Jelajah Nusantara : Keindahan Air Terjun Semantung atau Bangkuang di Lampung Barat

Hallo teman wisata selesainya beberapa ketika lalu kita membahas tempat wisata yg berada pada Kabupaten Lampung Selatan & Bandar Lampung, & dalam kesempatan kali ini kita akan membahas wisata alam yg ada pada Lampung Barat, yaitu air terjun Semantung atau yg sering disebut jua dengan sebutan air terjun bangkuang.

Seperti yg kita ketahui Lampung Barat merupakan satu menurut 5 belas Kabupaten yang terdapat pada Provinsi Lampung. Dengan Ibu kotanya yang berada di Liwa, membuat Liwa menjadi pusat bisnis & pusat pemerintahan menggunakan segala kesibukannya.

Lampung Barat Memang Memiliki daerah geografis yg lebih secara umum dikuasai adanya perbukitan, hal tersebutlah yang membuat Lampung Barat poly memiliki wisata alam seperti air terjun. Seperti wisata alam yg akan kita bahas kali ini yaitu wisata air terjun semantung.

Air Terjun Semantung

air terjun semantung
air terjun semantung via insta @endangguntorocanggu

Mungkin sebagian dari Traveller terdapat yg bertanya mengapa Air Terjun Semantung diklaim juga dengan sebutan air terjun Bangkuang, Jadi Menurut Penuturan Masyarakat kurang lebih, sebutan bangkuang tadi berawal menurut banyaknya tanaman Pandan yg terdapat disekitaran air terjun tersebut.

Bangkuang adalah tumbuhan seperti pandan, dan rakyat lebih kurang seringkali menyebutnya dengan sebutan Bangkuang.

Nah sedangkan untuk penyebutan Air Terjun Semantung sendiri diambil berdasarkan nama dusun disekitar lokasi air terjun tadi.

Sekitar Bulan Juli 2019 Karang Taruna dan Pokdarwis bersama sama mengelola Air terjun Semantung ini menjadi objek wisata, namun antusiasme pengunjung yang tiba ke lokasi ini memang sangat banyak, terbukti dari banyaknya wisatawan yg berkunjung pada akhir tahun kemudian.

Meningkatnya antuasiasme mesyarakat tersebut tidak lain karena keindahan yg didapatkan sang air terjun tadi. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan aliran air yg cukup deras pasti membuat takjub mata pengunjung, apa lagi ditambah dengan deburan air yang jatuh membangun biasan yang terlihat misalnya pelangi apabila terkena cahaya.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Semantung

air terjun semantung di lampung barat
air terjun semantung di lampung barat via insta @endangguntorocanggu

Harga tiket masuk ke Air terjun semantung boleh dibilang relatif relatif terjangkau, dimana pengunjung tidak dikenakan porto masuk atau masih gratis. Namun Pengunjung hanya diwajibkan buat membayar porto parkir sebesar Rp. Lima.000,-.

Dengan uang lima ribu rupiah tersebut kamu sudah bisa menikmati keindahan & kesejukan yg dihadirkan sang air terjun semantung, keren banget kan.

Lokasi Air Terjun Semantung

Buat traveller yg ingin tiba ke lokasi air terjun ini, Air terjun semantung berlokasi pada Dusun Semantung, Pekon Busungan, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Untuk menuju lokasi air terjun ini bisa dibilang nir mudah, lantaran engkau akan melewati beberapa jalan yg sedikit curam.

Perjalanan berdasarkan Pusat Kota Liwa menuju air Terjun semantung jaraknya memang relatif jauh, kurang lebih 64 km atau menggunakan ketika tempuh sekitar 30 mnt sampai hingga di lokasi.

Fasilitas di Air Terjun Semantung

keindahan air terjun semantung lampung barat
estetika air terjun semantung lampung barat via insta @endangguntorocanggu

Untuk fasilitas penunjang memang tidak banyak yg disediakan sang pengelola, namun engkau bisa menikmati estetika-keindahan alam yg disajikan sang alam pada Lampung Barat Tersebut.

Kamu bisa membuat konten video atau hanya sekedar berfoto dengan view air terjun yang latif tersebut. Bagaimana menurutmu, tentu sangat menyenangkan ya mdapat berwisata kesana.

Tips Berwisata ke Air Terjun Semantung

Nah, buat traveller yg ingin berwisata ke Air terjun Semantung mungkin sama dengan loka wisata pada alam terbuka lainnya. Berikut ini tips yang biasa kami berikan buat para traveller merupakan menjadi berikut:

Pertama, Selalu jaga kebersihan area sekitar loka wisata menggunakan tidak mencemari aliran sungai & jangan membuang sampah sembarangan.

Kedua, jaga Jangan merusak fasilitas yg ada, lantaran menggunakan merawatnya sama saja kita mewariskan keindahan buat anak cucu kita.

Nah teman, itulah ulasan tentang wisata alam air terjun semantung, jika meurut kamu artikel ini berguna, silahkan engkau share ke sahabat-temanmu. Dan apabila kamu memiliki beberapa pertanyaan seputar tempat wisata di Provinsi Lampung, silahkan tinggalkan dikolom komentar.

Post a comment

0 Comments