BUNGA PUKUL SEMBILAN (Portulaca Grandiflora)

Aneka-Peliharaanhias----Bunga atau kembang pukul sembilan orang menyebutnya. Di beberapa daerah di Indonesia bunga ini terkenal sebagai bunga pukul sembilan. Di sebut bunga pukul sembilan lantaran bunga ini hanya muncul & bermekaran setiap pagi hari kurang lebih pukul sembilan. Sore harinya sampai menjelang malam bunga-bunga akan layu dan perlahan-lahan hilang, digantikan kuncup baru yang siap mekar berkembang besok paginya lagi.

Tanaman bunga ini disebut dengan berbagai nama. Portulaka, Krokot, Bunga Pukul Sembilan, Cantik Manis, Sutera Bombay, hingga dengan nama latin tanaman ini, Portulaca grandiflora. Nama portulaka dan krokot merujuk pada nama genus bunga ini yakni Portulaca. Di Indonesia, berbagai jenis Portulaca disebut sebagai krokot. Sedang nama ‘bunga pukul sembilan’ diberinama kerena kebiasaan bunga ini yang mulai mekar dan berkembang indah pada sekitar pukul sembilan pagi tadi.

Seperti dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris pun, jenis bunga krokot ini memiliki sederatan nama. Nama-nama itu antara lain rose moss, eleven o’clock, mexican rose, mose rose, sun rose, rock rose, hingga moss-rose purslane.

Nama latin bunga ini adalah Portulaca grandiflora Hook dengan beberapa nama sinonim seperti Portulaca hilaireana G. Don, Portulaca immersostellulata Poelln., Portulaca mendocinensis Gillies ex Hook., Portulaca multistaminata Poelln., dan Portulaca pilosa subsp. grandiflora (Hook.) R.Geesink. Bunga ini berkerabat dekat dengan bunga Gelang Biasa (Portulaca oleracea L.).

Portulaka atau Bunga Pukul Sembilan merupakan tanaman berasal Amerika Selatan (Argentina, Brasil, & Urugay) yg lalu tersebar ke berbagai loka pada dunia termasuk Indonesia.

Selain sebagai tanaman hias, Bunga Pukul Sembilan (Portulaca grandiflora) dapat digunakan sebagai tanaman obat herbal. Portulaka memiliki kandungan portulal, betacyanin, betanin, dan betandin. Dengan kandungan tersebut, seluruh bagian tumbuhan ini berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan, memar, radang kulit, maupun luka bakar.

Klasifikasi Ilmiah Portulaka. Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Caryophyllales. Famili: Portulacaceae. Genus: Portulaca. Spesies: Portulaca grandiflora Hook .

Demikian tentang bunga pukul sembilan, yang sangat menawan, Keindahannya jangan ditanya lagi, apalagi jika di tanam di taman dengan penataan apik dengan mengkombinasikan beberapa warna bunga dan jenis lain dari varian bunga ini. Sangat indah menawan memberikan kesegaran pagi yang semakin indah di lingkungan rumah keluarga kita.

Referensi dan gambar :

www.Plantamor.Com/index.Php?Plant=1047

en.Wikipedia.Org/wiki/Portulaca_grandiflora

Commons.Wikimedia.Org/wiki/Portulaca_grandiflor

https://srohm14.Blogspot.Com

gambar : dokumen pribadi;

https://plus.Google.Com/111808284887125307121/posts/cz5PEFJra5x

Post a comment

0 Comments