bisa mengelilingi Dam Margo Tirto dengan menaiki sepeda berbentuk bebek dan angsa ini bersama dengan pasangan.

Kantin

Nah, setelah lelah bermain di Dam Margo Tirto, kamu bisa beristirahat dan mengisi perut yg lapar menggunakan melahab beberapa masakan yg terdapat pada Dam tersebut. Namun pada biasanya banyak penjual yg menjual jajanannya berada pada sekitaran pemukiman warga .

Toilet

Kalau fasilitas yg satu ini sudah niscaya bisa ditemukan diberbagai tempat wisata ya, lantaran fasilitas kebersihan ini adalah fasilitas primer yang wajib dimiliki pengelola tempat wisata.

Penginapan pada Dam Margo Tirto

Nah jika kamu ingin bermalam di sekitaran Dam Margo Tirto, tidak jauh dari tempat wisata tersebut ada sebuah penginapan dengan nama Wisma  Voda.

Wisma Voda sendiri berlokasi pada Jalan Raya Gisting, Tanggamus, Kota Agung Timur, Kabupateb Tanggamus, Lampung.

Fasilitas yang disediakanpun relatif lengkap dan glamor, tidak lupa pemilik penginapan pula menaruh fasilitas kolam renang. Sedangkan buat harga sewanya sendiri masih terbilang murah, Pengunjung yang ingin menginap hanya perlu membayar Rp. 290.000,- per malamnya.

Tips Berwisata ke Bendungan Margo Tirto, Gisting

dam margo tirto
dam mrgo tirto via insta @faridz_mussaenda-

Beberapa tips yang bisa kami berikan buat kamu waktu berwisata ke Dam Margo Tirto merupakan sebegai berikut.

Selalu jaga kebersihan & kelestarian loka wisata tadi menggunakan cara tidak membuang sampah & merusak fasilitas yg ada.

Post a comment

0 Comments