CARA MUDAH MENANAM TANAMAN HIAS MELATI AIR (Echinodorus palaefolius)

Melati air (Echinodorus palaefolius var. latifolius) adalah tanaman berbunga yang indah dan menyegarkan udara yang masuk dalam suku Alismataceae dan berasal dari Brazil, Peru, Meksiko dan Uruguay. Bunga melati air ini unik karena hidup di genangan air yang banyak. Bunga melati air sangat cantik dan menarik. Ciri-ciri bunga melati air yaitu memiliki bunga berwarna putih dengan jumlah kelopak bunga 3, kepala sari berwarna kuning ditengah membentuk lingkaran.

Tanaman ini punya banyak kelebihan. Selain ­rajin berbunga tak kenal musim, melati air (Echinodorus palaefolius) juga punya bentuk daun yang eksotis, makin ke atas makin melebar. Tanaman bunga melati air berbunga tidak kenal musim. Daun tanaman bunga melati air memiliki bentuk yang eksotis, semakin ke atas makin melebar. Daun melati air agak kaku, permukaan dan bagian bawah daun ditumbuhi bulu-bulu yang kasar dengan bentuk daun bervariasi mulai dari bulat besar, lonjong besar dan lonjong kecil . Bunga melati air akan mekar pada saat pagi hari dan akan kembali menguncup pada sore hari.

Tanaman Hias Melati Air - Gambar: Google

Melati air pada dasarnya merupakan tanaman yang sangat mudah ditanam. Bahkan Anda yg nir pernah memiliki pengalaman bercocok tanam pun bisa memeliharanya. Tanaman ini membutuhkan tanah yang mengandung banyak air. Selanjutnya Anda wajib mengondisikan supaya tanah tadi selalu dalam keadaan lembab. Alangkah baik jika tanaman pada tanam di loka yg teduh, tidak terkena terik matahari pribadi. Melati air jua nir membutuhkan perawatan yg rumit lho karena memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang baik.

Apabila ingin menanam melati air bak pada dalam pot ataupun dalam kolam khusus, bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Persiapan Pot Tanaman Hias Melati Air

Tidak terdapat spesifikasi tentang jenis pot atau kolam yang bisa digunakan untuk menanam melati air. Anda sanggup menggunakan kolam tanah, kolam beton, kolam fiberglass, hingga pot berukuran besar yg diisi air. Selanjutnya kolam tersebut dikeringkan & dijemur selama dua-tiga hari buat mematikan kuman & bakteri berbahaya bagi flora yang ada di dalamnya.

Penambahan Media Tanam dalam Tanaman Hias Melati Air

Perlu diperhatikan, tanaman hias melati air membutuhkan media tanam menjadi loka pertumbuhan akarnya. Tanaman ini sangat menyukai media tanam yang mengandung jumlah air yg tinggi. Anda sanggup menggunakan tanah liat yang mengandung lumpur dan dicampurkan dengan pupuk sangkar secukupnya. Jika tidak mau repot, ambil saja tanah di sawah lalu tambahkan ke dalam kolam. Isilah kolam menggunakan media tanam sampai memenuhi 1/3 dari total volumenya.

Penanaman Bibit Tanaman Hias Melati Air

Bibit melati air yg telah Anda beli di Toko Tanaman hias yg menjual melati air sanggup langsung ditanamkan ke pada pot atau kolam. Caranya, buatlah lubang tanam lalu masukkan seluruh bagian akar melati air. Usahakan posisi akar tersebut menyebar ke seluruh area pot dan kolam. Lanjutkan proses penanaman ini sampai seluruh bibit yg Anda miliki berhasil ditanamkan.

Bibit Melati Air - Gambar: Google

Pengisian Air dalam Tanaman Hias Melati Air

Setelah semua bibit melati air telah ditanam dengan baik, sekarang saatnya mengisi air ke pada kolam tadi. Gunakan air yg bersih buat mengisi kolam bisa berupa air sumur atau air ledeng PDAM yang telah diendapkan selama satu malam. Isilah kolam dengan air sampai ketinggian muka air berada di posisi 1/2 ketinggian batang flora. Pastikan nir ada tanaman yg tenggelam karena pasti akan membusuk.

Cara Perawatan Tanaman Hias Melati Air

Tanaman Hias Melati air nir memerlukan penyiraman lantaran semua kebutuhan airnya sudah tercukupi dengan baik pada genangan air yang tersedia. Faktor yg perlu diperhatikan merupakan pemupukan. Berikan pupuk NPK pada tumbuhan ini setiap sebulan sekali buat mendukung pertumbuhannya. Pupuk NPK yang akan diberikan ke tanaman jangan eksklusif disebar begitu saja ke pada kolam. Pemberian pupuk ini wajib dikerjakan dengan metode penyuntikan menggunakan selang. Selang dimasukkan ke pada media tanam, lalu pupuk NPK dialirkan lewat selang ini.

Setelah tanaman relatif besar , usahakan dipindah ke wadah yang lebih besar . Bisa ke bak atau pot. Tanaman Hias Melati air sangat rupawan tumbuh di media yg lebar. Makin lebar & akbar wadah, makin bagus tampilannya. Bisa menggunakan pot tanah, ad interim media tanamnya lumpur, pupuk kandang, ditambah pupuk NPK. Yang wajib diperhatikan, sebaiknya berhati-hati waktu memindahkan melati air dari ember ke wadah yg lebih besar , pot misalnya. Tak boleh sembarang bongkar supaya akar tumbuhan tidak putus.

Demikianlah tentang flora hias melati air, baik pengertian maupun cara perawatannya. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung pada blog ini.


Potensi Ekonomi

Bunga melati air yang tumbuh di perairan ini ternyata memiliki potensi ekonomi yang cukup besar bagi para petani. Berikut ini adalah beberapa potensi ekonomi dari budidaya melati air yang dapat dijadikan pertimbangan:


1. Penghasil pendapatan

Budidaya melati air dapat memberikan penghasilan yang cukup besar bagi para petani, terutama untuk mereka yang memiliki lahan yang bisa dimanfaatkan untuk menanam bunga. Harga jual bunga melati sendiri juga cukup tinggi, sehingga hasil penjualan yang didapat petani dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.


2. Potensi sebagai bahan ekspor

Indonesia sendiri memiliki beragam jenis tanaman hias yang bisa menjadi bahan ekspor. Tak terkecuali, bunga melati air yang sangat cantik dan mempesona ini memiliki potensi yang besar sebagai bahan ekspor. Sehingga, jika dikembangkan dengan baik, budidaya melati air dapat membuka berbagai peluang bagi petani.


3. Pengembangan pariwisata

Melati air juga dapat berperan dalam pengembangan industri pariwisata. Pasalnya, bunga melati air yang sangat cantik dan wangi ini bisa menjadi daya tarik wisatawan. Bahkan, dapat dikelola sebagai obyek wisata bagi pengunjung yang ingin melihat langsung proses budidaya dan panen bunga melati.


4. Pemanfaatan untuk industri wewangian dan kosmetik

Bunga melati air juga dimanfaatkan sebagai bahan baku di industri wewangian dan kosmetik. Hal ini membuka peluang bagi petani untuk menjual bunga melati air yang diambil minyaknya untuk keperluan industri kosmetik dan wewangian.


5. Penunjang pertanian lain

Selain memberikan dampak ekonomi, budidaya melati air juga dapat menjadi penunjang pertanian lain seperti budidaya ikan. Melati air sangat cocok dijadikan tempat budidaya ikan, terutama ikan lele yang sangat produktif di air yang tenang. Sehingga, petani yang memiliki lahan melati air dapat membudidayakan ikan di antara bunga melati air dan menjadikan kegiatan budidaya menjadi lebih efektif dan bermanfaat.


Itulah beberapa potensi ekonomi dari budidaya melati air yang bisa dijadikan pertimbangan bagi petani maupun calon petani. Dalam pengembangannya, budidaya melati air membutuhkan perawatan yang baik dan benar. Sehingga, diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam budidaya bunga melati air agar dapat menghasilkan manfaat dan keuntungan yang maksimal.

Sumber :

https://belajartani.Com/5-cara-pemupukan-yang-biasa-dilakukan-petani/.

Https://travel.Kompas.Com/read/2009/09/30/15402440/melati.Air.Si.Eksotis.Yang.Rajin.Berbunga /.

Https://www.Uvplastik99.Com/2019/09/tips-dan-trick-jitu-melakukan-budidaya.Html

Post a Comment

0 Comments