Jelajah Nusantara : Indahnya Air Terjun Sungai Karuh, Pesona Belantara Meratus

Wisata Air Terjun Sungai Karuh – Meratus punya pesona!Di tengah lebatnya hutan pegunungan Meratus terdapat Air Terjun Sungai Karuh yang keindahannya tak bisa ditolak. Hanya segelintir orang yang mengetahui air terjun eksotis satu ini, dan Anda yang kini tengah mengenalnya semoga menjadi ide baru destinasi liburan Anda di Kalimantan Selatan.

air-terjun-sungai-karuh-halau-halau-1901-mdpl

Air terjun Sungai Karuh memang tidak seramai wisata air terjun di Loksado atau pun Air Terjun Tayak di Balangan. Ya mungkin saja karena lokasinya terkenal sulit dan menantang untuk dituju.

Air Terjun Sungai Karuh berada pada Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Untuk menujunya kurang lebih 6-8 jam berjalan kaki menurut Desa Kiyu yang tak lain adalah desa terakhir yang dapat dijangkau dengan tunggangan roda empat atau roda 2.

Tetapi bagi masyarakat setempat yg sudah terbiasa menggunakan kontur pegunungan, umumnya menghabiskan ketika lebih kurang 3-4 jam lamanya berjalan kaki.

Kalau boleh jujur, mayoritas pengunjung yang mengunjungi Air Terjun Sungai Karuh adalah para pendaki gunung yang hendak menuju puncak Gunung Halau-Halau 1901 Mdpl. Yap! Titik lokasi air terjun setinggi -+ 80 meter ini memiliki satu jalur menuju puncak Halau-Halau dan berada dekat gubuk shelter 1 yang biasa pendaki jadikan tempat bermalam di hari pertama pendakian.

Nah, kalau boleh jujur lagi. Walau tracknya terkenal cukup menguras tenaga, tapi seru banget lho untuk dicoba. Dari Desa Kiyu, Anda akan melewati perkebunan warga sekitar, terus menanjak lagi melewati hutan tropis khas Kalimantan. Suasanaya sangat teduh dan sejuk, pohon-pohon tinggi ber-diamater besar dan anak sungai akan sering Anda jumpai.

Shelter yang ada Dari Desa Kiyu menuju Air Terjun Sungai Karuh adalah Bukit Tiranggang. Setelah tempat perisitrahatan Tiranggang hanya membutuhkan sekitar 3 jam perjalanan dan tracknya dominan menurun namun sudah mulai sering dijumpai binatang lintah atau pacat (binatang penghisap darah). So! berjaga-jaga ya!

Pesona Air Terjun Sungai Karuh

Hal pertama yang akan menyambut Anda ketika menyambangi air terjun cantik ini adalah suara guyurannya yang terdengar dari kejauhan ratusan meter. Suaranya yang menyatu dengan kicauan hewan dan angin meniup daun bak orkestra alam yang menenangkan. Air Terjun Sungai Karuh meski dimusim kemarau sekalipun tetap mengalir dengan indahnya. So! air terjun ini bisa dikunjungi setiap waktu.

air-terjun-sungai-karuh-halau-halau-1901-mdpl

Hawa disekitar air terjun sangat sejuk karena pecahan butir-butiran air terjun. Anda bisa seru-seruan main air, bisa berendam langsung di bawah guyurannya atau menikmati alirannya saja. Tebing batu dekat air terjun bisa Anda naiki lho, sehingga keren banget dijadikan spot foto. Bebatuan alam yang menyebar di sekitarnya juga begitu eksotis. Tak ketinggalan pepohonan untuk menggantung hammock.

Menikmati pemandangan Air Terjun Sungai Karuh sambil menyeduh kopi akan mengakibatkan liburan Anda terasa khas.

Tips Wisata pada Air Terjun Sungai Karuh

1. Karena menuju lokasi membutuhkan waktu yang lumayan lama 6-8 jam. Disarankan untuk bermalam di basecamp sungai karuh agar lebih menikmati dan tidak dikejar waktu.

2. Persiapkan peralatan camping yang memadai. (Tenda, Konsumsi, korlap, SB atau pakaian hangat, P3K, dll). Selain kebutuhan itu, hindari membawa barang lain terlalu banyak. Nanti kecapek-an!

3. Berwisata dimana pun Anda, selalu jaga kebersihan dan keindahan tempat wisata yang Anda kunjungi. Jangan sampai merusak ya!

4. Jangan lupa untuk mengabadikan banyak moment  seru di sana sebagai bukti bahwa Anda pernah berwisata ke Air Terjun Sungai Karuh.

Nah itulah review singkat indahnya Air Terjun Sungai Karuh, di tengah lebatnya belantara pegunungan Meratus.Yuk Packing!

Post a comment

0 Comments