Seputar Fakta Burung Rambatan

DhanyInfo™ - Burung Rambatan atau Munguk Beledu memiliki nama latin Sitta frontalis, adalah burung yang habitatnya tersebar sampai ketinggian 1.500 di permukaan air laut. Burung ini memiliki suara yang sangat tajam sekali. Sangat cocok untuk dijadikan master burung lain, dan bukan tidak mungkin suaranya akan menjadi andalan di arena perlombaan.

Habitat

Burung Rambatan ini poly ditemukan di area perkebunan,perbukitan,rawa & hutan-hutan rendah lainya dan tersebar di negara Asia Tenggara, Sunda akbar,Filipina,India,Semenanjung Malaysia & pada Indonesia Sendiri poly tersebar pada pulai Klaimantan,Sumatera & Jawa.

Perbedaan Jantan dan Betina

Burung  jantan dan betina dapat dilihat pada warna bulu yang melingkar pada bagia mata, apabila jantan akan memiliki warna lingkar mata yang jelas kalau Beledu betina warna samar. Dan pada burung Jantan memiliki Garis hitam tepat di atas kedua matanya, sedangkan betina tidak.

Makanan

Pakanutama berupa voer halus, yang dicampur dengan kroto, ulat hongkong, ulat sangkar, dan jangkrik mini (telah dipotong kakinya). Anda jangan khawatir dengan setelan EF, karena rambatan bukan buat dilombakan, melainkan sekadar dijadikan burung isian saja. Yang krusial, hadiah ulat hongkong jangan terlalu berlebihan. Jadi berikan secukupnya saja. Misalnya 1 sdm voer halus dicampur menggunakan beberapa EF tersebut pada takaran secukupnya juga. Porsi ini diberikan pagi hari. Sore hari, pakan yang tersisa dibuang, diganti pakan baru dengan porsi yg sama misalnya pagi hari.

Perawatan

Perawatan burung Rambatan relatif gampang. Bahkan dengan perawatan minimalis sekalipun, Anda mampu memperoleh hiburan berupa kualitas bunyi yg maksimalis: gacor, menggunakan speed cepat & kedap. Sangkar yang digunakan berbentuk bundar misalnya yg biasa dipakai untuk lovebird, berjeruji kedap, halus, tetapi bertenaga. Sebab burung Rambatan akan tak jarang merambat pada jeruji sangkar. Beberapa sobat kicaumania jua menyediakan btg kayu yang diletakkan pada posisi berdiri (vertikal), menggunakan kemiringan tertentu, misalnya 75-85 derajat, agar burung Rambatan berkesempatan memanjatnya. Tetapi ini nir absolut. Untuk perawatan harian merupakan menjadi berikut :

1.Mandi bisa dilakukan 2 hari sekali.

2.Penjemuran relatif 1 jam, lantaran rambatan sebenarnya lebih menyukai lingkungan yang nir terlalu panas.

3.Pengerodongan kandang hanya dilakukan setelah pukul 16.30 sampai pagi hari.

4.Agar burung Rambatan rajin suara, dekatkan kandang jantan & kandang betina.

Post a Comment

0 Comments