Mengenal Jenis-Jenis Hamster Peliharaan

DhanyInfo™ - Bagi anda yang sudah bulat akan membeli hamster, tetapi anda bingung akan memilih jenis hamster mana yang sebaiknya anda peliara dan anda juga belum mengenal jenis-jenis hamster dengan baik.

Jenis-Jenis Hamster

Hamster termasuk dalam ordo rodentia atau hewan pengerat, sehingga bisa dikatagorikan kerabat tikus. Hamster adalah binatang malam, waktu siang di pergunakan untuk tidur dan istirahat sedangkan pada malam hari di pergunakan untuk main, mencari makan dan berkembang biak. Setiap hamster memiliki kepribadian yang unik dan memiliki sifat yang berbeda pula dengan setiap masing-masing hamster. Dari setiap jenis hamster ada sifat dan karakter khusus yang bisa di tonjolkan. Ciri-ciri khusus inilah yang akan saya bahas, teori yang saya tulis di sini mungkin sedikit berbeda dengan kenyataan dan berbeda dengan pendapat orang lain. Ini hanya garis besar ciri-ciri dan sifat umum dari setiap jenis hamster yang ada di Indonesia.

Di Indonesia saat ini terdapat  5 jenis hamster yang saya ketahui, yaitu:

1. Hamster Syrian

2. Hamster Campbell

tiga. Hamster Winter White

4. Hamster Roborovski

5. Hamster Hybrid

Jika anda menemukan penjual yg menjual jenis hamster di luar kelima jenis pada atas, maka bisa pada pastikan penjual itu tidak tau apa-apa mengenai hamster tadi & umumnya mereka menciptakan 'nama baru' versi masing-masing penjual.

HAMSTER SYRIAN

nama latin: Critetinae mesocricetus auratus

Tidak suka menggigit

Ukuran dewasanya rata-rata mencapai 12-20 centimeter

masa kehamilan hamster syrian rata-homogen 15-20 hari

batas umur homogen-rata 1,lima-3 tahun (apabila dirawat menggunakan baik)

umur siap kawinnya nisbi cepat (dua-3bulan)

mudah dijinakkan

soliter (hidup menyendiri)

Hamster Syrian

Hamster Syrian mempunyai sebutan lain yaitu 'hamster lokal' & 'giant hamster'. Di sebut 'hamster lokal' karena asalnya dari Indonesia tapi pungkasnya sih karna pada ternakan di Indonesia (padahal hamster lain pula di ternakan pada Indonesia).

Di sebut 'giant hamster' lantaran memang berukuran tubuhnya paling besar diantara jenis hamster lainnya yg ada pada Indonesia. Kenyataannya pada global ini terdapat jenis hamster yg paling besar & bahkan menyandang nama resmi sebagai 'giant hamster' namun hamster jenis ini termaksud hamster liar & tidak dapat di pelihara oleh insan ataupun di perjualbelikan.

Kelebihan berdasarkan hamster syrian yaitu lantaran hamster ini ukurannya besar & gerakannya relatif lambat pada banding dengan hamster jenis lain, mudah pada pegang dan mudah di jinakan sebagai akibatnya sangat cocok buat anak-anak. Hamster syrian jua mempunyai banyak variasi warna, mulai berdasarkan yang polos hingga yg memiliki berbagai corak rona.

HAMSTER CAMPBELL

nama latin: Cricetinae phodopus sungorus campbell

senang menggigit

ukuran dewasanya rata-homogen mencapai 9-15 centimeter

masa kehamilan hamster campbell rata-homogen kurang dari 20 hari

batas umur rata-rata dua-2,lima tahun (apabila dirawat menggunakan baik)

umur siap kawinnya nisbi cepat (dua-3bulan)

berkoloni (hayati berkelompok)

Hamster Campbell

Hamster Campbell merupakan hamster kecil yg memiliki paling banyak variasi warna dan tipe bulu, karakter yg menonjol dari hamster ini adalah sifatnya yang 'lebih berani' dibandingkan menggunakan jenis hamster yang lain. Untuk ketika ini hamster campbell masih menyandang sebutan menjadi 'hamster galak' lantaran seringkali menggigit tangan kita, tapi saya konfiden menggunakan perlakuan lembut dan bisnis buat menanamkan agama, hamster campbell ini sanggup menjadi jinak dan teman yg sangat menyenangkan.

Kelebihan hamster campbell adalah mempunyai poly variasi rona & tipe bulu sehingga anda dapat menentukan banyak pilihan. Hamster ini terbilang pintar buat ukuran seekor hamster dan ada sedikit tantangan bagi anda buat menjinakan hamster campbell yg selama ini dikenal galak.

Kekurangan hamster campbell adalah lantaran banyaknya hamster campbell yang 'salah asuh' & sebagai galak, tentu saja hamster ini nir cocok untuk anak kecil & orang yg tidak rela terkena gigitannya.

Hamster ini tak jarang diternakan secara massal sebagai akibatnya kualitasnya banyak yang menurun, sama seperti hamster syrian.

HAMSTER WINTER WHITE

nama latin: phodopus sungorus sungorus

pemalas

ada yang senang menggigit dan ada yang tidak

berukuran dewasanya rata-homogen mencapai 9-12 cm

masa kehamilan hamster winter white homogen-homogen 15-21 hari

batas umur rata-rata dua-2,lima tahun (apabila dirawat menggunakan baik)

umur siap kawin tergolong lama (4-5bulan)

berkoloni (hayati berkelompok)

Hamster winter white

Hamster winter white ini mempunyai penampilan yang seperti dengan hamster campbell, namun terdapat disparitas karakteristik fisik menggunakan hamster campbell. Hamster winter white dewasa ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan hamster campbell dan umumnya hanya memiliki 3 jenis variasi warna yaitu: normal, sapphire dan pearl. Karakter hamster jenis ini lebih hening dan poly juga yg penakut, & kalau jinak hamster ini senang memanjat ke tangan manusia.

Kelebihan hamster winter white ini yaitu lebih jinak dibanding dengan jenis hamster yang lain, dan hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di suhu yang normal Kekurangan hamster winter white ini yaitu lebih malas dibandingkan dengan hamster jenis yang lain dan lebih banyak mengabiskan waktunya untuk tidur daripada untuk bermain. Hamster winter white ini ada juga yang galak dan senang menggigit, untuk kasus seperti ini biasanya menggigit lebih keras daripada hamster campbell dan sering tidak mau melepaskan gigitannya, berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur.

HAMSTER ROBOROVSKI

nama latin: Cricetinae phodopus roborovskii

lincah & senang berlari

tidak menggigit

sulit untuk dijinakkan

ukuran dewasanya rata-homogen mencapai 4-lima centimeter

masa kehamilan hamster roborovski homogen-rata 20-30 hari

batas hidup rata-homogen dua-4 tahun (apabila dirawat dengan sahih)

umur siap kawin tergolong lama (7-8bulan)

berkoloni (hayati berkelompok)

Hamster roborovski

Hamster roborovski adalah hamster yg paling kecil diantara jenis hamster lainnya. Hamster ini memiliki gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat dan cemderung lebih takut pada insan dibanding menggunakan jenis yg lain. Hamster roborovski biasanya hanya memiliki dua variasi warna yaitu: normal & white face (muka putih) menggunakan rona bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan & bagian perut putih.

Kelebihan hamster roborovski yaitu salah satu hamster yang paling digemari juga ukurannya yang paling kecil dan  mukanya yang paling berbeda dibanding dengan jenis hamster yang lain, lincah dan suka bermain. Kekurangan hamster roborovski yaitu sulit dipegang karna biasanya mereka melompat jika berada di tangan manusia, terlalu kecil untuk di genggam dengan nyaman, sifatnya terlalu penakut

HAMSTER HYBRID

hamster hybrid

Yang dimaksud menggunakan hamster hybrid adalah hamster yang lahir menurut hasil persilangan antara hamster campbell menggunakan hamster winter white. Hamster ini tidak boleh mengikuti show dan umumnya hanya beredar di kalangan hobits yang senang mengumpulkan jenis-jenis hamster. Saat ini pada Indonesia sendiri hamster hybrid pada jual menggunakan harga yg mahal karena dipercaya sulit di hasilkan, akan tetapi ini hanya mitos. Jika anda mengetahui induk dari hamster hybrid ini, anda akan menerima membentuk hamster hybrid dengan mudah.

Sekian dulu postingan hari ini,Semoga berguna...Selamat merawat hamster.

Post a comment

0 Comments