Cara Menambah Volume Suara Burung Berkicau

DhanyInfo.Com - Assalamualaikum...selamat malam sobat kicaumania di manapun anda berada. ketemu lagi di postingan malam ini, ya mungkin ada yang bilang "g ada kerjaan ya posting melulu??" ya..abaikan saja.hihihi..oke langsung saja untuk mempersingkat waktu kali ini saya akan memberikan Tips&trik untuk menambah volume suara burung murai batu, burung kenari, burung kacer dan burung kicau lainya. agar suara burung dapat optimal jenis apa saja sekali lagi Jenis apa saja. mungkin tepatnya mengoptimalkan dan memaksimalkan suara burung anda agar optimal,yang mungkin burung suaranya kalem tapi dari lubuk hati yang terdalam burung menyimpan suara yang woow sekali..hehehe.

dhanyinfo.blogspot.com

Pertama anda harus tau dulu penyebab dan syarat-syarat burung anda bisa bersuara maksimal :

Kita bahas dulu faktor-faktor penyebab burung mempunyai suara pelan baik sering ngeriwik ataupun ngeplong dan berkicau sehari-hari.

Faktor penyebab burung bersuara pelan :

1. Faktor Usia

Biasanya burung usia muda memang masih mempunyai suara yang kurang maksimal, jangan khawatir, kalau anda merawat dengan intensif pasti lama kelamaan juga suaranya bisa maksimal.

2. Adaptasi/Faktor Lingkungan

mungkin burung masih dalam keadaan tertekan dengan lingkungan, jangan heran kalau burung hasil tangkapan hutan hanya mau ngeriwik saja. itupun kalau keadaan di sekelilingnya sepi. burung bakalan/tangkapan hutan memang masih butuh waktu lama dalam mengenal lingkungan sekitarnya, anda harus sabar dalam point kali ini, rawatlah burung anda agar jinak dulu.

3. Faktor Kesehatan

Burung ingin berkicau harus sehat, itu adalah hal wajib dan tidak bisa ditawar.

4. Faktor Fisik

burung layaknya mahluk hidup lainya, mempunyai ragam fisik yang berbeda meskipun masih dalam satu jenis burung. besar kecil panjang ataupun pendek pasti kalau diamati berbeda. burung dengan power suara tinggi umumnya mempunyai jenjang leher besar dan agak panjang dari umumnya. bentuk paruh bagian bawah lurus dan jika berkicau mampu membuka paruh sangat lebar. kalau masalah lain yang mempengaruhi seperti warna kaki hitam pekat, mata besar, badan besar,ekor pajang,dll,dll ya itu tergantung anda. saya percaya g percaya soalnya.hihihi.

Berikut gambar burung finch yang meskipun memiliki fisik kecil namun memiliki bukaan paruh lebar

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

Oke langsung saja,kalau point 1,2 dan 3 sudah terpenuhi kita langsung saja bahas tips dan triknya. oh ya..khusus point no. 4 itu diabaikan saja.hehehe.soalnya burung dengan tipe fisik diatas selain susah didapat juga pasti harganya mahal,karna kalau adapun anda harus bersaing dengan orang lomba yang anda pasti tau dompetnya tebel-tebel, kalau saya ya kabuuurrr....ya maklumlah dompet mahasiswa, mau beli burung harus nyicil dulu,hahaha.oke kembali ke laptop"kata om tukul". simak cara-cara berikut ini :

1. Penjemuran

Hal yang tidak bisa ditinggalkan bagi anda pemilik burung kicauan, jemur adalah hal terpenting dalam menambah volume suara sang burung, termasuk di postingan saya yang membahas kacer mbagong juga adalah penjemuran termasuk salah satu faktor untuk mengatasinya, cek disini Mengatasi kacer mbagong. lama penjemuran tergantung berapa lama si burung anda kuat.

2. Ekstra Fooding

makanan dari hewani alami ini merupakan hal penting dalam merangsang burung anda dalam berkicau. tingkatkan pemberian ekstrafood pada burung anda tetapi tetap terkontrol agar burung tidak over birahi yang ditandai burung jarang mengoceh tapi jadi grubyak-grubyuk di sangkar. berikan kroto dan jangkrik untuk merangsang burung berkicau, ulat hongkong sedikit saja untuk menambah efek panas dalam burung agar kalau berkicau bisa full power.

3. Mineral

Berikan asupan mineral yang baik dan sehat bagi burung anda, boleh air mineral botol ataupun air yang dimasak senditi, hndari memberi burung minum air mentah/belum di masak. Perhatian. saya sangat tidak menganjurkan untuk memberikan burung Air larutan penyegar merk apapun. burung itu bukan manusia, jadi dosis dalam minuman juga sangat tidak sesuai untuk burung. kalau anda ingin cara yang instan ya berikan larutan khusus burung atau obat-obatan yang sesuai yang banyak di jual. yang memang diperuntukkan untuk  burung,jadi dosisnya sudah lolos uji.

4. Kandang Umbaran

merupakan kandang untuk burung yang berfungsi untuk menambah kekuatan nafas burung dalam terbang, namun kabarnya mempunyai efek juga dalam menambah volume suara burung, kalau anda tidak mempunyai kandang umbaran boleh melewati point ini.

5. Lingkungan

Buruung yang di tempatkan di keramaian dengan di tempat sepi pasti beda, burung yang sering ditempatkan di keramaian pasti memiliki suara yang lebih keras di bandingkan dengan burung yang biasa ditempatkan di tempat sepi, jadi inti dari point no.5 adalah biasakan gantang burung anda di tempat keramaian.

6. Suara Burung Sejenis

Ini adalah faktor yang menguji sifat petarung burung anda, disini saya mengutarakan suara burung sejenis adalah pertemukan burung sejenis namun letakkan burung agak jauh, jangan terlalu dekat nanti malah di kira orang lagi Latberan.hehehe.tempatkan agak berjauhan,agar burung anda saling sahut menyahur, nanti kelihatan volume burung anda maksimal atau tidak.

Mungkin cukup itu saja tips dari saya,sekali lagi mungkin dalam postingan kali ini banyak kekurangan ya mohon maaf, semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu bagi kita semua. kata orang kita harus menghargai pendapat seseorang, mendukung yang sejalan dan toleran dengan perbedaan. sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Post a comment

0 Comments