APAKAH ANDA AKAN MEMBUAT ATAU MEMBELI AQUARIUM AIR LAUT? BACALAH INI JIKA BINGUNG!

ilustrasi aquarium laut

Tidak yakin apakah akan membuat atau membeli aquarium air laut? Membeli aquarium pabrikan sejauh ini merupakan pilihan termudah bagi sebagian besar individu. Namun, jika Anda terampil dengan alat dan pertukangan, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat tangki Anda sendiri. Bab ini akan mencakup instruksi DIY tentang cara membuat aquarium kaca 55 galon untuk menampung kehidupan laut. Anda akhirnya bertanggung jawab untuk memutuskan apakah akan membuat atau membeli aquarium air laut. Jika Anda merasa lebih nyaman dengan tangki yang dibeli, dapatkan satu!


Membuat tangki dari awal itu sulit dan tidak disarankan untuk pemula yang kurang sabar dan tidak mau mencari bantuan. Namun, dengan menggunakan daftar bahan yang disediakan, petunjuk langkah demi langkah, dan saran, Anda dapat membuat aquarium kaca Anda sendiri. Apakah Anda membuat atau membeli aquarium air laut, pengaturannya akan menyenangkan dan memuaskan. Namun, setelah membuat tangki unik sendiri maka anda akan mendapatkan kepuasan dua kali lipat.


Minimum: 30 Galon atau 114 Liter

Ketahuilah bahwa pengaturan aquarium air laut akan menghabiskan waktu dan uang Anda, dan jangan mengambil jalan pintas. Bahkan jika Anda mendedikasikan banyak waktu dan usaha untuk tangki kecil, Anda mungkin mengalami masalah. Jika Anda memilih langkah yang salah pada awalnya, Anda hampir pasti harus membeli yang lain, yang mungkin mengecilkan hati. Dengan kata lain, jika Anda tidak memiliki dana untuk membeli tangki yang menampung setidaknya 30 galon, jangan menginvestasikan apa pun.


Aquarium Akrilik atau Kaca

Kerugian dari pengaturan aquarium air laut kaca adalah beratnya. Ini berarti bahwa kaca dalam tangki besar akan sangat tebal. Carilah yang memiliki bingkai plastik untuk membuat tangki lebih stabil. Kaca berlapis tahan pecah namun lebih lemah dari kaca tempered.


Aquarium air laut akrilik memiliki jahitan yang lebih sedikit dan karena itu lebih transparan. Namun, penglihatan Anda mungkin terpengaruh di sudut-sudut. Karena tangki akrilik lebih ringan dari kaca, mereka dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran yang lebih besar. Akrilik juga lebih tahan terhadap kerusakan daripada kaca. Tangki akrilik, di sisi lain, dapat tergores dan lebih mahal daripada tangki kaca. Pencakar ganggang dan ornamen dapat dengan mudah menggaruknya. Kit tertentu dapat digunakan untuk menghilangkan tanda-tanda ini.



Langkah-Langkah Membuat Aquarium


Persiapan

Sebelum memulai, Anda harus belajar beberapa hal tentang bekerja dengan kaca. Anda akan membuat tangki setinggi 14 inci dengan panel kaca setebal 14 inci. Jika Anda ingin membuat aquarium air laut yang lebih besar, Anda perlu belajar cara menghitung ketebalan kaca yang tepat untuk ukuran tangki. Jika Anda belum memilih apakah akan membuat atau membeli aquarium air laut, Anda mungkin ingin memeriksa tingkat kenyamanan Anda berurusan dengan kaca.

Langkah Pertama : Desain

Langkah pertama adalah membuat tata letak atau skematik dari jenis aquarium yang Anda inginkan. Pastikan bahwa semua pengukuran Anda akurat sehingga tangki dapat dirakit dengan benar. Dua panel ujung aquarium ini dipasang ke panel belakang dan depan.


Panel depan, belakang, dan samping dipasang di atas lantai aquarium. Jika Anda tidak tahu cara memotong kaca, Anda dapat meminta para ahli melakukannya untuk Anda. Jika Anda membuat atau membeli aquarium air laut, Anda harus memahami bagaimana kaca dirakit, karena ini memiliki dampak signifikan pada stabilitas tangki.


Anda mungkin akan menggunakan tudung dengan pencahayaan. Saat membuat cetak biru Anda, Anda harus menyertakan tudung. Kaca padat tidak boleh ditempatkan di bagian atas aquarium, karena menghambat pertukaran gas di permukaan. Jika ini terjadi, aquarium Anda tidak akan menerima udara yang cukup, dan selanjutnya menyebabkan masalah kesehatan.


Langkah Kedua : Persiapan Peralatan Yang Dibutuhkan

Jadi, bahan apa yang diperlukan untuk membuat aquarium air laut? Apakah Anda membuat atau membeli aquarium air laut, Anda harus memperoleh semua komponen yang diperlukan untuk pengaturan laut yang berkualitas. Untuk membuat aquarium 55 galon, bahan-bahan berikut diperlukan:


* 1 panel kaca untuk bagian bawah tangki

* Satu depan, satu belakang, dan dua kacamata ujung

* Pisau cukur bermata tunggal.

 * Aseton.

* 100 persen sealant silikon yang tidak beracun. (Merek Semua Kaca® 100 persen Silicone Sealant)

* Gulungan handuk kertas 

* Spidol ujung felt yang dapat dicuci

 * Gulungan lakban 

* Kain ampelas atau  amplas karbida silikon 


Hal-hal yang Perlu Anda Pertimbangkan dalam Membuat Aquarium:

Anda harus memilih ukuran yang sesuai dengan daya muat di rumah Anda. Jika tangki Anda lebih besar dari 30 galon, Anda mungkin ingin meletakkan penyangga penyangga di tengahnya. Untuk mencapai hal ini, potong sepotong kaca selebar enam inci agar sesuai dengan sudut luar panel depan dan belakang. Gunakan silikon untuk memposisikannya di tempatnya.


Langkah Ketiga : Perlakuan pada Kaca

Selanjutnya, siapkan panel kaca. Gunakan kain ampelas atau  amplas karbida silikon untuk memoles tepi kaca. Menggunakan aseton, bersihkan sambungan panel kaca dan tepi setengah inci ke dalam. Siapkan lakban dengan memotong enam belas potongan sepanjang 5 inci. Tempatkan mereka di dekatnya. Selalu berhati-hati saat bekerja dengan kaca. Apakah Anda membuat atau membeli aquarium air laut, ini benar.


Langkah Keempat : Perakitan

Tempatkan komponen Anda dalam urutan perakitan yang benar di lantai atau meja. Tandai mereka dengan kata-kata atau panah jika perlu sehingga Anda tidak kehilangan jejak. Tempatkan panel bawah pada permukaan yang halus dan tahan gores. Tempelkan delapan potong selotip ke bagian bawah kaca (sisi lengket ke atas). Jika Anda memutuskan untuk membuat atau membeli aquarium air laut, Anda harus selalu menghindari menggaruk kaca.


Pasang panel kaca depan sekarang. Selanjutnya, lipat dan tempelkan dua bagian bawah pita ke kaca. Sekarang panel sisi pertama siap dipasang, lipat dua lakban bawah ke atas dan tempelkan ke bagian depan kaca. Pasang panel samping ke panel depan menggunakan dua potong pita.


Selanjutnya, pasang panel samping yang tersisa dan panel belakang. Setelah tangki dirakit, gunakan silikon untuk menutup delapan tempat sambungan interior. Gunakan jumlah kecil dan tingkat silikon dengan ibu jari Anda. Biarkan tangki untuk duduk selama 24 jam sehingga silikon dapat menyembuhkan. Apakah Anda memilih untuk membuat atau membeli aquarium air laut, sangat penting bahwa itu tidak bocor!


Langkah Kelima : Pengujian

Setelah masa istirahat, air tawar dapat ditambahkan ke tangki. Berikan waktu 12 sampai 24 jam untuk beristirahat. Anda sedang melakukan tes kebocoran pada tangki Anda! Periode tes 24 jam akan memberi Anda jaminan yang lebih besar bahwa tangki Anda memang kedap air. Ini penting apakah Anda sedang membuat atau membeli aquarium air laut.


Setelah Anda menentukan bahwa aquarium Anda cocok untuk lingkungan laut Anda, Anda dapat merencanakan ikan, invertebrata, dan tanaman yang akan menghuninya. Tidak penting apakah Anda membuat atau membeli aquarium air laut. Mayoritas orang mungkin akan memilih kenyamanan melangkah ke toko dan memilih tangki yang selesai dengan sempurna, tetapi bagi mereka yang menikmati tantangan, membuat tangki Anda sendiri bisa sangat memuaskan. Setelah menyiapkan semuanya, Anda akan merasa dua kali lebih bangga! Nikmati tangki ikan baru Anda!


MENGATUR AQUARIUM AIR LAUT ANDA.


Setelah perkenalan kami dengan aquarium air laut, bagian ini akan menunjukkan kepada Anda cara mengatur aquarium air laut agar tampak alami.


Beberapa hal mempengaruhi jenis pengaturan aquarium air laut yang Anda pilih. Misalnya, spesies yang ingin Anda stok, jumlah ruang yang Anda miliki, dan anggaran Anda. Secara umum, Anda harus mengatur aquarium air laut  yang anda mampu untuk memeliharanya.


Berikut ini adalah cara  agar ikan dan makhluk lain dapat tumbuh di lingkungan yang paling nyaman. Ikan dan invertebrata lain yang Anda masukkan ke dalam tangki Anda membutuhkan cukup ruang untuk berenang dan tumbuh dan oksigen yang cukup untuk bertahan hidup. Ingatlah bahwa ukuran tangki menentukan dua kriteria ini ketika memilih pengaturan aquarium air laut.


Jadi mari kita bicara tentang pasokan oksigen dalam tangki air asin. Jumlah oksigen dalam air sebanding dengan luas permukaan tangki. Ini mengacu pada jumlah luas permukaan yang terbuka di permukaan tangki. Semakin luas permukaan desain aquarium air laut memiliki lebih banyak ruang untuk pertukaran oksigen di permukaan.


Semakin banyak oksigen yang diizinkan masuk ke dalam tangki dan semakin sedikit gas beracun seperti karbon dioksida, semakin sehat pengaturan aquarium air laut Anda. Suhu air berdampak pada kandungan oksigennya. Secara umum, semakin rendah kandungan oksigen, semakin hangat airnya.


Bagaimana Anda melakukan hal ini? Tata letak aquarium air laut tradisional tidak ada. Tank laut ada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Namun, luas permukaan ditentukan oleh bentuk tangki daripada volumenya. Ini berarti bahwa, tergantung pada bentuknya, dua tangki dengan kapasitas yang setara mungkin tidak memiliki luas permukaan yang sama. Pengaturan aquarium air laut yang tinggi dan tipis tidak akan memiliki tingkat pertukaran gas yang baik. Desain yang pendek dan lebar akan lebih sempurna.


Kini sudah waktunya untuk mulai berpikir tentang penghuni tangki Anda. Tentu saja, ukuran tangki Anda akan menentukan berapa banyak ikan dan invertebrata yang dapat Anda simpan di dalamnya. Kepadatan adalah hal yang paling penting untuk dihindari dalam pengaturan aquarium air laut. Jika tangki Anda memiliki terlalu banyak penghuni, sistem penyaringan akan kewalahan. Ikan yang hidup di ruang terbatas menjadi stres, yang dapat menyebabkan penyakit dan kematian.


Menyimpan satu inci ikan per empat galon air selama enam bulan akan memberi Anda perkiraan berapa banyak ikan yang dapat ditempatkan di aquarium air laut Anda. Setelah waktu ini, secara bertahap tingkatkan jumlah ikan menjadi satu inci setiap dua galon. Selama enam bulan pertama, aquarium 40 galon harus berisi tidak lebih dari 10 inci ikan.


Kelompok Ikan

Pilih satu Anglefish 3 inci, dua clownfish 1 inci, satu tang agung 2 inci, satu blenny bicolor 1 inci, dan dua Beau Gregory 1 inci, misalnya. Setelah enam bulan, Anda dapat meningkatkan jumlah total inci dalam pengaturan aquarium air laut Anda menjadi dua puluh.


Tentu saja, ikan Anda akan tumbuh, jadi Anda harus melakukan penyesuaian untuk mengakomodasi ukuran mereka yang berubah. Bentuk ikan Anda juga sangat penting. Jika ikan Anda akan menjadi besar, Anda akan ingin menjaga pengaturan aquarium air laut Anda di ujung bawah kapasitasnya.

Pastikan bahwa pengaturan aquarium air laut mana pun yang Anda pilih menyediakan habitat yang sehat untuk ikan Anda. Anda juga harus memastikan bahwa Anda mampu mempertahankannya dengan benar dan itu sesuai dengan gaya hidup dan waktu yang tersedia. Anda akan dapat menghargai kejenakaan warna-warni dan bentuk teman amis Anda, karang, dan invertebrata lainnya setelah Anda memiliki semuanya yang tegak. Nikmati dunia aquarium air laut Anda yang mempesona!



MEMILIH  IKAN AQUARIUM LAUT


Ikan aquarium air laut adalah beberapa hewan paling menarik di dunia. Anda dapat menempatkan berbagai ikan laut di tangki aquarium jika Anda memahami persyaratan perawatan mereka, termasuk memberi makan, lingkungan, pesaing, dan ruang untuk tumbuh.


Setiap penggemar ikan hias laut akan memberi tahu Anda bahwa memasang tangki aquarium laut dan memilih spesies aquarium air laut yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri! Ini karena mudah membuat kesalahan saat memilih ikan. Biasanya, lebih baik untuk mengisi aquarium laut Anda dengan beberapa ikan yang mudah beradaptasi dan murah. Sebagian besar ikan aquarium air laut ditangkap secara liar daripada dikembangbiakkan, jadi jangan sia-siakan mereka dengan membuat kesalahan yang membunuh ikan Anda.

damsel fish

Damsels adalah ikan starter aquarium air laut yang sangat baik. Damsel adalah organisme tangguh yang mampu bertahan hidup dalam kondisi air yang lebih keras daripada sebagian besar spesies laut. Mereka tidak pilih-pilih tentang makanan mereka dan tidak mahal. Anda dapat menyimpan satu atau dua ikan aquarium air laut yang kuat ini di dalam tangki tanpa kesulitan, tetapi jangan berlebihan.


Dianjurkan, Jika Anda ingin menampung  berbagai ikan aquarium air laut yang lebih pemalu, Anda harus mengeluarkan damsels Anda sebelum menambahkan lebih banyak spesies pemalu. Kedua damsels biru dan kuning kurang agresif daripada jenis lainnya.


Clownfish (ikan badut) atau nemo adalah ikan aquarium air laut yang relatif tangguh. Namun, mereka sulit untuk menyesuaikan diri dengan aquarium laut. Selain itu, mereka sangat teritorial. Namun, mereka tidak mungkin memusuhi spesies lain. Mereka dapat bertahan hidup tanpa memiliki anemon. Jika Anda memutuskan untuk membelinya, ingatlah bahwa mereka membutuhkan air yang sangat bersih dan pencahayaan berkualitas tinggi.

blenny fish

Blennies atau gobies agak kuat dan kecil, jadi mereka seharusnya tidak mengancam penghuni aquarium air laut lainnya. Mereka adalah ikan karakter, tetapi mereka mungkin tersesat dalam tangki aquarium air laut besar dengan ikan yang lebih besar karena ukurannya yang kecil. Mereka adalah pilihan yang bagus untuk mengendalikan ganggang, tetapi mereka mungkin sulit untuk diberi makan jika Anda memiliki aquarium khusus ikan.


Tangs adalah ikan aquarium air laut tangguh yang agak rentan terhadap ich laut (juga dikenal sebagai "White Spot"). Segera setelah Anda menanam ganggang, Anda mungkin ingin memperkenalkan tangs ke aquarium Anda.


Triggerfish atau lionfish adalah penghuni aquarium air laut terbaik untuk tangki yang pada akhirnya akan menampung ikan besar dan agresif. Namun, mereka bisa mahal jika kesalahan dibuat. Mungkin bijaksana untuk "berlatih" pada spesies yang murah dan sederhana. Untuk menjaga mereka tetap sehat, Anda perlu memberi mereka banyak kerang dan organisme laut lainnya.


Bat fish dan Anglefish sulit dirawat di tangki air asin. Mereka membutuhkan diet khusus, sehingga sulit untuk merawat mereka dalam tangki. 


Setelah Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman menjaga kondisi stabil di aquarium Anda, Anda dapat menambahkan spesies ikan lainnya. Ada hawkfishes, grammas, dottybacks, basslets, dan wrasses. Namun, Anda harus belajar bagaimana merawat mereka dengan benar karena beberapa lebih sulit daripada yang lain.


Akibatnya, ikan aquarium air laut mana yang harus dihindari pemula? Angelfish, butterflyfish, pipefish, kuda laut, filefish berhidung panjang, belut pita biru, stonefish, Moorish Idols, dan ikan mandarin tidak boleh dicoba kecuali jika perlu Anda memiliki pengalaman yang luas.


Bagaimana dengan arthropoda? Berlawanan dengan asumsi umum, invertebrata berkembang di aquarium terumbu kecil dan mikro. Banyak invertebrata berkembang dalam tangki yang bukan terumbu karang. Untuk aquarist pemula, spesies hardy adalah pilihan terbaik. Ini termasuk udang yang lebih bersih, udang darah, peppermint, dan udang karang. Seperti halnya ikan aquarium air laut, mulailah dengan udang yang lebih tangguh.


Kepiting anemon adalah tambahan lain yang mungkin untuk aquarium air laut Anda dengan ikan. Dan mengapa tidak termasuk beberapa landak laut dan bintang laut yang cukup cocok untuk pemula dengan pengalaman beberapa bulan? Mereka bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan warna, dan beberapa berbahaya, jadi berhati-hatilah! Karena bulu babi dan bintang laut mengkonsumsi detritus, ganggang, dan partikel makanan kecil lainnya, mereka akan membantu menjaga aquarium Anda tetap bersih dan ikan aquarium air laut Anda sehat.


Anemon tidak direkomendasikan untuk pemula. Mereka membutuhkan pencahayaan khusus dan kondisi air yang ideal, jadi jika Anda tidak mampu membayar lampu, Anda akan memelihara sekaligus untuk menyesalinya. Kerang Tridacna, kerang menyala, Octopi, Nudibranchs, karang keras atau lunak, dan semprotan laut adalah invertebrata yang tidak diinginkan. Mirip dengan ikan aquarium air laut yang terdaftar sebelumnya, invertebrata ini memiliki persyaratan diet dan gaya hidup tertentu.


Pertimbangkan bahwa ikan aquarium air laut lebih mahal daripada ikan air tawar. Karena itu, Anda harus menjaga mereka dan berusaha untuk menjaga mereka tetap hidup. Ketika ikan dibungkus dan diangkut dari toko ke rumah Anda, mereka rentan terhadap stres, terutama karena kebanyakan dari mereka baru saja dikeluarkan dari laut. Pastikan Anda dapat merawat teman-teman baru Anda secara memadai sebelum membawa mereka pulang.


TANAMAN AQUARIUM AIR LAUT

Tanaman aquarium air laut memberikan warna, dan daya tarik visual untuk tangki laut Anda dan merupakan komponen penting dari setiap tangki laut yang dirancang dengan baik. Namun, bukan itu saja yang mereka lakukan. Selain itu, makroalga dan tanaman laut akan memperkuat lingkungan di aquarium Anda. Makroalga sangat menguntungkan karena mereka secara alami menyaring air laut di aquarium.


Tanaman air di aquarium air laut menyerap nutrisi dari air untuk melakukan fungsi biologisnya dan berkembang. Ini menurunkan akumulasi nitrat, fosfat, dan kontaminan lainnya di dalam air. Tujuan menggunakan tanaman dalam tangki laut adalah untuk mereplikasi habitat alami ikan dan penghuni lainnya. Sebuah tangki dengan tanaman aquarium air laut kemungkinan akan berada dalam kesehatan yang baik.


Berikut adalah beberapa contoh tanaman aquarium air laut yang bisa anda pilih:

Halimeda

Halimeda atau ganggang kaktus adalah tanaman aquarium tangguh yang sebagian besar ikan laut tidak akan memakannya dengan rakus. Selain itu, non-invasif, sehingga tidak akan membahayakan karang atau invertebrata yang berdekatan. Namun, cahaya dan kalsium yang cukup diperlukan untuk perkembangannya. Halimeda sensitif terhadap nitrat dan fosfat dalam jumlah tinggi dan tidak suka dipangkas.


Penicillus, kadang-kadang dikenal sebagai "sikat cukur," adalah tanaman aquarium air laut yang unggul dalam menyerap kelebihan nutrisi seperti nitrat dan fosfat. Mereka jarang dikonsumsi oleh ikan dan invertebrata, dengan pengecualian bulu babi. Tanam pensil di substrat dan pastikan pencahayaan yang memadai. Jika Anda meningkatkan diet Anda dengan zat besi dan nutrisi, pencillus Anda  harus berkembang.  Pencillus memiliki kerangka kalsium karbonat, mirip dengan Halimeda dan ganggang coralline, dan tumbuh subur di berbagai lingkungan.


Macroalgae.  Macroalgae adalah tanaman aquarium berbentuk beragam dan berukuran yang tumbuh subur di lingkungan air asin. Mereka tersedia dalam berbagai warna, termasuk merah, hijau, coklat, dan biru. Tanaman-tanaman ini di tangki air asin mampu melakukan fotosintesis. Ini berarti bahwa mereka menggunakan pigmen klorofil untuk menghasilkan makanan mereka sendiri untuk pengembangan dan tujuan lainnya.


Secara umum, tanaman aquarium air laut ini memperoleh sebagian besar nutrisi yang mereka butuhkan dari air aquarium. Ini termasuk fosfat dan nitrat. Ini membuat mereka sekutu yang berguna untuk memelihara aquarium yang bersih. Untuk pertumbuhan makroalga, diperlukan intensitas cahaya sedang hingga kuat. Untuk mencegah makroalga tumbuh di luar kendali, perlu untuk mengatur habitatnya. Ini termasuk komposisi air dan cahaya yang dapat diakses.


Oleh karena itu, apakah ada tanaman aquarium "berbahaya"? Beberapa jenis ganggang dapat menyebabkan masalah di aquarium laut.


Ganggang gelembung adalah salah satu tanaman gangguan yang paling umum ditemukan di aquarium air laut. Pada permukaan yang keras, ganggang gelembung menghasilkan gelembung hijau, misalnya, pada batu hidup. Hal ini dapat terjadi sebagai kelompok tunggal atau kecil gelembung besar atau sebagai massa gelembung. Gelembung mungkin atau mungkin tidak halus. Ganggang gelembung tampak menarik, tetapi tidak!


Tanaman aquarium air laut ini tumbuh dengan cepat dan dapat dengan cepat mengambil alih aquarium. Setelah ditemukan, tindakan terbaik adalah memberantas dan mempertahankan kontrol. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada jenis tanaman lainnya. Biasanya, itu bisa dilepas dengan tangan. Saat melakukannya, hindari memecahkan gelembung karena ini memungkinkan infeksi menyebar.


Anda dapat mencoba memperkenalkan ikan pemakan ganggang gelembung seperti Sohal Tang atau Sailfin Tang (Acanthurus sohal) Laut Merah / Samudra Hindia. "Emerald Crab" tampaknya menjadi metode kontrol yang paling efektif. Kepiting ini akan mengkonsumsi ganggang gelembung tetapi tidak akan membahayakan karang Anda. Ini adalah ide yang baik untuk belajar tentang interaksi serupa antara tanaman dan herbivora di aquarium air laut karena mereka dapat menghemat waktu dan kerumitan di masa depan.


Kepiting hijau adalah tambahan yang sangat baik untuk aquarium terumbu karang di mana mereka tidak akan bersaing dengan penghuni lain. Bahkan produsen karang menggunakan kepiting zamrud untuk mengurangi ganggang di dekat karang keras mereka. Oleh karena itu, Anda dapat melindungi tanaman aquarium air laut Anda dengan menimbun organisme bermanfaat ini.


Apa langkah Anda selanjutnya? Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman dasar tentang jenis tanaman aquarium air laut yang sangat baik dan buruk, adalah tanggung jawab Anda untuk mempelajari lebih lanjut. Aquarist lokal Anda akan dapat memberi tahu Anda tanaman aquarium air laut mana yang terbaik untuk tangki Anda, tingkat pengalaman Anda, dan spesies lain yang ingin Anda stok.


Anda juga dapat melakukan penelitian tambahan di Internet, mengunjungi perpustakaan setempat, atau membeli literatur yang relevan. Jangan pernah membeli tanaman aquarium air laut hanya berdasarkan daya tarik estetika mereka. Selalu pastikan Anda memiliki pemahaman menyeluruh tentang kebutuhan nutrisi, lingkungan, dan pencahayaan mereka. Dengan demikian, Anda dapat menghindari membuat kesalahan yang membuang-buang waktu dan uang atau bahkan mempertaruhkan kesehatan jangka panjang aquarium Anda.


Pilih tanaman aquarium air laut yang menarik, karena ini adalah aspek integral dari memelihara tangki laut, tetapi jangan pernah membiarkan keinginan Anda mengaburkan penilaian Anda. Setelah Anda menetapkan semua tanaman Anda, Anda akan dapat menghargai interaksi hewan-tumbuhan yang merupakan elemen integral dari ekosistem laut. Aquarium apa pun harus memberi Anda dan ikan kesenangan dan kebahagiaan yang tak terhitung jumlahnya. Aquarium yang sehat adalah aquarium yang bahagia. Dengan demikian, penelitian sangat penting.


Tanaman aquarium air laut secara estetika menyenangkan dan menghibur untuk dibudidayakan, jadi pastikan Anda meluangkan waktu untuk menghargainya. Tentukan apakah salah satu dari tanaman ini dapat diperbanyak, bagaimana meningkatkan atau membatasi pertumbuhannya, dan nutrisi apa yang mereka butuhkan untuk menjadi sehat. Jangan pernah berbagi tanaman di antara aquarium kecuali Anda 100 persen yakin mereka bebas penyakit, dan selalu mengutamakan kesehatan aquarium Anda! Nikmati kehidupan tanaman aquarium air laut Anda!


CARA MERAWAT AQUARIUM ANDA


Tidak ada yang menikmati tinggal di rumah yang kotor dan basi. Untungnya, sejumlah kecil kotoran tidak berbahaya bagi kesehatan kita. Kita tidak bisa mengatakan hal yang sama untuk teman-teman akuatik kita. Mayoritas ikan dan invertebrata tidak dapat beradaptasi dengan perubahan kimia air yang disebabkan oleh peningkatan bakteri, sampah, dan polutan. Filtrasi yang tepat dapat mempertahankan kesehatan umum dan estetika aquarium.


Ada tiga jenis filtrasi yang  tersedia: biologis, mekanik, dan kimia. Otoritas yang beragam berpendapat bahwa Anda harus menggunakan ketiganya di aquarium Anda. Itu bisa menjadi saran yang bagus untuk aquarium laut dengan ekosistem terumbu karang. Tidak ada jawaban pasti untuk campuran mana yang sesuai untuk habitat akuatik Anda. Memahami peran ketiganya akan memungkinkan Anda untuk memilih filter yang akan melindungi habitat alami ikan dan invertebrata Anda.


Filtrasi Biologis

Filter biologis sangat penting untuk semua aquarium. Mereka merangsang pertumbuhan bakteri nitrifikasi, yang mengubah amonia berbahaya menjadi zat yang kurang berbahaya seperti nitrat. Namun, cara di mana ini dicapai cukup luar biasa. Menambahkan ikan ke aquarium adalah teknik umum untuk menciptakan bakteri yang membantu ini. Bakteri yang dibawa ikan terlepas, menyebar dan berkembang biak di seluruh aquarium. Hal ini juga menyebabkan kadar amonia berbahaya meningkat. Dengan demikian sangat penting untuk menambahkan ikan secara bertahap. Menetapkan proses siklus ini mungkin perlu beberapa bulan.


Aquarists percaya bahwa di bawah filter kerikil dan karang hancur memberikan solusi yang lebih sederhana dan lebih cepat. Seiring dengan air, puing-puing dan sampah ditarik melalui karang yang hancur, menghasilkan tempat tidur filter yang padat. Beberapa pecinta ikan telah mengganti filter ini dengan biofilter seperti filter tabung, filter menetes, roda bio, filter tempat tidur cair, dan filter spons. Perangkat ini berisi teknik filtrasi tambahan, meningkatkan utilitas mereka. Aquarists lain memilih pendekatan alami untuk filtrasi biologis dengan menggunakan substrat yang terdiri dari pasir hidup dan karang hancur.


Filtrasi menggunakan Filtrasi Mekanis

Filter mekanis menghilangkan partikel lebih langsung sebelum terurai dan menambah beban amonia. Filter ini adalah yang paling mudah beradaptasi, karena kompatibel dengan sebagian besar perangkat filtrasi. Pembersihan rutin sangat penting untuk efektivitasnya. Jika tidak, sampah akan menumpuk, membuat usaha Anda sia-sia. Pemilik aquarium harus selalu menyadari laju aliran perangkat mereka, secara otomatis disetel ke spesifikasi pabrikan. Berkurangnya aliran dapat mengakibatkan filter kotor (atau sebaliknya), yang merugikan kesehatan seluruh aquarium.


Ada banyak filter mekanis yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan manfaatnya. Biaya murah, kesederhanaan penggunaan, dan persyaratan pemeliharaan filter daya yang rendah menjadikannya peralatan filtrasi mekanis yang paling populer. Perangkat diam ini juga dapat digunakan untuk filtrasi biologis dan kimia.


Filter tabung sama fleksibelnya. Filter berkapasitas tinggi bertenaga sendiri ini dapat digunakan untuk filtrasi mekanis, kimia, dan biologis. Banyak aquarists menggunakan filter tabung hang-on-tank untuk meningkatkan kualitas air, meskipun ada banyak pilihan desain tabung.


Filter basah / kering, yang biasa disebut sebagai filter tetesan atau bio-menara, lebih cocok untuk aquarium khusus ikan daripada sistem terumbu karang. Ini karena biomaterial di dalam ruang basah / kering filter menjadi kotor, yang mengarah ke akumulasi nitrat berbahaya.


Filter internal adalah pilihan yang sangat baik untuk aquarium yang lebih kecil. Bentuknya yang kecil dan mudah membuatnya mudah digunakan. Seperti namanya, filter didukung oleh pompa air kecil atau pompa udara.


Protein skimming / fraksinasi busa tidak diperlukan. Namun, ini adalah teknik yang andal untuk menjaga kualitas air. Protein yang telah dilarutkan mematuhi gelembung udara dan menghasilkan busa protein. Protein skimming adalah proses mengekstraksi protein terlarut dari tangki dengan memompa udara melalui tabung kecil.


Filtrasi Anorganik

Ada lebih dari sekedar partikel mengambang di air aquarium Anda. Tembaga, amonia, dan fosfat juga merusak stabilitas lingkungan aquarium Anda. Filtrasi kimia menggunakan zat yang dimodifikasi secara kimia untuk membersihkan air. Karbon aktif adalah media yang paling umum digunakan . Juga efektif adalah kalsium hidroksida, zeolit, dan bahkan lumut gambut.


Protein skimming, daya, tabung, dan filter internal adalah beberapa peralatan filtrasi yang paling sering digunakan untuk perawatan kimia. Ini juga berfungsi sebagai perangkat filtrasi mekanis. Filter tetesan adalah pilihan umum di antara pemilik aquarium air laut. Air awalnya diekstraksi dari tangki. Air kemudian dipompa melalui filter mekanis, biologis, kimia, dan tambahan. Akhirnya, itu dikembalikan ke aquarium.


Untuk menargetkan molekul tertentu, pertimbangkan reaktor. Air ditarik melalui ruang yang menyerupai tabung, di mana ia bertemu media kimia. Untuk efisiensi filtrasi yang lebih besar, mereka dapat dioperasikan di bawah tekanan.


Ada berbagai cara untuk menjaga air aquarium Anda tetap bersih. Ada banyak cara untuk membuat lingkungan yang sehat untuk hewan peliharaan Anda menggunakan filter biologis sebagai fondasi.



ALTERNATIF PEMELIHARAAN AQUARIUM LAUT - HANYA INVERTEBRATA


Pemeliharaan yang diperlukan untuk aquarium air laut invertebrata saja sebanding dengan aquarium air laut lainnya; Namun, invertebrata jauh lebih tangguh daripada ikan. Disarankan agar Anda mendapatkan pengalaman dengan aquarium khusus ikan sebelum menangani aquarium invertebrata. Sebagian besar invertebrata membutuhkan diet khusus. Sebelum melakukan pembelian, konfirmasikan dengan pemasok bahwa Anda bersedia membuat pengaturan yang sesuai untuk pengiriman makanan. Invertebrata air tropis dan dingin adalah dua kategori yang berbeda. Pastikan bahwa jenis yang Anda beli kompatibel dengan penghuni tangki lainnya.


Cacing tabung, kepiting pertapa merah, udang yang lebih bersih, dan apel laut adalah contoh invertebrata tropis tertentu. Kehidupan laut ini semuanya kompatibel dengan kondisi air. Mereka membutuhkan suhu air antara 75 dan 79 derajat Fahrenheit, pH antara 8,2 dan 8,4, dan tingkat salinitas antara 1,020 dan 1,024. Jelas, ada sangat sedikit ruang goyangan yang terhubung dengan dimensi-dimensi ini. Sangat penting untuk memantau level setiap hari, atau konsekuensinya bisa mahal. Namun, invertebrata ini tidak sesuai dengan kebutuhan makanan mereka. Sebelum menggabungkan invertebrata tropis, periksa dengan penyedia untuk kompatibilitas.


Berbeda dengan rekan-rekan tropis mereka, invertebrata air dingin biasanya tidak tersedia untuk dibeli. Mereka harus diambil dari kolam pasang surut. Sebelum mengeluarkan spesies ini dari habitatnya, sangat penting untuk memastikan bahwa mereka tidak ada dalam daftar spesies yang terancam punah. Sama pentingnya adalah melakukan penelitian untuk memastikan bahwa Anda dapat memberi makan dan merawat kebutuhan mereka dengan benar. Sejumlah spesies, termasuk anemon, udang, udang, dan bintang laut, telah berhasil dipelihara di aquarium. Mereka membutuhkan suhu air antara 54 dan 59 derajat Fahrenheit, pH antara 8 dan 8,4, dan salinitas antara 1,024 dan 1,025. Untungnya, mereka mengkonsumsi hal yang sama. Potongan kecil ikan mentah, udang, cumi-cumi, dan kerang membentuk makanan mereka.


Saat memelihara invertebrata air dingin seperti yang tercantum di atas, disarankan untuk menyimpan tangki terpisah yang diisi dengan udang, kerang, dan kerang untuk digunakan sebagai sumber makanan jika Anda lebih suka memanfaatkan makanan segar daripada yang beku. Berhati-hatilah saat memelihara udang, karena semua invertebrata di atas, termasuk udang itu sendiri, memakan udang. Namun, tidak mungkin udang hidup sehat akan dikonsumsi secara keseluruhan oleh udang atau bintang laut lain. Invertebrata membutuhkan makanan yang lebih sering dan lebih kecil daripada ikan. Cobalah untuk membatasi pemberian makan hingga jumlah yang dapat dikonsumsi dalam waktu 30 hingga 60 detik.


Ingatlah untuk memasukkan batu hidup saat menyiapkan tangki untuk invertebrata, karena invertebrata tertentu memakan parasit yang tumbuh di batu hidup. Selain itu, substrat harus ada dalam jenis tangki ini. Ini akan menyediakan kepiting dan udang dengan tempat untuk menggali dan mengubur diri mereka sendiri. Jika Anda berencana untuk memelihara anemon, Anda juga harus menyediakan sumber cahaya.


ALTERNATIF LAIN : TANGKI TERUMBU KARANG NANO (NANO REEF)

Jika Anda tertarik dengan tangki karang dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang tangki Nano Reef, lanjutkan membaca.


Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Apa sebenarnya tangki aquarium terumbu karang nano? Terumbu nano hanyalah aquarium karang yang kurang dari 20 galon. Ini bukan aturan pakem atau hukum seperti hukum gravitasi Newton, tetapi saya sangat memakai definisi ini karena 20 galon adalah ambang batas ketika formula yang diakui secara umum untuk tangki terumbu karang atau tangki terumbu 'kecil' mulai kehilangan tanah, membutuhkan standar baru.


Nano Reef

Pertanyaan berikutnya yang cukup jelas untuk ditanyakan adalah mengapa Anda menginginkan aquarium terumbu nano. Secara umum, ini adalah usaha berbiaya rendah. Anda dapat dengan mudah memelihara aquarium mikro yang layak dengan harga kurang dari 3 juta rupiah. Selain biaya, mereka mudah dirawat, dapat ditempatkan di mana saja, dan sangat portabel (jadi jika Anda bosan menontonnya di meja rumah Anda, Anda dapat dengan mudah memindahkannya ke meja bisnis Anda!).


Dan itu bukan sesuatu yang hanya untuk pemula. Mereka dapat memberikan penjaga terumbu karang yang berpengalaman dengan tugas-tugas baru tanpa kendala biaya dan waktu. Ada sangat sedikit ruang untuk kesalahan ketika datang ke tangki nano, yang membuatnya sulit. Mempertahankan aquarium karang nana membutuhkan kehati-hatian yang luar biasa sehubungan dengan kualitas air, stabilitas suhu, dan penipisan oksigen.


Pencahayaan pada terumbu Nano adalah subjek yang agak rumit. Orang-orang telah mempertahankan terumbu Nano dengan 3 hingga 7 watt per galon cahaya. Beberapa telah menggunakan 30 watt. Sederhananya, Anda dapat memiliki tangki karang yang baik dengan mengikuti aturan praktis 3 hingga 7 watt per galon, tetapi tangki Anda akan lebih sehat jika Anda memasok lebih banyak cahaya.


Terumbu karang mikro juga akan membutuhkan pertimbangan faktor pemanasan dan pendinginan. Ini karena kontrol suhu yang stabil sangat penting dalam aquarium terumbu nano. Berbeda dengan tangki besar, fluktuasi suhu di terumbu nano bisa sangat besar dan sering terjadi. Pemanas standar akan cukup untuk kebutuhan pemanasan. Namun, pendinginan adalah tugas yang menantang. Metode yang sering dilakukan adalah menyimpan aquarium di ruangan dengan AC. Beberapa orang menggunakan pendinginan evaporatif dengan kipas angin, namun ini mungkin bukan solusi terbaik karena jumlah penguapan yang diciptakannya berpotensi menyebabkan pergeseran gravitasi spesifik yang signifikan dalam tangki nano, yang tidak akan dihargai oleh penduduk.


Tangki terumbu nano membutuhkan sirkulasi air yang sesuai lebih dari jenis tangki terumbu karang lainnya karena luas permukaannya yang terbatas. Bubbler terbuka adalah solusi langsung dan praktis. Semakin besar aquarium Anda, semakin banyak bubbler yang mungkin Anda butuhkan.


Tidak diragukan lagi, bah akan secara signifikan meningkatkan suhu dan kapasitas buffering nutrisi nano, tetapi jarang digunakan. Alasan utama untuk ini adalah bahwa menggunakan bah meningkatkan kompleksitas dan memakan ruang, yang merupakan kendala utama dalam nano.


Sekarang kita mencapai bagian paling menarik dari terumbu nano. Pemeliharaan atau modifikasi kualitas air sangat sederhana! Berukuran kecil, jumlah airnya sederhana. Oleh karena itu, mengganti air setiap dua minggu adalah operasi yang sederhana. Perubahan air secara teratur menghilangkan kebutuhan akan perangkat skimming.


Sekarang pilih jenis dan jumlah batu hidup yang akan digunakan. Sekali lagi, ini adalah keuntungan nano. Karena ukurannya yang sederhana, Anda tidak akan membutuhkan banyak batu hidup, sehingga Anda dapat membeli batu berkualitas tinggi tanpa merusak bank.


Dalam hal karang, Anda dapat memilih antara karang berbatu dan karang lunak. Hampir semua karang lunak cocok untuk aquarium terumbu nano. Namun, ketika datang ke yang berbatu, hanya beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Pilih koloni kecil karang berbatu, sebaiknya berdiameter 12 inci. Pilih antara Acropora, Bubble coral, Favites, Torch coral, dan Elegance coral.

Untuk aquarium nano 5 galon , Anda harus menambahkan tambahan 1,5 kg batu hidup dan setidaknya 1,5 kg pasir hidup.


Pencahayaan Tangki Terumbu Karang


Pencahayaan Reef Tank adalah salah satu komponen paling penting dari perawatan terumbu karang dan salah satu yang paling banyak dibicarakan, diperdebatkan, dan diperebutkan!


Karang tidak dapat melakukan fotosintesis, yang menghasilkan energi yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan, tanpa intensitas pencahayaan yang benar. Terlepas dari strategi atau peralatan yang digunakan, tujuan akhir  dari semua metode pencahayaan adalah untuk menyediakan fotoperiod, intensitas, dan spektrum yang diperlukan bagi penghuni terumbu karang untuk berkembang dan makmur.


"Watt per galon" adalah cara khas untuk mengekspresikan pencahayaan yang diperlukan untuk tangki sebagai rasio daya yang dikonsumsi untuk menerangi tangki dengan volume tangki dalam galon. Banyak penggemar mengatakan bahwa jumlah cahaya yang sesuai akan berkisar antara empat dan enam watt per galon untuk karang cahaya rendah hingga sepuluh watt per galon (atau lebih) untuk karang yang tumbuh subur dalam cahaya terang. Aturan praktis ini pada awalnya mungkin tampak sebagai konsep yang baik, tetapi hanya boleh digunakan sebagai pedoman umum dan bukan sebagai aturan yang ketat. Formula umum seperti itu menipu, dan aquarists harus mempertimbangkan lebih dari "watt per galon."  Secara khusus, mereka harus mempertimbangkan tinggi dan ukuran total tangki.


Dalam terminologi aquarist terumbu karang, pencahayaan biasanya dinyatakan dalam "Watt per galon." Menurut aturan umum praktis, cahaya harus bervariasi antara empat hingga enam watt per galon untuk karang cahaya rendah dan sekitar sepuluh watt per galon untuk karang dengan kebutuhan intensitas cahaya tinggi. Namun, ini bukan aturan yang dieksplorasi secara menyeluruh dan hanya boleh digunakan sebagai perkiraan. Sebelum membuat keputusan, ada pertimbangan lebih lanjut, seperti ketinggian dan kedalaman tangki secara keseluruhan.


Mungkin teknik yang paling sukses adalah menggunakan sistem multi-cahaya dengan timer atau pengontrol untuk mengubah jumlah lampu yang menyala pada saat tertentu. Satu bohlam sering dibiarkan menyala selama satu jam, diikuti oleh semua umbi selama 10 jam, dan kemudian satu bola lampu selama satu jam lagi. Teknik ini mereplikasi matahari yang lewat di atas kepala. Ini adalah yang paling dekat yang bisa menciptakan kembali proses pencahayaan alami matahari.


Ada sedikit keraguan bahwa perbaikan yang sedang berlangsung dalam bisnis manufaktur ringan telah membuat mesin-mesin ini lebih baik dan lebih efektif.


Harga solusi untuk tangki karang Anda mungkin berkisar dari rendah hingga selangit. Apa yang cocok untuk Anda tergantung pada jenis kehidupan yang Anda inginkan di aquarium Anda.


Fluorescent dan halida logam adalah dua jenis pencahayaan yang paling populer dan umum diakses secara komersial (MH).


Ada banyak jenis fluorescent. Ini adalah pilihan yang paling murah atau paling hemat biaya dan cocok untuk hampir semua opsi pencahayaan. Ini relatif keren (dalam arti harfiah, tidak kiasan!). Dan mereka biasanya bertahan selama beberapa bulan sebelum diganti. Output Normal (NO), Output Tinggi (HO), Output Sangat Tinggi (VHO), Power Compacts (PC), dan T5 adalah contoh dari berbagai fluorescent.


Power Compacts adalah lampu neon generasi berikutnya di antara semua variasi fluorescent. Mereka memiliki desain tabung kembar modern, yang pada dasarnya adalah tabung fluorescent bengkok. Akibatnya, intensitas cahaya yang jauh lebih besar dihasilkan daripada dengan variasi fluorescent khas lainnya. Tabung fluorescent berkisar dari 10 hingga 130 watt dan memiliki satu hingga dua tahun.


Jika tangki karang Anda dangkal, Anda harus memilih pencahayaan fluorescent. Ada karang tertentu, seperti karang SPS, yang pencahayaan fluorescentnya tidak mencukupi. Oleh karena itu, ingatlah aspek-aspek ini ketika mempertimbangkan fluorescent.


Metal Halides adalah alternatif lain yang populer. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan di sini juga. Mereka adalah sistem pencahayaan paling kuat yang tersedia. Ini adalah pilihan jika Anda memiliki tangki yang lebih dalam dari 20 inci, karena halida memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menembus kedalaman di luar 20 inci. Selain kegunaannya, mereka meningkatkan penampilan aquarium Anda dengan membentuk garis berkilauan.


Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki terumbu karang yang berkembang, Anda harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang aquarium dan karang Anda sebelum membuat keputusan apa pun. Kemudian hanya "Biarkan ada Cahaya"!


JADI APAKAH KEPUTUSAN ANDA :  MEMBELI ATAU MEMBUAT SENDIRI AQUARIUM LAUT ?




Post a Comment

0 Comments