Jelajah Nusantara : Bukit Halinjuangan Mawangi, Wisata Alam di kandangan HSS yang Asyik untuk Liburan

Bukit Halinjuangan di desa Mawangi, Kecamatan Padang Batung, Kandangan, HSS ini sudah ada tidak lama setelahBukit Palawan Mawangi, Serpihan Surga AlamLoksadonge-hits di sosmed. Karena lokasi keduanya yang cukup berdekatan yakni sama-sama di Desa Mawangi, membuat bukit Halinjuangan dan Bukit Palawan sering disebut oleh wistawan sebagai paket wisata yang wajib dikunjungi sekaligus.Yap! Benar sekali :)

Bukit Halinjuangan Mawangi, Spot Foto di Bukit Halinjuangan, Pemandangan Puncak halinjuangan

Bukit Halinjuangan menjadi destinasi wisata alam di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) diresmikan dalam 19 Maret 2017. Objek wisata ini dirintis sang selaku pemilik huma beserta menggunakan Karang Taruna Rajawali Muda RT 02 Desa Mawangi.

Keindahan Bukit Halinjuangan yg Memukau

Bukit Halinjuang atau banyak juga yang menyebutnya Gunung Halinjuangan ini patut Anda kunjungi saat berada di Kalimantan Selatan. Selain murah meriah, di tempat wisata ini Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sungguh “aduhai”. Banyak spot foto kekinian yang sangat sayang dilewatkan.So! Siapkan kamera terbaik Anda ya!

Lokasi Bukit Halinjuangan dan Jalur Pendakiannya

Lokasi Bukit Halinjuangan ini satu arah dengan Bukit Palawan, jaraknya keduanya tidak lebih 1 Kilometer. Alamat lengkap Bukit Halinjuang terletak di Jl. Hasan Basri RT 02 Desa Mawangi, Kecamatan Padang Batung, Kota kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Lokasinya sekitar 15 Km dari pusat kota Kandangan, atau jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan kecepatan sedang, akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit lamanya.

Setelah sampai di kaki bukit, para pengelola wisata sudah menyiapkan tempat parkir yang kondusif & memadai buat para pengunjung. Selanjutnya, para pengunjung mampu memulai melakukan pendakian puncaknya yg dagi.

Bukit Halinjuangan Padang batung, Pemandangan di Puncak Buit halinjuangan

Jalur pendakian dengan sudut elevasi 30 hingga 60 derajat harus Anda kalahkan untuk sampai di puncak Halinjuangan, menguras tenaga memang. Tapi jangan khawatir, treknya sudah ditata dengan dibentuk berundan atau anak tangga + bambu memanjang pada sisi kiri dan kanannya sebagai pegangan. Sehingga relatif aman. Selain itu pemandangan di sepanjang jalannya begitu ciamik, bagus sembari foto-foto. Dengan begitu keletihan mendaki Anda tidak akan terlalu terasa.

Jalur pendakiannya sangat teduh dengan deretan pepohonan karet warga sekitar plustumbuhan khas pegunungan lainnya. Di tengah perjalanan menuju puncak, Anda juga akan menjumpai sebuah pancuran air yang segar. Pancuran ini biasanya mengalir deras saat musim penghujan. Anda bisa memanfaatkanya untuk cuci-cuci muka, bisa juga untuk diminum.

Nah, karena Bukit Halinjuangan ini memang lebih tinggi dibanding Bukit Mawangi di seberangnya, maka sebelum sampai di puncaknya sudah akan terlihat pemandangan puncak Bukit Palawan dan bukit-bukit kecil lain disekitarnya. Waw!

Puncak Bukit Halinjungan

Saat di zenit Halinjuangan, panorama latif puncak dan bukit disekelilingnya nir bisa terbantahkan lagi. Rimbunya hutan belantara Loksado & gagahnya bentangan pegunungan meratus bisa Anda saksikan sembari bersantai menikmati udara sejuk di puncaknya.

BUit Halinjuangan Mawangi, Bukit Halinjuangan Padang Batung

Bukit halinjuangan Mawangi, Puncak Bukuit Halinjuangan

Tak hanya itu, menurut beberapa sumber. Tempat wisata di RT 02 desa Mawangi ini tenyata mirip dengan tempat wisata populer yang ada di Jogjalho,Jurang Tembelan nama tempat wisatanya. Nah, jadi Anda warga Kalimantan Selatan yang ingin menikmati pemandangan serupa dengan Jurang Tembelan di Jogja, tak perlu jauh-jauh ke luar kota. Datang saja langsung ke Bukit Halinjuangan yang eksotis ini.

Untuk para pengunjung yang hobi fotografi, tak usah takut tidak menjumpai spot foto keren di Bukit Halinjuang. Yang ditakutkan adalah bateraei kamera SLR atausmartphone Anda yang keburu habis ketika belum sempat mengabadikan semua momen seru berfoto di banyak spot keren di area puncaknya.

Spot foto mulai menurut, majemuk gardu pandang, pelaminan replika, jukung/ perahu berdasarkan kayu, jukung berdasarkan bambu, replika hati retak, taman jamur (tanggui), tempat tinggal tokoh kartun marsupilami, replika telapak tangan super besar, ayunan gantung & sarang burung raksasa dapat Anda jumpai dan jadikan latar foto keren Anda.

Bukit Halinjuangan, Puncak Bukit Halinjuangan

Selain foto-foto seru, kegiatan asyik lainnya yang bisa Anda lakukan di Bukit Halinjuangan adalah bermain ayunan,hammockdan berkemah. Jika Anda pemburusunset,momen senja saat matahari terbenam juga terlihat sangat cantik dari atas puncak bukit ini.

Jam Operasioanal, Harga Tiket dan Fasilitas pada Bukit Halinjuangan

Bukit Halinjuangan buka setiap hari(24 jam non stop).

Untuk menikmati segala keindahannya, isi dompet Anda tidak akan terkuras. Cukup membayar Rp6.000 Anda sudah mampu masuk bebas biaya parkir.

Saat berwisata ke Bukit Halinjuang, jangan takut kehauasan atau kelaparan. Karena di puncaknya sudah tersedia banyak warung-warung makan oleh warga sekitar.Harganya murah-muarah lho!

Menariknya lagi, kaca untuk bercermin + sisirnya juga telah tersedia di puncaknya. Nah, jadi tinggal siapkan alatmakeup-nya saja lagi kalau ingin dandan.

Tak hanya itu, demi kenyamanan pengunjung buat buang hajat. Sedikit menurun dari titik puncaknya juga sudah tersedia WC umum yang memadai.

Tips Berwisata pada Bukit Halinjuangan

1.     Di puncak Bukit Halinjuang sudah tersedia tempat sampah, jadi jaga kebersiahnnya dengan membuang sampah pada tempatnya.

2.    Jika ingin berkemah di puncaknya, sebaiknya persiapkan semua keperluan berkemah dari rumah. Di tempat wisata ini masih belum ada penyewaan alatcamping.

Nah, itulah informasi tentang Bukit Halinjuangan Mawangi, Wisata Alam di Kandangan HSS yang Asyik untuk Liburan. Yukpacking!

Happy tavelling!

Post a comment

0 Comments