Jelajah Nusantara : Wisata Air Terjun di Loksado yang Cantiknya Kebangetan

Wisata Loksado – Kawasan Kandangan Hulu Sungai Selatan, khususnya daerah Loksado memang surganya destinasi wisata alam. Keindahan alam yang masih asri dapat mengembalikanmood yang hilang. Tak hanya wisata pegunungan, wisata air terjun di Loksado juga sangat menarik dikunjungi. Keseruan wisatanya akan menyegarkan hati dan pikiran Anda. Tertarik?Yuk packing!

Wisata-Air-Trjun-Loksado

Karena berada di daerah pegunungan, tempat wisata Air Terjun di Loksado, Kalimantan Selatan di bawah ini sangat indah dan masih sangat alami.Keindahan alamnya tidak dibuat-buat!

1. Air Terjun Rampah Menjangan

Kata “Rampah” Berasal dari bahasa Dayak Meratus yang berarti “Air Terjun”. Air terjun Rampah Menjangan sebelumnya hanya diketahui oleh masyarakat sekitar dan komunitas pecinta alam lokal, namun setelah diliput salah satu acara TV Swasta yang meng-eksplore keindahan alam Indonesia “My Trip My Advanture” semakin tersohorlah dia.

air-terjun-loksad-rampah-manjangan

Keelokan air terjun Rampah Menjangan bisa Anda temui di dusun Loa Panggang, Desa Loklahung, Kecamatan Loksado, kandangan, kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Untuk menuju air terjun setinggi 25 meter ini, Anda harus menembus hutan perbukitan Meratus. Medannya cukup menantang namun seru karena akan melewati bukit-bukit kecil, waktu perjalanan akan menghabiskan sekitar 2-3 jam lamanya.

Lelah memang, tapi estetika yang Anda dapatkan akan membayarnya. Suasana alam yg sejuk, air terjun yang jernih, pemandangan bebatuan alam juga menambah kesan eksotis lokasi. Apabila ke sana, siapkan kamera terbaik Anda dan ambil foto sebesar-banyaknya yah!

2. Air Terjun Kilat Api

?Air Terjun Kilat Api, menurut namanya saja sudah mengundang penasaran. Apakah benar ada kilat apinya?

Air terjun dengan nama unik satu ini lokasinya berjarak sekitar 950 meter dari Tempat Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi Loksado HSS, Tempat Asyik Berlibur yeng lebih dahulu populer di Kalsel. Nah jika Anda berlibur ke Tanuhi sekalian saja ke Air Terjun Kilat Api ini, begitupun sebaliknya.

air-terjun-di-loksado

Dinamakan “Air Terjun Kilat Api” karena saking jernihnya dan jika airnya terpapar sinar matahari, sinarnya seakan memantulkan cahaya yang tampak bagai kilatan api yang menyala-nyala.Gokil!

Untuk mencapainya Anda harus menyeberangi sungai dengan jalan kaki, bisa jua menyewa rakit bambu menggunakan membayar seikhlasnya. Biasanya para wisatawan setidaknya membayar 5.000 rupiah. Air terjun satu ini memang tidak terlalu besar , tetapi panoramanya cukup anggun kok. Banyak spot keren buat foto-foto.

3. Air Terjun Haratai

Sesuai namanya, Air Terjun Haratai setinggi kurang lebih 20 meter ini terletak di desa Haratai. Jaraknya 9 kilometer dari pusat kecamatan Loksado, dan 50 kilometer dari kota Kandangan, 185 kilometer berdasarkan Banjarmasin.

haratai-loksado-hss

Keindahan air terjun Haratai tidak diragukan lagi, guyuran airnya sangat jernih & dingin. Di bawah air terjunya terdapat telaga yang mampu digunakan untuk main air. Tetapi perlu diingat, debit airnya relatif deras sebagai akibatnya wajib hati-hati apabila berenang persis di bawah guyurannya. Kalau di tepinya kondusif kok.

Di sekitar air terjun pula telah tersedia gazebo yg sanggup dipakai buat bersantai jika tidak ingin basah-basahan dengan air terjun.

4. Air Terjun Rampah Jelatang

Selanjutnya, wisata air terjun yg terdapat di Loksado adalaha Air Terjun Rampah Jelatang yang adalah 1 berdasarkan 3 rampah di Dusun Loa Panggang, Kec. Loksado. Titik lokasinya jua berada di pedalaman hutan, diperlukan sekitar dua jam perjalanan buat menujunya.

air-terjun-di-loksado

Jika dijelajah dari sungai bagian bawah, maka Air Terjun Rampah lambin yg pertama akan kita jumpai, ke atas lagi akan menumukan Rampah Jelatang, & semakin ke atas lagi Rampah Menjangan. Lokasi Rempah Jelatang berada pada tengah-tengahnya, walau demikian jarak di antara ketiga air terjun tadi tidaklah dekat.

Air Terjun Rampah Jelatang tingginya kurang lebih 20 meter dan mengalirkan air yg jernih, suasana alamnya sejuk dan hening lantaran dilingkupi hutan. Belum lagi hempasan air terjunnya yang elok , tentunya akan membuat hati dan pikiran jadi rileks.

Menurut informasi, dalam sisi sebelah kiti Air Terjun Rampah Jelatang terdapat air terjun lainnya, namun hanya berair pada ekspresi dominan penghujan.

5. Air Terjun Rampah Lambin

rampah-lambin-loksado-hss

Juga mempunyai ketinggian sekitar 20 meter, perbedaanya menggunakan Rampah Jelatang adalah debit air nya lebih poly. Untuk mencapainya Anda juga harus melewati hutan pegunungan Meratus yg khas dengan pepohonan rindang. Jika belum terbiasa terjun ke alam, perjalanannya akan sedikit menguras energi. Namun setelah hingga, Anda mampu menikmati indahnya nirwana alam Air Terjun Rampah Lambin.

6. Air Terjun Riam Hanai

Memiliki ketinggian 4 meter, air terjunya relatif deras dan jernih, dikelilingi flora hijau dan bebatuan alam itulah sedikit gambaran air terjun Riam Hanai.

Suasana pada Riam Hanai sangat hening dan nyaman, kolam pada bawah air terjunnya tidak terlalu pada sebagai akibatnya asyik buat berenang atau hanya sekedar merendam kaki.

riam-hanai-loksado-hss

Air Terjun cantik ini bisa Anda temukan di tempat Balai Adat Malaris, Desa Loklahung, Kecamatan Loksado. Lokasinya sanggup Anda tuju memakai sepeda motor, yang kemudian berdasarkan tempat parkir dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 200 meter. Apabila memakai kendaraan beroda empat, terpaksa harus parkir di Desa Loklahung yang kemudian dilanjutkan jalan kaki sejauh 700 meter. (akses jalannya tidak memungkinkan dilewati roda empat).

7. Air Terjun Tinggiran Hayam

Air Terjun Tinggiran Hayam memiliki tinggi kurang lebih 15 meter, letaknya pada Desa Kamawakan, Kecamatan Loksado. Entah karena apa dinamakan ?Air Terjun Tinggiran Hayam? Yg kentara apabila diartikan pada bahasa Indonesia ?Tinggiran Hayam? Berarti tempat ayam berpijak dalam suatu benda.

air-terjun-di-loksado-hulu-sungai-selatan

Lantaran lokasinya dikelilingi sang pepohonan dan bebatuan, wisata air terjun ini masih terasa sangat alami dan asri. Kolam di bawah air terjun Tinggiran Hayam ini cukup pada, jadi hati-hati ya menggunakan kedalaman kolamnya.

Itulah beberapa wisata air terjun di Loksado yang cantiknya kebangetan, segera atur waktu untuk mengunjunginya.Happy travelling!

Post a comment

0 Comments