SEJARAH DAN PEKEMBANGAN IKAN MAS KOKI

Ikan Mas Koki

Para hobbis pasti sudah mengenal erat dengan ikan lucu, indah dan menggemaskan ini. Ikan maskoki yang memiliki nama latin carrasius auratus pada awalnya dibudidayakan oleh masyarakat Cina pada tahun 960-1729. Awalnya bentuk maskoki sama seperti ikan mas, karena memang jenis ikan ini berasal dari satu kerabat. Bedanya maskoki tidak memiliki sepasang sungut di mulutnya. Kemudian pada masa dinasti Ming (1368-1644) popularitas maskoki mulai menanjak, dari sinilah bermunculan maskoki dengan bentuk tubuh yang bervariasi dan unik.

Para ahli perikanan sendiri memang sepakat bahwa ikan mas koki memang berasal dari Cina, bukan dari jepang seperti sangkaan kebanyakan orang awam. Para ahli ini yang menulis buku-buku yang mengupas tentang mas koki yang berasal dari negeri Cina. Berdasarkan penelitian kromosom, spesies ikan yang ditemukan di Cina yang masih berhubungan erat dengan mas koki. nama ikan itu karper crucian (Crucian Carp). Bentuk karper crucian menyerupai ikan mas yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia. Perbedaannya, karper crucian tidak memiliki misai, sedangkan ikan mas memiliki sepasang misai pada mulutnya. mas koki Karper Crusian (Crucian Carp), nenek moyang maskoki Kata para ahli, karper crucian inilah yang sebenarnya disebut ikan mas atau goldfish dalam bahasa inggris. Sedangkan ikan mas yang terdapat di Indonesia tak lain adalah karper. Nama ikan mas untuk karper lazim digunakan pendusuk di Jawa, khsusunya di Jawa Timur. Adanya pertalian kromosom itu, para ahli yakin bahwa karper crucian-lah yang merupakan asal muasal mas koki. Kalau kini tidak ada lagi persamaan bentuk antara mas koki dan karper krusian, penyebabnya adalah sudah terjadi mutasi dan kawin silang pada turunannya.

Dalam perkembangannya maskoki sudah menyebar hampir keseluruh penjuru global, sebuah cerita pada eropa menyampaikan Sekitar tahun 1755, seorang raja Perancis yg bernama Louis XV sudah menaruh maskoki yg sangat latif menjadi hibah kepada keliru seseorang rekannya.

Perkembangan maskoki lalu merambah hingga negeri sakura Jepang. Di negeri Jepang, ikan mas koki ini terus mengalami perkembangan pesat sampai dihasilkan jenis-jenis baru dengan bentuk yang lebih varatif misalnya saat ini. Maskoki jenis baru ini adalah hasil perkawinan silang yang monoton dilakukan hingga didapat ikan maskoki yang semakin latif dan unik.

Ikan yang dihasilkan diantaranya berbentuk bulat, pendek, benjol-benjol, bersirip panjang, dan dalam jenis eksklusif ekornya menjuntai mirip selendang. Jenis inilah yang diklaim menjadi carrasius auratus yang lebih dikenal pada Indonesia dengan sebutan mas koki. Dari negeri Jepang ini, ikan koki mulai menyebar ke penjuru global termasuk Indonesia. Beragam jenis ikan mas koki dapat kita temukan mulai dari sederhana hingga yg unik bentuknya seperti jenis; Beragam jenis ikan mas koki dapat kita temukan mulai menurut sederhana sampai yang unik bentuknya misalnya jenis; Bubble Eye, Ranchu, Ryukin, Oranda, PomPom atau Hanafusa, & lain-lain. (Baca juga Jenis-jenis Ikan Mas Koki di sini !!)

Demikian tentang sejarah & pekembangan ikan mas koki, semoga artikel ini berguna buat mempertinggi pengetahuan para hobbis. Terimakasih.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami http://anekapeliharaanhias.Blogspot.Co.Id/

Post a comment

0 Comments